Cara Clear Cache DNS di Windows 7, 8, 10 & Chrome

Sudah update nameserver domain, atau mengganti A record, tapi kok waktu diakses di browser, domain kok belum bisa ya? Itu pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa pemilik domain yang terdapat di kantor Web Developer Jogja.

Kasus diatas sering terjadi. Ada baiknya saat mengganti record DNS di sebuah domain, kita tunggu hingga beberapa saat sampai kita mencoba mengaksesnya kembali. Kalau saya merekomendasikan minimum 30 menit. Jika memang belum bisa, bisa dicoba menggunakan komputer/device lain yang belum pernah mengakses domain tersebut.

Clear cache DNS, sebuah tambahan solusi

Jika di device lain sudah bisa diakses, namun di komputer/device yang dipakai sekarang belum bisa, maka solusinya adalah clear cache DNS. Ada beberapa lapis cache DNS, yakni di komputer dan di browser. Ada baiknya kita melakukan clear cache pada keduanya supaya semuanya benar-benar bersih. Lagipula DNS record hanya beberapa bytes, jadi tidak akan masalah jika harus melakukan request ulang.

Cara clear cache dns pada Windows

Untuk melakukan clear cache DNS pada Windows, caranya sangat mudah. Pertama-tama, kalian harus tahu apa itu Command Prompt. Tak tahu? Oke, googling dulu. Selanjutnya buka Command Prompt. Setelah jendela command prompt terbuka, ketik saja ipconfig /flushdns lalu tekan enter.
Cara clear cache DNS Windows
Sudah, selesai. Cache DNS di komputer kalian sudah kosong.

Cara clear cache DNS pada browser Chrome

Berhubung aku lebih banyak menggunakan Chrome daripada Firefox, maka kali ini yang akan aku bahas adalah Chrome. Cara clear DNS di Chrome juga cukup mudah. Buka Chrome, jika sudah terbuka sebelumnya, buka tab baru. Ketik saja chrome://net-internals#dns di address bar. Setelah itu tekan tombol Clear host cache.
Cara clear cache DNS Chrome
Voila! Cache DNS browser Chrome kalian sudah hilang.

Nah, demikian cara clear cache DNS di Windows dan Chrome. Semoga berguna buat anda yang kadang mengalami DNS error atau ingin mempercepat propagasi DNS. Selamat mencoba!

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. rosemaryblackall:

    Wonderful Cowl Letter Creator is a easy and complete software program package deal that may help you write professional-looking out resume resume cowl letters. The next time you’ve the wonderful likelihood to fly first class, why not maximize your experience and take advantage of out of it? Group sizes are capped at 12, maintaining this an experience that’s exclusive and intimate. Walk up and ask them properly which group they belong to. Cheetahs have sharp black lines operating from the corners of the eyes down the nostril — you won’t discover these on leopards. While cheetahs have spherical, strong black spots, leopards have rose-formed clusters of spots that range from brown to black. Lizards are reptiles, and want dry land while salamanders are amphibians and thrive in moist places. Sea lions have floppy little ears that stick out, whereas seal ears aren’t a lot greater than tiny openings in the sides of their heads. Llamas are twice the scale of alpacas, and have distinctive banana-formed ears that helps to tell apart them from the straighter ears of the alpaca. Phuket is roughly the identical size as Singapore and isn’t only Thailand’s largest island it is usually the richest as a result of tourism it generates on account of its location within the Andaman Sea.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.