Cara Mewaspadai Penipuan Di Facebook

Memiliki teman baru di facebook memang menyenangkan. Kita bisa saling bertukar cerita dengan orang-orang yang baru kita kenal. Tetapi sebenarnya hal itu berpotensi mengandung bahaya, lho. Salah satunya adalah bahaya penipuan.

Masih ingat dengan wajah ini? Ya, ini Selly Yustiawati yang menebar tipuan di facebook.

Masih ingat dengan wajah ini? Ya, ini Selly Yustiawati yang menebar tipuan dari facebook.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa facebook telah menjadi tempat banyak orang. Tua, muda, remaja bahkan anak-anak ada di facebook. Ada bermacam orang dengan bermacam motif. Salah satu motif tidak terpuji yang sering dilakukan orang di facebook adalah menipu. Penipuan dilakukan seringnya untuk mendapatkan materi namun juga tidak sedikit juga untuk mendapatkan kehormatan wanita.

Jangan percaya pada foto profil

Foto profil adalah salah satu cara kita untuk mengidentifikasi seseorang. Tetapi dewasa ini banyak bertebaran akun facebook dengan foto profil palsu. Oleh karena itu sangat bijak jika anda tidak percaya seratus persen pada foto profil seseorang. Contoh: anda percaya seseorang kaya raya hanya karena berfoto di depan mobil mewah seri terbaru.

Bukan berarti kita harus berprasangka buruk pada setiap orang yang memiliki foto profil yang “wah”, namun lebih kepada tidak menaruh kepercayaan berlebih. Awal dari kasus penipuan di facebook adalah seseorang menaruh kepercayaan berlebih kepada penipunya. Dengan cara itulah para penipu dunia maya bekerja. Setelah berhasil menyakinkan calon korbannya bahwa mereka memiliki keunggulan tertentu, aksi penipuan dijalankan.

Waspadai permintaan untuk pinjaman/bantuan

Manusia adalah makhluk sosial, dimana keinginan untuk membantu sesama merupakan suatu dorongan alamiah. Jika kita mendengar atau melihat seseorang mengalami hal yang kurang menyenangkan, ada dorongan dalam diri kita untuk membantu. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para penipu di facebook.

Dengan bermacam modus dan tipu daya, penipu di facebook melancarkan aksinya menyakinkan kita bahwa ia layak kita bantu. Tetapi sepandai apapun tupai melompat, akhirnya jatuh jua. Pasti ada “lubang” dalam setiap perkataan dan cerita mereka, kita harus mencermati itu. Caranya adalah memancingnya bercerita minimal tiga kali dalam waktu yang berbeda. Orang yang berbohong pasti akan kelihatan berbeda cerita satu sama lainnya.

Jika anda memang berniat membantunya, jangan melakukan transfer uang via rekening. Akan lebih baik jika kita bertemu langsung dengannya jika masih dalam satu kota. Jika berbeda, kita bisa koordinasi dengan kawan yang berasal dari kota yang sama dengan orang tersebut. Niat memberikan bantuan itu memang baik, namun akan lebih baik lagi jika tepat sasaran.

Waspadai permintaan untuk bertemu

Untuk yang satu ini kita harus berhati-hati, terutama wanita. Sedekat apapun kita di facebook dengan kenalan kita tersebut, mereka itu tetaplah orang asing. Kita tidak tahu secara pasti identitas aslinya karena membuat akun facebook tidak pakai KTP atau SIM. Oleh karena itu kita harus tetap waspada dan menggunakan akal sehat.

Sasaran umum permintaan bertemu ini adalah wanita. Jika pria yang baik, tentu akan mengikuti kaidah bertemu dengan cewek facebook yang pernah saya bahas beberapa waktu lalu. Orang yang berniat baik tidak akan mengajak bertemu di tempat sepi, memaksa datang sendirian dan hal-hal yang membuat keamanan kita menjadi rawan. Dalam bertemu dengan kenalan di facebook, akan lebih baik jika kita tidak sendirian.

Demikian tips menghindari penipuan di facebook. Tips ini saya tulis karena prihatin dengan banyaknya korban penipuan di facebook. Jika anda ingin menambahkan atau memiliki ide tertentu, mari berbagi bersama saya pada kolom komentar dibawah artikel ini. 🙂

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. tlovertonet:

    I have learn several just right stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting. I surprise how a lot attempt you set to make the sort of wonderful informative web site.

  2. Louisa Poutre:

    Good blog! I truly love how it is simple on my eyes and the data are well written. I’m wondering how I could be notified when a new post has been made. I’ve subscribed to your feed which must do the trick! Have a nice day!

  3. Warung138:

    Thanks for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you have on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and just couldn’t come across. What a perfect site.

  4. Fungame777:

    After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

  5. Slotbom77:

    I was studying some of your articles on this site and I think this website is real instructive! Keep on putting up.

  6. KKSLOT777:

    I am often to running a blog and i actually appreciate your content. The article has actually peaks my interest. I am going to bookmark your web site and preserve checking for brand new information.

  7. Kedai138:

    Well I really enjoyed studying it. This subject provided by you is very effective for good planning.

  8. Luxury Female Escorts:

    There is noticeably a bundle to know about this. I assume you made certain nice points in features also.

  9. รับจำนำรถ:

    I love the efforts you have put in this, thank you for all the great content.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.