Kami baru saja bikin ebook tentang VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT dan VCC. Ebooknya bisa didownload disini. Gratis!

Kesuksesan Hanya Bisa Diraih Jika Kita Bertindak

IsepBola, Berita Bola Terkini

Jika kita renungkan lebih mendalam, hanya kita pribadi yang peduli dengan kesuksesan kita. Tidak ada orang yang seratus persen tahu dan peduli apa yang kita lakukan, sekalipun itu orang terdekat kita. Itulah kenapa jika kita ingin sukses, maka kita harus bertanggungjawab terhadap diri sendiri.

Meraih sukses itu ibarat melompati tebing, kita harus melakukannya sendiri.

Meraih sukses itu ibarat melompati tebing, kita harus melakukannya sendiri.

Sebenarnya, tidak ada orang lain yang memberikan kesuksesan dalam hidup kita. Bahkan sebagian orang di sekitar kita lebih suka jika melihat kita gagal. Kita sadari atau tidak, itulah yang terjadi. Kita mungkin beruntung memiliki keluarga dan teman sejati. Tetapi sebaiknya kita adalah orang yang harus paling peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup kita sendiri, bukan orang lain.

Mari mengambil tanggung jawab pribadi

Mari kita menerima bahwa kita adalah yang membuat keberhasilan diri. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang mengubahnya. Meskipun Tuhan menentukan hasil dari sebuah rencana, namun rencana akan hanya menjadi rencana jika kita tidak melakukan apapun. Saya yakin bahwa Tuhan membenci orang yang tidak banyak berbuat untuk dirinya sendiri. Jika kita tidak dapat menolong diri kita sendiri, bagaimana kita menolong orang lain? Kita harus memaksimalkan daya dan upaya dengan cara yang bermartabat sesuai dengan bimbingan Tuhan untuk meraih kesuksesan.

Perubahan menyesuaikan diri dengan realitas

Ada sebuah bagian menarik dari buku “Marketing Wizards” karangan Vic Sperandeo. Diceritakan disana ada sebuah kisah tentang pasar saham yang memiliki hasil tak terduga. Justru yang paling cerdas diantara mereka kehilangan uang paling banyak. Mengejutkan? Tentu saja. Ternyata akar masalahnya adalah orang-orang yang cerdas itu tidak mau menyesuaikan dengan realitas. Mereka berkutat dengan pemikirannya sendiri bahwa saham yang dipegangnya akan membaik nilainya. Padahal faktanya tidak demikian.

Oleh karena itu jika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, tidak perlu terlalu sombong untuk meyakini bahwa metode yang kita gunakan adalah benar. Apalagi jika kita menganggap bahwa metode orang lain itu salah. Lebih baik kita membuka pikiran dan menerima kenyataan daripada bersikeras dan berpegang teguh pada pemikiran yang salah. Istilah gaulnya ya move on dengan terlebih dahulu mengakui kesalahan, minimal pada diri sendiri.

Dalam ilmu Tai Chi, ada ungkapan “jadilah air, bukan batu”. Ini berarti kita harus fleksibel seperti air. Saat air membentur rintangan, mereka mengalir di sekelilingnya. Air tidak susah payah mengubah rintangan menjadi seperti yang ia inginkan. Air melewati rintangan dengan mulus. Beda dengan batu yang ketika membentur penghalang, mereka melambat atau bahkan berhenti.

Adaptasi, itulah kuncinya. Terkadang kita perlu mengubah suatu cara untuk mencapai sesuatu, perlu berubah juga dalam rangka mencapai tujuan. Gengsi dicap plin-plan? Helooo! Sudah milenium ketiga kok masih gengsi, bro? Udah ga jaman kali. Selama kita melakukannya dengan jalan yang benar dan bermartabat, tidak ada salahnya berubah. :)

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui email iwan[at]hanyalewat.com. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.

CommentLuv badge