Cara Mengidentifikasi Profil Facebook Palsu

Dengan meningkatnya popularitas facebook beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang membuat profil facebook palsu pun meningkat. Dalam kasus ini, mayoritas tujuannya adalah penipuan pengguna facebook.

Kalo cewek facebook seperti ini, mau ketemuan, gak?

Mayoritas profil facebook palsu adalah akun cewek.

Mayoritas profil facebook palsu adalah predator seksual, internet marketer yang menyasar orang yang lengah dan mencari keuntungan dari mereka secara finansial atau emosional. Ada juga beberapa orang yang membuat profil facebook palsu untuk mengirimkan tautan yang berisi virus atau website yang berpotensi merugikan keamanan komputer kita.

Jadi, bagaimana mengenali profil facebook palsu?

Kita harus berhati-hati dan teliti terhadap orang-orang yang tak kita kenal namun mengirimkan permintaan pertemanan. Anggap saja, semua orang tersebut adalah potensi bahaya sebelum terbukti sebaliknya. Coba lihat ini dulu:

  1. Detail yang tidak konsisten. Jika kita memiliki “teman yang sama”, cobalah tanya apakah mereka benar-benar mengenal orang tersebut. Kita juga bisa menggunakan Google search untuk mencari profil-profil dan informasi lain mengenai yang bersangkutan. Jika terdapat perbedaan, misal tahun lahir, bisa jadi itu profil facebook palsu.
  2. Setelan privasi mayoritas publik. Pada umumnya, pengguna asli akan mengubah setelan privasi sehingga hanya teman-teman mereka yang dapat melihat foto atau update mereka. Jika kita menerima permintaan pertemanan dari seseorang yang terlalu terbuka, bisa jadi itu adalah profil facebook palsu.
  3. Foto profil facebook palsu dan seringkali cewek cantik. Pemilik profil facebook palsu seringnya menggunakan foto yang menarik atau selebritis. Niatnya tentu saja untuk menarik orang yang tidak tahu -terutama cowok- untuk menerima permintaan pertemanan mereka. Kamu bisa mengidentifikasi foto menggunakan Google untuk memeriksa kebenarannya.
  4. Jumlah teman terlalu banyak. Pemilik profil facebook palsu akan memperbanyak teman dengan sangat cepat dan tidak natural, asal menambahkan teman saja. Mayoritas diantaranya adalah tidak memiliki keterkaitan, tentu saja karena orang di profil tersebut tidak eksis di dunia nyata.
  5. Profil facebook palsu facebook jarang memiliki foto sebenarnya. Mayoritas dari profil facebook palsu di facebook ini mengupload foto-foto artis, tokoh kartun atau foto yang dihasilkan dari aplikasi di facebook. Foto mereka pun pada umumnya sangat sedikit dan diupload pada tanggal yang sama.
  6. Informasi personalnya sangat terbatas. Pada umumnya tidak menunjukkan atau memberikan informasi apapun tentang siapa pemilik profil tersebut. Sebagai contoh, mereka menampilkan status “berhubungan”, namun tidak ada dengan siapa. Tidak ada juga dimana mereka bersekolah, kerja atau hubungan keluarga. Mayoritas pembuat profil facebook palsu terlalu malas untuk melengkapi profilnya.
  7. Profil facebook palsu menggunakan nama selebritas. Jika anda mendapatkan permintaan pertemanan dari seorang selebriti, politisi atau orang terkenal lainnya, jangan terlalu senang dulu. Periksalah dengan seksama dalam tempo yang secepatnya. Selama anda bukan selebriti, politisi atau orang terkenal, kenapa mereka meminta pertemanan dengan anda?
  8. Profil facebook palsu memiliki sedikit interaksi di dinding atau akun mereka. Mereka sangat jarang mendapatkan komentar atau mengupdate status. Yang paling sering ada dalam wall mereka adalah “thanks for add” atau “thanks for confirm” dan/atau kombinasi dari keduanya.
  9. Profil facebook palsu memiliki kebiasaan berpromosi. Bagian yang ini paling gampang terlihat. Jika anda menemui profil facebook yang selalu saja mengiklankan sebuah produk, seringnya jualan BB atau ponsel lainnya dengan harga miring, sudah pasti itu profil facebook palsu.
  10. Bekerjasama dengan profil facebook palsu lainnya. Jangan mudah tertipu dengan profil facebook palsu yang seolah punya beberapa teman yang memenuhi berandanya. Profil facebook palsu menggunakan profil facebook palsu lain untuk saling mengkaitkan diri supaya keduanya tampak nyata. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sebagai saudara.

Dan masih banyak lagi yang lainnya…

Diatas hanya beberapa diantara banyaknya ciri yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi profil facebook palsu. Terkadang profil facebook palsu pun dibuat dengan sangat profesional sehingga sulit dibuktikan kecuali si profil melakukan kejahatan atau sesuatu yang salah. Pada akhirnya, jika anda merasa sebuah profil facebook adalah profil facebook palsu, anda bisa melakukan pelaporan kepada facebook yang akan saya bahas dalam artikel berikutnya.

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 17 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. marianta:

    Tolong buka kembali akun saya
    Saya tidak melanggar ketentuan fb

  2. LetDa:

    Akun fecebook saya dinonaktifkan
    Tolong di aktifkan kembali akun saya
    saya mohon kepada pihak fecebook
    Saya janji bakal ubah nama fecebook saya

  3. Ahmad Romli:

    Akun saya terkena sesi Permanen

  4. satrizal nak rank tanjoeang:

    saya mohon kepada pihak facebook untuk membuka kembali kunci akun facebook saya,,,dan saya berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang pernah sya perbuat di facebook

  5. zoritoler imol:

    Greetings! Very helpful advice on this article! It is the little changes that make the biggest changes. Thanks a lot for sharing!

  6. Elizabeth Champeau:

    I truly enjoy reading on this web site, it contains good posts. “The living is a species of the dead and not a very attractive one.” by Friedrich Wilhelm Nietzsche.

  7. zoritoler imol:

    I have been browsing online more than three hours these days, but I never discovered any fascinating article like yours. It?¦s beautiful worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made excellent content material as you did, the net will be a lot more helpful than ever before.

  8. tlovertonet:

    I like this blog so much, saved to favorites.

  9. kkslot777:

    I think this website holds some really fantastic info for everyone : D.

  10. Slotbom88:

    After I initially commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a comment is added I get four emails with the identical comment. Is there any method you may take away me from that service? Thanks!

  11. Warung138:

    I believe you have mentioned some very interesting points, thankyou for the post.

  12. Fungame777:

    Good day very cool site!! Man .. Excellent .. Superb .. I will bookmark your site and take the feeds additionallyKI am happy to find numerous useful information here in the publish, we want work out more techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .

  13. Slotbom77:

    Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

  14. KKSLOT777:

    I really like your writing style, good info, appreciate it for posting :D. “He wrapped himself in quotations- as a beggar would enfold himself in the purple of Emperors.” by Rudyard Kipling.

  15. Kedai138:

    Thank you for sharing superb informations. Your web site is very cool. I’m impressed by the details that you’ve on this website. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found just the info I already searched all over the place and simply couldn’t come across. What a perfect website.

  16. รับจำนำรถยนต์:

    Wow! Thank you! I permanently needed to write on my blog something like that. Can I implement a portion of your post to my website?

  17. hire a hacker for cell phone:

    I was curious if you ever thought of changing the layout of your website? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two pictures. Maybe you could space it out better?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.