Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Kopdar Mozilla Jogja, Kenal JDV dan Firefox OS

Hari sabtu (31/8) yang lalu, telah dilaksanakan Kopdar Mozilla Jogja. Mengambil tempat di Jogja Digital Valley (JDV), acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Mozilla Yogyakarta. Undangan yang datang sekitar 50 orang berasal dari komunitas blogger dan juga web developer.

Jemmy Novy Rorong, Mozilla Representatif Indonesia.

Jemmy Novy Rorong, Mozilla Representatif Indonesia.

Tujuan dari kopdar ini adalah untuk mengenalkan komunitas Mozilla. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang mengenal Firefox, namun tidak mengenal komunitas Mozilla. Selain itu juga memperkenalkan Firefox OS, sistem operasi mobile dari Mozilla.

Apa itu Jogja Digital Valley

Menurut penjelasan dari websitenya, Jogja Digital Valley (JDV) adalah inkubator bisnis yang dikembangkan oleh TELKOM untuk melengkapi ekosistem kreatif digital. JDV ini beralamat di jalan Kartini No. 7 Sagan, Yogyakarta. Lokasinya hanya sekitar 850 meter ke arah selatan gerbang utama Universitas Gadjah Mada (UGM).

Jogja Digital Valley by Akhyar A.

Jogja Digital Valley. Courtesy: Akhyar A. (Foursquare)

Menurut Muhammad Aditya, Executive Director JDV, kopdar Mozilla Jogja ini adalah kegiatan komunitas pertama yang dilakukan di JDV. Hal ini tidak mustahil karena JDV baru diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 23 Agustus lalu atau seminggu lebih satu hari sebelum kopdar Mozilla. Selengkapnya mengenai JDV bisa berkunjung di situsnya, jogjadigitalvalley.com.

Apa itu komunitas Mozilla dan Firefox OS?

Mozilla adalah komunitas yang ada untuk mempromosikan keterbukaan, inovasi dan kesempatan di Internet. Mozilla sudah berdiri selama 15 tahun dan sudah menghasilkan suatu karya yang besar. Jika anda akrab dengan browser Firefox, itu adalah hasil karya dari Yayasan Mozilla. Browser Firefox saat ini masih menguasai 60% pangsa browser di Indonesia, menurut StatCounter.

Sedangkan, Firefox OS adalah sistem operasi dari Mozilla yang terdiri dari tiga bagian, antara lain:

  • GONK yang merupakan inti dari sistem operasi Firefox OS. Sistem ini berisi kernel Linux dan beberapa driver untuk perangkat kerasnya.
  • GECKO yang merupakan penghubung bagi antar muka dan sistem itu sendiri. Gecko merupakan engine yang sama digunakan pada browser Firefox.
  • GAIA yang merupakan user interface atau antarmuka Firefox OS. Gaia dibangun menggunakan HTML5, CSS dan JavaScript.

Kabar baik bagi developer web karena membangun aplikasi di Firefox sama seperti membangun web saja. Mungkin hanya perlu belajar beberapa Application Programming Interface (API) untuk berinteraksi dengan hardware dimana Firefox OS dijalankan. Tampak lebih sederhana daripada Android.

Firefox OS & device. Thanks to Dian Ribut untuk tangannya.

Firefox OS & device. Thanks to Dian Ribut untuk tangannya.

Dalam kopdar ini para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melihat dan mencoba device Firefox OS (developer version). Hanya Lewat juga berkesempatan mencoba beberapa saat dan merasakan bahwa Firefox OS lebih sederhana daripada Android. Mungkin bagi sebagian orang justru Firefox OS terlalu sederhana dan tidak disukai.

Sistem operasi ini sudah masuk ke dalam ranah produksi dengan diluncurkannya Alcatel One Touch di Amerika Serikat dan ZTE Open di Eropa. Memang sangat disayangkan bahwa ponsel pintar berharga murah ini belum masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan rekan-rekan dari komunitas Mozilla Jogja juga belum memiliki informasi yang pasti.

Kegiatan yang mengusung tagar #mozKopdarJOG ini, tidak hanya diikuti komunitas blogger Jogja saja, namun juga dari komunitas blogger Ngawi. Selain menjalin silaturrahim dengan rekan-rekan sesama bloger, tujuan blogger Ngawi ke Jogja adalah juga untuk liburan. Itulah Jogja, pesonanya tidak akan pernah habis. 🙂

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Ada 14 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. TONGKONANKU:

    JDV kayaknya asik nih buat kita KBJ kopdar. 🙂

    • E-One:

      Aku yo terpikir gitu…
      Tapi kalo melihat rule/ToS JDV, kayaknya ndak bisa buat kopdar sembarangan, opo maneh sampe rame-rame. 😀
      Kecuali sih seperti si Mozilla kemarin, tertib dan rapi. 🙂

  2. Galang Pratama:

    Hadir dari blogger ngawi 😀

    • E-One:

      Horee..!!
      Dibawah ada yang ndak percaya kalo ada blogger ngawi yang datang. 😀
      Monggo mas, itu mas e diundang ke BPC… 🙂

  3. Agfian:

    Mantap tenan, langsung jadi postingan dengan informasi yang gemuk dan bermanfaat. 😀

    • E-One:

      Hahaha…
      Mencoba penceritaan gaya baru, bos. 🙂

  4. Dian Ribut:

    Perwakilan satu-satunya dari blogger nganjuk 😛

    • E-One:

      Sampeyan iku dudu blogger Nganjuk, wong ra tau ngeblog soko nganjuk… 🙂

  5. topik nugroho:

    saya dari mantingan ngawi jawa timur ndak tau kalau ada event blogger komunitas dari ngawi ke jogja nih acara beneran atau hanya hoax sih

    • E-One:

      Komentar-komentar diatas sudah cukup sebagai bukti bahwa acara ini tidak hoax. Mas Galang Pratama diatas merupakan salah satu blogger ngawi yang datang ke acara ini. 🙂

  6. Tayusani Yuza:

    Wah OS mozilla aplikasinya gimana tuh? melimpah juga kah seperti Android?

  7. Lutfi:

    Saya kira masing2 dapat smartphone mas 😀

  8. Dani:

    Sayang e aku mlebu sekolah. nek ra mlebu sekolah melu acarane

  9. tahitian noni:

    mozilla indah, kreatif serta berinnovasi, memiliki desain yang baik…. termakasih atas bantuan mozilla yang semakin membuat saya dapat untuk belajar desain.
    http://www.tahitiannoniindonesian.com

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.