Hore! Usia Server HanyaLewat.Com 188 Hari

Hari ini tepat 188 hari server Hanya Lewat hidup di dunia. Dedicated server yang saat ini berada di Online SAS Data Center, Paris, Perancis, belum pernah down sekalipun sejak Desember 2014.

Ini nih buktinya kalo server Hanya Lewat sudah 188 hari.

Ini nih buktinya kalo server Hanya Lewat sudah 188 hari.

Ini adalah sebuah rekor, untuk pertama kalinya saya memiliki server sendiri dengan uptime sampai 6 bulan lebih beberapa hari. Meskipun servernya tidak memiliki spesifikasi yang besar, namun sudah cukup mengakomodir beberapa blog yang ada dalam server ini, dimana blog ini adalah yang utama.

Penyebab server harus direstart

Sebenarnya tidak ada masalah dengan server ini, baik hardware maupun software. Hanya saja rasanya sedikit aneh jika tidak direstart. Setidaknya dengan restart saya jadi tahu apakah update kernel yang dilakukan berhasil atau tidak. Tercatat sudah dua kali update kernel package via apt-get dist-upgrade saya lakukan, namun belum sekalipun saya restart.

Selain itu ada tanda pentung atau exclamation pada bagian uptime monitor ketika saya membuka aplikasi htop di terminal server saya. Tadinya saya berpikir ini semacam petunjuk bahwa ada masalah dengan sistem saya. Namun ternyata memang tanda pentung ini selalu keluar tanpa ada alasan yang penting setelah uptime melebihi 100 hari. Hal ini terlihat di source code dari htop itu sendiri.

Bagaimana dengan emisi karbon-nya ?

Total pemakaian listrik untuk server ini adalah sekitar 15-20 kWh per bulan. Anggap saja paling tinggi 20 kWh, dikali 6 bulan, maka totalnya sejauh ini sekitar 120 kWh. Pemakaian ini bahkan lebih kecil daripada kamar saya sendiri, terlebih lagi jika dibandingkan dengan kantor saya dalam sebulan atau dua bulan.

Di Perancis, listrik dihasilkan mayoritas dengan nuklir, menempati sekitar 75 persen. Sedangkan sisanya adalah bahan bakar terbarukan dan bahan bakar fosil. Jadi secara logis dapat kita perkirakan bahwa emisi karbon yang dihasilkan oleh server saya ini sangat sedikit. Bahkan ketika saya menggunakan carbon footprint calculator, angkanya tidak bergerak dari nol. 🙂

Peningkatan hasil SSL Server Test

Pada saat pertama menggunakan SSL 6 bulan yang lalu, SSL di HanyaLewat hanya mendapatkan nilai A. Sudah cukup baik dan cukup aman dari semua bug atau celah keamanan. Saya yang waktu itu baru saja belajar tentang SSL, tentu tidak berpuas diri sampai disitu. Saya terus belajar dan belajar, terutama untuk setting SSL di Nginx. Hasil belajar itu mulai terlihat hari ini.

Ketika saya melakukan tes di SSLLabs, terlihat saat ini grade/nilai dari HanyaLewat sudah A+ meskipun secara penilaian hanya naik 5 point untuk bagian Key Exchange. Bagian inilah yang paling susah saya pahami karena saya tidak memiliki dasar yang bagus tentang enkripsi dan sistem keamanan apapun. Semoga saja setting saya sudah benar dan tidak menimbulkan masalah.

Demikian adalah ocehan saya tentang blog saya HanyaLewat ini. Sebenarnya ini hanya untuk catatan saja, anda boleh mempedulikannya, boleh tidak. Jujur, tulisan ini tidak bermanfaat kecuali bagi saya. Hehehe. Salam Gigit Jari!

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Opik:

    Selamat gan 🙂 masih jauh kalau umur blog saya yg seumur jagung 🙂
    keren pake https pula

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.