Kami baru saja bikin ebook tentang VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT dan VCC. Ebooknya bisa didownload disini. Gratis!

Kopdar Komunitas Blogger Jogja & Qwords.com

Apakah anda tahu Qwords? Yuk, bisa mulai googling deh. Qwords atau Qwords.com adalah perusahaan hosting ternama yang masuk dalam daftar 10 terbaik di Indonesia. Lalu apa hubungannya dengan Komunitas Blogger Jogja?

Kopdar Qwords dan Blogger Jogja

Qwords Road Show dan Kopdar Komunitas Blogger Jogja

Setiap akhir bulan, Komunitas Blogger Jogja (KBJ) mengadakan kopdar atau kopi darat. Tempatnya berpindah-pindah, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Seminggu yang lalu, mbak Abel dari Qwords menghubungi KBJ via email, menyatakan bahwa tim Qwords akan ke Jogja tanggal 26 Desember 2013. Maka para pengurus KBJ sepakat untuk mengadakan kopdar KBJ pada tanggal 26 saja, mengikuti jadwal Road Show Qwords.

Tim Qwords sedang bersiap-siap di sore hari.

Tim Qwords sedang bersiap-siap di sore hari.

Bertempat di Joglo Panunggalan (Angkringan Galau), kopdar KBJ bersama Qwords dilakukan. Angkringan Galau dipilih karena tempatnya luas dan bisa menyediakan konsumsi dengan harga yang cukup terjangkau. Pukul 5 sore lebih sedikit saya sudah sampai di Angkringan Galau, menemani mbak Abel, mbak Aini, mas Berry dan mas Ceppy melakukan setting tempat. Tidak lama kemudian ada Nugroho dan Apri yang datang, disusul teman-teman yang lain setelah maghrib.

Jalannya kopdar Blogger Jogja bersama Qwords

Perut yang lapar tentu tidak bisa mengikuti acara dengan baik. Oleh karena itu acara dimulai dengan makan malam. Acara yang dijadwalkan pukul 18.45 WIB sudah selesai makan malam, ternyata molor sampai pukul 19.25 WIB. Maklum saja, jam karet selalu ikut kemanapun orang Indonesia pergi, terutama teman-teman KBJ. Meskipun begitu, acara tetap berjalan dengan baik, tanpa harus mengurangi bobotnya. Dari daftar hadir, ada 58 orang yang ikut dalam acara ini. Luar biasa, kan?

Mas Wawan sedang mengisi presensi, terlambat datang nih.

Mas Wawan sedang mengisi presensi, terlambat datang nih.

Setelah acara makan malam selesai, acara dibuka oleh mbak Mini GK yang menjadi MC KBJ dadakan. Tidak lupa berdoa, bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberikan saat itu. Suasana menjadi mencair riuh rendah setelah mbak Abel yang cantik maju sebagai MC. Blogger Jogja yang mayoritas cowok, baik jomblo maupun yang pura-pura jomblo tentu saja tidak menyia-nyiakan waktu jika ada cewek cantik maju di depan. 🙂

Qwords.com itu perusahaan apa?

Qwords.com adalah perusahaan web hosting. Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan, organisasi atau perusahaan untuk menyimpan data-data yang bisa diakses dari manapun di seluruh penjuru dunia. Qwords masuk dalam 10 besar hosting terbaik Indonesia. Menurut penjelasan dari mas Berry, banyak perusahaan besar yang mempercayakan hosting-nya di Qwords.

Wah, ada nama Pertamina juga lho. Fortune 500 itu...

Wah, ada nama Pertamina lho, perusahaan Fortune 500 2013.

Dengan ini saya percaya kalau layanan di Qwords tentu tidak main-main. Mendapatkan client-client besar tentu tidak bisa dengan layanan yang seadanya. Butuh dedikasi tinggi dan kemampuan teknis yang mumpuni untuk melakukan semua itu. Dan ternyata Qwords mampu melakukannya. Hanya saja saya belum tergerak untuk pindah hosting kesana, bukan apa-apa sih, motivasinya hanya ekonomi saja. VPS yang ditempati Hanya Lewat ini cuma $2/bulan atau $24/tahun. Dana segitu hanya dapat shared hosting di Qwords. 🙂

Qwords bagi-bagi doorprize

Setelah penjelasan tentang Qwords selesai, saatnya bagi-bagi doorprize. Berhubung saya sibuk foto sana foto sini dengan kamera ponsel yang ternyata auto fokusnya jelek, saya kurang tahu berapa banyak doorprize yang dibagikan oleh tim Qwords dalam acara ini. Ada boneka Qwords, kaos dan voucher hosting. Saya sendiri dapat kaos dari undian absen, macam arisan saja. Nomer satu keluar dan sayalah yang mendapat kaos. 🙂

Teman-teman KBJ mendapatkan hadiah boneka Qwords.

Teman-teman KBJ mendapatkan hadiah boneka Qwords. Courtesy: Wawan.

Acara dilanjutkan dengan materi SEO oleh kang Sutopo. Lebih spesifiknya adalah teknik footprint untuk mendapatkan backlink dalam meningkatkan SERP. Berhubung waktunya sudah terlalu malam, sepertinya teman-teman kurang begitu memperhatikan. Saat sesi tanya jawab pun hanya dua orang yang bertanya. Maka diputuskan untuk disudahi saja sesi SEO tersebut untuk kemudian dibahas di grup facebook.

Dana pengembangan komunitas dari Qwords

Acara selanjutnya hanya pembagian hadiah dengan cara yang lucu-lucu, seperti harus melucu di depan, koin terbanyak, dan lain sebagainya. Di puncak acara, Qwords menyerahkan bantuan dana kepada Komunitas Blogger Jogja sebagai dana pengembangan komunitas. Bantuan dana tersebut sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) yang diserahkan secara simbolis oleh mbak Abel kepada KBJ dimana saya yang mewakilinya.

Penyerahan dana pengembangan komunitas dari Qwords.

Penyerahan dana pengembangan komunitas dari Qwords. Courtesy: Wawan.

Dana ini tentu saja sangat berharga bagi KBJ untuk menunjang kegiatan-kegiatan di tahun 2014 nanti. Para pembina dan pengurus sudah memiliki banyak sekali agenda yang akan dijalankan. Nah, berhubung waktu sudah malam, maka acara harus segera diakhiri. Tapi tidak lupa foto bareng. Tetapi sampai saat artikel ini dibuat, saya belum dapat kiriman fotonya dari tim Qwords. Maklum sih, masih sibuk untuk bertemu teman-teman Blogger dan Relawan TIK di Medan, Sumatera Utara hari ini.

Anyway, terima kasih untuk tim Qwords yang sudah menjadikan Yogyakarta sebagai sasaran roadshow-nya. Kali aja besok-besok ada acara serupa, akan kami kumpulkan lebih banyak massa lagi supaya lebih rame. Tebaran hadiah dan tambahan ilmu pasti akan membuat yang tidak hadir menjadi “ngeces”. Semoga. 🙂

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nuzulul:

    Inilah yang dimaksud dengan #maksimal mas Iwan.
    Berharap dan berusaha untuk selalu #ngeces.
    Semoga… 🙂

  2. jarwadi:

    reportasi yang sangat kereeen mz charming 🙂

  3. tomi:

    kopdar nya seru dan rame mas.. mgkn kalau gak pas liburan gini , mestinya akan lebih rame

  4. Aryan:

    Suwangar e.. ngomong2 ini tempatnya kayak di joglo abang kemaren ya… iya bukan sih?

  5. adi pradana:

    keren ya kopdarnya… lama tak berkumpul dengan KBJ.

  6. virmansyah:

    Meskipun yang datang kurang maksimal (tidak sesuai yang tertulis) tapi acarane tetap seru 🙂 dan semoga silahturahmi dengan Qwords tetap terjaga, dan ada Qwords-Qwords lainnya yang dapat membantu membangun KBJ.

  7. Hany:

    Tadinya pengen ikut..tapi karena kayak e g bisa dan ada tulisan jika tidak yakin bisa datang jangan daftar dulu.. akhirnya g daftar deh.. 😀 itu di joglo abang bukan ya mas??

  8. TONGKONANKU:

    Kopdar dengan Qword, istimewa banget! Udah dibayarin makan, bagi-bagi hadiah, dikasih dana pengembangan komunitas, pula. 🙂

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.