Pengalaman Menggunakan Mouse Logitech M185

Mouse atau tetikus merupakan bagian dari komputer yang sama pentingnya dengan keyboard. Mouse seperti tidak tergantikan dengan touchpad. Terbukti banyak pengguna notebook yang masih menambahkan mouse dalam operasionalnya.

Mouse Logitech M185 milik saya. Inset: tampak atas.

Mouse Logitech M185 milik saya. Inset: tampak atas.

Pengguna notebook yang masih menggunakan mouse itu salah satunya adalah saya. Dulu saya memang tidak mau menggunakan mouse karena touchpad notebook Compaq CQ-41 cukup nyaman digunakan. Tetapi saat notebook tersebut rusak dan harus diganti dengan ASUS X452E, mau tidak mau saya harus menggunakan mouse. Ini dikarenakan touchpad ASUS X452E tidak nyaman digunakan.

Bentuk fisik Logitech M185

Bentuk fisik mouse Logitech M185 ini sama seperti mouse pada umumnya. Ukurannya tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Cukup pas digenggam oleh telapak tangan saya yang tidak bisa dibilang kecil. Mouse Logitech M185 hanya memiliki dua tombol klik, yakni kanan dan kiri serta sebuah scroll di tengah.

Mengenai warna, Mouse Logitech M185 ini tersedia dalam dua warna strip. Warna dasarnya hitam, dengan strip merah maroon atau biru. Pada awalnya saya membeli yang berwarna merah karena tidak tahu ada yang berwarna biru. Kemudian tidak berapa lama pacar membeli yang berwarna biru. Berhubung saya suka biru dan notebook pacar ada ornamen merah maroon, maka kami tukeran deh.

Keunggulan mouse Logitech M185

Pertama dan paling penting, mouse Logitech M185 ini menggunakan koneksi nirkabel. Ada tranceiver yang harus dipasang di port USB notebook/komputer. Dengan absennya kabel, tentu tidak membuat kita bisa bergerak lebih bebas dan rapi. Tanpa kabel artinya juga lebih mudah dalam penyimpanan dan perawatan.

Keunggulan kedua, mouse Logitech M185 ini memiliki akurasi pointer yang baik. Meskipun tidak menggunakan mouse pad, hanya beralaskan karpet warna-warni pun kursor-nya tidak lompat-lompat. Dan yang ketiga, ada jaminan satu tahun usia baterai. Mouse Logitech M185 ini menggunakan baterai berukuran AA berjenis Alkaline.

Kekurangan mouse Logitech M185

Sebenarnya tidak banyak kekurangan yang bisa saya lihat dari mouse ini. Saya cukup puas dengan performa, akurasi dan hemat daya yang dimiliki oleh mouse Logitech M185 ini. Tetapi ada satu hal yang entah itu bug atau apa, yakni ada kalanya kursor tidak bisa bergerak, mouse seperti tidak tersambung dengan notebook saya.

Cara untuk mengatasinya yakni dengan melepas baterai lalu memasangnya kembali. Saya sudah coba mematikan mouse dengan tombol On/Off, tapi tidak membuatnya bekerja kembali. Saya juga sudah mencoba dengan mencabut tranceiver dari notebook, tapi tidak bekerja juga. Cabut pasang baterai adalah satu-satunya solusi.

Logitech M185 Wireless Mouse
  • Akurasi pointer
  • Daya tahan baterai
  • Kemudahan operasional
  • Harga berbanding kualitas
4.9

Rangkuman

Logitech M185 Wireless mouse memiliki tingkat akurasi pointer yang tinggi. Daya tahan baterainya cukup memuaskan, sudah berbulan-bulan belum ada tanda melemah. Maka saya menyimpulkan harga dibanding kualitasnya bintang lima. Hanya saja terkadang mouse “hang” sehingga harus cabut baterai.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Untuk ukuran mouse kelas sedang, Logitech M185 memang sudah bagus. Harganya “hanya” 140 ribu rupiah, saya beli dari toko komputer Els. Di mata saya, perbandingan harga dan performanya cukup pantas. Hal ini membuat mouse Logitech M185 memang layak untuk dimiliki sebagai pendamping berkomputer kita. Bagaimana menurut pendapat kamu? Punya mouse M185 juga?

Kalimat yang berkaitan

cara memperbaiki mouse wireless logitech. cara menggunakan mouse wireless logitech. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Chip:

    Saya juga pakai ini, sampai tulisan logo di atas dan bawah sudah luntur semua, haha

    • Iwan Restiono:

      Logo yang dibawah itu kan posisinya agak ke dalam, ada dua penyangga di kiri kanannya. Berarti sampe 2 penyangga itu jadi tipis dong? Ga kebayang dipake apa itu sampe tipis. Hahahaha…

  2. fania:

    logitech bagusnya yg pake kabel atau bluetooth ya?

  3. Ikfilniha Anjani:

    saya mengalami kendala mouse logitechnya gak berfungsi, sudah saya coba gonta ganti tombol on/off nya, terus udah coba copot USB portnya tapi tetap gk bisa, setelah saya baca ini , dengan mencopot baterainya ternyata eh ternyata bisa . Makasih ya

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.