Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

Memiliki mobil balap, belum bisa dikatakan sebagai pembalap. Memiliki kamera belum bisa disebut sebagai fotografer. Demikian juga memiliki blog, belum bisa dianggap sebagai blogger. Paling tidak kita harus tahu bagaimana seharusnya seorang blogger.

Panitia Blogger Nusantara 2013

Panitia Blogger Nusantara 2013 (tak lengkap). Courtesy: tomipurba.com

Narablog, sebutan lain blogger, memang sebuah pilihan. Bagi orang yang suka menulis serta ingin membagi tulisan kepada orang lain, maka keputusan untuk menjadi blogger adalah hal yang tepat. Seperti di dunia nyata, di dunia blog pun ada hal yang harus diperhatikan supaya kita bisa nyaman menjadi blogger.

Tulisan yang asli, bukan copy paste

Dari jaman saya SD, sudah ditanamkan oleh bapak ibu guru saya bahwa menjiplak itu tidak benar. Bagaimana perasaan anda jika membuat sebuah tulisan dengan susah payah lalu orang lain dengan mudahnya menjiplak dan mendapatkan penghargaan dari tulisan anda? Pasti sakit rasanya. Untuk itulah mari kita buat tulisan yang asli dari diri kita sendiri. Sebagai awalnya, kita bisa menceritakan pengalaman. Jangan menganggap remeh, sekecil apapun pengalaman kita, bisa saja berguna bagi orang lain. Blog milik Aulia dan Nugroho ini bisa dicontoh.

Lalu jika kita tertarik dengan suatu artikel, janganlah menjiplak 100%. Tulis dengan gaya kita sendiri, lalu berikan link kepada artikel yang kita sadur tersebut. Istilahnya adalah rewrite atau menulis ulang. Saya sendiri sering melakukan rewrite, bukan dari artikel lokal tapi dari artikel berbahasa inggris. Saya tetap mencantumkan sumber darimana saya menyadur tulisan tersebut. Seperti artikel saya tentang payudara wanita ini. Tambahkan sedikit sentuhan personal, maka artikel kita sudah jadi. Artikel seperti ini lebih dihargai daripada artikel yang menjiplak 100% dari milik orang lain.

Blogwalking atau jalan-jalan blog

BlogwalkingBlogwalking berasal dari kata blog dan walking. Tentu saja tidak perlu saya artikan apa itu kan? Semua sudah tahu bahwa itu artinya jalan-jalan blog, tapi ke blog punya orang lain. Tujuan dari blog itu selain berbagi juga menjalin silaturrahim. Tentu saja silaturrahim tidak akan terjalin tanpa kita saling mengunjungi, bukan? Dari saling mengunjungi inilah keakraban terjalin, sehingga anda akan semakin semangat dalam ngeblog. Memiliki teman yang sehobi tentunya adalah hal yang menyenangkan.

Selain itu selalu tinggalkan komentar di setiap posting blog orang lain. Salah satu cara yang paling baik untuk membuat orang mengunjungi blog kita adalah komentar di blog orang lain. Jika kita mendukung, kita puji orang tersebut, jika kita tidak setuju dengan isi artikelnya, mari kita ungkapkan dengan kritis namun tidak merendahkan. Kadangkala pujian atau komentar kritis kita bisa membuat orang lain penasaran mengunjungi blog kita. Pastikan detail saat mengisi form komentar, terutama URL blog. Sangat tidak disarankan untuk mengemis kunjungan di komentar karena lebih mirip seperti spam dan terlihat bahwa kita mengunjungi blog tersebut mengharap imbalan.

Join komunitas dan ikut kopi darat

Setelah membuat artikel yang asli, kemudian blogwalking ke blog-blog lain bukan berarti sudah selesai sampai disini. Untuk melanjutkan salah satu tujuan ngeblog yakni silaturrahim, kita harus bergabung dengan komunitas-komunitas blogger di sekitar kita. Saya sendiri adalah anggota Komunitas Blogger Jogja atau KBJ. Selain memudahkan mendapat banyak teman, juga memudahkan mendapat banyak ilmu. Dari mereka yang lebih dulu ngeblog kita dapat belajar banyak hal. Pengalaman mereka bisa saja berharga bagi kita.

Teman-teman KBJ mendapatkan hadiah boneka Qwords.

Teman-teman KBJ mendapatkan hadiah boneka Qwords.

Tidak lengkap rasanya jika sudah berinteraksi lewat media komunitas misal Grup Facebook atau Forum tapi tidak bertemu muka. Untuk itu kita harus ikut kopdar atau kopi darat. Lagi-lagi tujuan dari kopdar ini adalah mempererat tali silaturrahim dan belajar ilmu lebih lanjut. Dan mungkin saja bagi yang belum dapat jodoh, bisa ketemu jodoh. Eh, untuk yang terakhir ini saya bercanda. 😀 Tapi memang ada kok blogger yang pacaran berawal dari kopdar. Saya tidak akan sebutkan disini karena kejadiannya sudah lama dan mereka berdua sudah putus. 🙂 Selain itu, acara kopdar pun bisa sebagai bahan posting blog. Luar biasa, bukan?

Menjadi blogger yang konsisten itu tidak mudah. Saya sendiri mengalami naik turun saat menjadi blogger. Jangan salah, memang domain ini baru, namun sebenarnya saya sudah ngeblog sejak 2007. Bahkan kalo personal website boleh dihitung, saya sudah menulis sejak 2003 di Geocities (sudah dihapus dari Yahoo!). Waktu itu blog saya hanya berisi puisi dan diary kehidupan sehari-hari saya sebagai murid SMA. Hm, namanya juga waktu masih muda. Nah, sebagai blogger, apa yang sudah anda lakukan?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 14 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. TONGKONANKU:

    Kalau saya mulai ngeblog dari thun 2008. Awalnya termotivasi ngeblog karena iming-iming kalau blog bisa menghasilkan duit. 😀 Mudah2an tetap konsisten ngeblog. 🙂

  2. jarwadi:

    sebagai blogger pemula, saya sedang mengamalkan ajaran ke-2: blog walking 🙂

  3. levina:

    wah informasinya keren banget terimakasih 🙂

  4. Awan_santoso:

    Masih bingung dgn topik yg akan di post di blog saya maklum masih anak kemaren sore alias baru hehe…mungkin ada yg mau share pengalaman atau ilmu siapa tau kita bisa saling menguntungkan di suatu waktu nanti hehe

  5. Kalau Tau:

    dari ketiga hal yang tersebut yang belum aku lakukan yaitu kopi darat (kopdar), sulit bagi blogger pemula seperti saya mendapat jembatan belajar dengan blogger senior.

  6. asep supriatna:

    Sip banget ka, artikel nya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya, hiii..

  7. Ahmad Sufyan:

    Untuk saat ini saya masih bergelut melawan rasa malas nulis, dan saya berharap bisa mengikuti kopdar karena di tkp saya sendiri jarang orang yang suka dengan blog

  8. Azikin Brother:

    Mantap Mas sangat bermanfaat informasinya…

  9. Andre Alfansyah:

    blog yang bagus kaka….

  10. Kadika:

    Betul … Kalau sudah memutuskan menjalani profesi blogger… Akan jauh lebih serius dibanding sekedar curhat! 😂

  11. White:

    Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat buat saya yg masih awal” hehe

  12. Fathina:

    Terimakasih banyak ilmunya kak, saya membuat blog hannya belajar nulis dan membagikan ilmu yang sudah di dapat.
    Yaaa.. walaupun saya baru ngeblog, kemarin sore sih. Hehe

  13. Feryanto:

    Klo mau bantu saya belajar ngeblog bisa gak kaka. Wkwk
    Saya baru soalnya

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.