Pindah ke Paris & Protokol HTTPS

Tepat pada tanggal 4 Desember 2014, Hanya Lewat telah resmi memindahkan servernya ke Paris, Perancis dengan dedicated server dari Online SAS, Perancis.

SSL Test

Masih belum bisa mendapat A+, permasalahan pada SSL Chipers.

Beberapa waktu sebelumnya memang ada rencana untuk memindahkan Hanya Lewat ke Paris dari sebelumnya di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Sebenarnya tidak ada masalah dengan Crissic (VPS yang di Florida), hanya saja kami tertarik untuk menggunakan jasa dedicated server dari Kimsufi, divisi low end server dari One Vision Housing Limited.

Dedicated Server murah

Ternyata keberuntungan sedang berpihak kepada kami. Tanggal 28 November lalu, ada event penjualan yang paling terkenal yakni BLACK FRIDAY. Pada hari itu para penjual melakukan diskon besar-besaran atau menyediakan versi murah dari layanannya. Termasuk salah satunya adalah kejutan dari Online SAS.

Mereka memberikan penawaran dedicated server seharga € 1,99 atau US$ 2,5. Kalau dalam rupiah hanya Rp. 31.250,- saja. Biaya tersebut adalah biaya bulanan. Jadi satu tahun hanya membutuhkan dana sebesar Rp. 375.000,- saja. Luar biasa murah, bukan? Kami cukup beruntung karena saat itu stok tinggal 40 item dan 15 menit setelah kami menyelesaikan prosedur pendaftaran penyewa, stok server sudah habis.

Memang spesifikasi server yang ditawarkan bukanlah server yang besar. Yang digunakan oleh Hanya Lewat saat ini adalah server dengan ID Dedibox kid├ęchire, dengan spesifikasi prosesor Via Nano U2250. Prosesor ini hanya memiliki kecepatan 1.3 Ghz single core dengan konsumsi daya saat idle 200mAh. Total penggunaan listrik per bulan untuk server ini adalah antara 10-20 kWh, tergantung kesibukannya.

Meskipun termasuk dalam mini server, namun performanya sudah cukup untuk menjadi rumah bagi seluruh blog grup kami dengan total visitor lebih dari 10 ribu per hari. Dengan setting yang benar, utilitas server ini tidak lebih dari 10% setiap kali ada proses yang berjalan. Semua berkat OPCache dari PHP 5.5 yang dapat membantu caching script sehingga mengurangi disk I/O yang memakan sumber daya prosesor.

Kenapa tidak di Indonesia?

Bukannya kami tidak nasionalis, namun harga infrastruktur di Indonesia masih diluar jangkauan kami. Jangankan untuk menyewa dedicated server, menyewa VPS di Indonesia saja sudah diluar jangkauan kami. Harga VPS per bulan bisa di angka 200 ribu rupiah. Harga dua bulan saja sudah dapat membayar biaya sewa kami di Online SAS selama 1 tahun.

Lagipula data yang kami miliki tidaklah sensitif seperti data E-KTP sehingga tidak perlu harus dilindungi di dalam negeri. Saya rasa menghindari Amerika Serikat dan menuju Perancis sudah lebih dari cukup. Kami sebenarnya ingin hosting di Jerman, namun tidak ada yang menjual dengan harga murah. Jadi ya, di Perancis saja kami sudah sangat senang.

Penggunaan Protokol HTTP Secure

Jika anda cermati URL blog Hanya Lewat ini, yang tertulis bukanlah http:// lagi, melainkan https:// atau menggunakan SSL sebagai pengaman transfer data. Memang tidak ada kewajiban blog ini menggunakan SSL karena tidak digunakan sebagai tempat transaksi data yang sensitif.

Kami menggunakan HTTPS karena ada kabar langsung bahwa Google mempertimbangkan untuk menambah rating SERP situs/blog yang menggunakan HTTPS. Meskipun tidak terlalu signifikan, tidak ada salahnya untuk dicoba. Kami yakin HTTPS ada manfaatnya setelah Cloudflare pun menyediakan HTTPS untuk situs/blog yang menggunakan layanan mereka. Bahkan beberapa blog besar seperti

Demikian adalah update terbaru tentang blog Hanya Lewat ini. Beberapa waktu ini kami memang tidak banyak update, namun sepindahnya ke Paris, kami bertekad untuk setidaknya update isi blog ini seminggu tiga kali. Semua dengan informasi yang berguna ataupun ilmu pengetahuan referensi. Salam lewat!

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.