Mengidentifikasi Foto Profil Palsu di Facebook

Pernahkah suatu ketika kamu mendapatkan permintaan pertemanan dari sebuah akun cewek facebook yang sangat menarik? Foto profilnya seorang wanita yang sangat cantik hingga kamu bertanya-tanya benarkah itu foto dirinya?

Percayalah, kamu tidak sendirian. Saya pun pernah dalam situasi yang demikian, begitu pula puluhan, ratusan bahkan ribuan cowok pengguna facebook. Sekarang ini sangat mudah sekali untuk mencari foto seorang cewek cantik dan menggunakannya sebagai foto profil di facebook, maka dari itu sangat wajar jika kita curiga. Ada banyak alasan kenapa orang menggunakan foto palsu di facebook. Terkadang hanya karena mereka tidak suka fotonya ada secara online hingga memang berniat menipu pengguna facebook lain yang memiliki gender berkebalikan dari foto yang dipajang.

Menggunakan Google untuk identifikasi foto profil palsu

Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang bagaimana mengidentifikasi profil facebook palsu dilihat dari sifat-sifat dari akun tersebut. Pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada kamu bagaimana memanfaatkan teknologi reverse image search dari Google untuk mencari gambar yang sama di internet. Metode ini sangat sederhana jika kamu penasaran dengan kenalan barumu di facebook.

Pertama, masuk ke Googe Image Search lalu klik ikon kamera di pojok kanan dari bar pencarian. Jendela baru akan muncul dan kamu akan diminta mengunggah sebuah gambar dari komputer atau dari URL.

Icon reverse image search ada disini, lho!

Icon reverse image search ada disini, lho!

Kemudian setelah diklik, akan muncul jendela baru. Ambil URL dari foto profil palsu lalu em>paste URL itu di kolom yang sudah disediakan. Jika sudah, klik Search by image. Kalo ga tau cara ambil URL foto, googling sana dulu, ya.

Setelah paste URL, klik search by image.

Setelah paste URL, klik search by image.

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman baru yang mengungkapkan hasilnya. Jika hasilnya pendek, hanya menampilkan satu foto saja, kemungkinan besar foto itu asli. Bagian atas hasil pencarian untuk foto profil palsu contohnya dibawah ini.

Gambar yang sama banyak, kata kunci-nya pun cewek sma bugil.

Gambar yang sama banyak, kata kunci-nya pun cewek sma bugil.

Pencarian ini memiliki gambar yang sama dengan jumlah lebih dari satu. Semakin mencurigakan saat Google memberikan saran kata kunci “cewek sma bugil”, sebuah hal yang pertanda negatif. Lalu saya scroll ke bawah dan inilah sebagain hasilnya.

Hasil pencarian ini memuat laman yang memiliki gambar sama.

Hasil pencarian ini memuat laman yang memiliki gambar sama.

Akhirnya terkuak sudah bahwa foto ini tidak jelas siapa pemilik sesungguhnya. Saya bisa menyimpulkan bahwa profil yang saya temui di facebook menggunakan foto ini adalah 99% palsu, dimana 1% mungkin akun facebook asli yang fotonya dibajak. Saya lebih condong ke arah profil palsu karena beberapa website/blog yang memuat foto ini memiliki kecenderungan konten negatif.

Nah, dengan metode yang luar biasa ini, maka kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tahu apakah foto profil yang digunakan teman kamu di facebook itu dirinya atau bukan. Bagaimana pendapat kamu?

Kalimat yang berkaitan

foto palsu yang sering dipakai di facebook. https://hanyalewat com/20142126-mengidentifikasi-foto-profil-palsu-di-facebook. foto plagiat facebook. orang ganteng di facebook. foto plagiat fb. foto dan akun fb cewek thailan. foto cewek cantik seksi buat akun plagiat. sma bugil. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.