Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Integrasi Box.com dan 4shared di VPS Linux

Tidak seperti backup VPS menggunakan Dropbox yang menggunakan aplikasi resmi, 4shared dan Box digabungkan dengan VPS Linux dengan protokol DAV. Di Linux istilahnya mounting, diperlakukan seperti layaknya direktori biasa.

Debian Box 4shared

Mount Box.com dan 4shared dengan DAV

Sebenarnya fitur ini sudah ada pada file hosting Box.com dan 4shared. Hanya saja tidak banyak orang yang tahu dan menggunakannya. Cara menggunakannya gampang, kita tinggal mounting direktori 4shared dan Box itu saja dengan davfs2 dan fuse device. Maka dari itu sebelum anda menggunakan DAV di VPS Linux, kita pastikan Fuse sudah terinstall dan aktif.

Saya menggunakan VPS dengan virtualisasi OpenVZ, sehingga membutuhkan komunikasi kepada provider untuk mengaktifkan Fuse di container saya. Waktu saya minta aktifkan, support Crissic tidak bertanya apapun, langsung saja diberi tahu jika sudah aktif. Setelah Fuse aktif, anda harus menginstall davfs2, sebuah paket yang memungkinkan anda mounting menggunakan DAV filesystem.

Dengan menggunakan Debian 6, maka instalasinya semacam ini:apt-get install davfs2
Setelah paket davfs2 terpasang, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat direktori dengan nama 4shared dan box.com di /root
  • Edit file /etc/fstab, tambahkan baris ini:
    https://dav.box.com/dav /root/box.com davfs rw,users,noauto 0 0
    https://webdav.4shared.com /root/box.com davfs rw,users,noauto 0 0
  • Edit file /etc/davfs2/secrets, tambahkan baris ini:
    https://dav.box.com/dav username password
    https://webdav.4shared.com username password

Setelah semua beres, coba mount drive tersebut dengan perintah mount /root/box.com dan jika tidak keluar apapun, cek dengan perintah mount untuk melihat apakah box.com sudah di-mount atau belum. Perintah yang sama digunakan untuk 4shared.

Lihat di dalam kotak merah, itu tandanya sudah mount.

Lihat di dalam kotak merah, itu tandanya sudah mount.


Dengan ini maka drive box.com dan 4shared sudah tersambung dengan VPS kita. Selanjutnya kita bisa melakukan operasi file seperti copy, move dan remove seperti pada direktori-direktori lainnya. Disini kita harus berhati-hati ketika bekerja di direktori tersebut karena salah hapus file akan berdampak pada file yang ada di akun box.com dan 4shared kita.

Demikian cara mount Box.com dan 4shared di VPS Linux. Integrasi ini dapat kita gunakan sebagai backup file-file di VPS anda, baik secara manual maupun otomatis. Saya akan membahas backup otomatis dengan Box.com dan 4shared ini dalam artikel selanjutnya. Jika kurang jelas, silahkan komentar dibawah ini. 🙂

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Caraspot:

    gan sudah ada gak tips otomatisnya biar gak repot

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.