Kami baru saja bikin ebook tentang VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT dan VCC. Ebooknya bisa didownload disini. Gratis!

Pengalaman Upgrade RAM Notebook ASUS X452E

Mungkin ini terlihat bodoh, tetapi saya benar-benar baru tahu bahwa penyebab kurang bagusnya performa notebook Asus X452E saya selama ini memang karena RAM yang tidak maksimal.

Tinggal bungkusnya saja, setelah dipasang baru keinget difoto. :)

Tinggal bungkusnya saja, setelah dipasang baru keinget difoto. 🙂

Bukan tanpa alasan hal ini terlewat dari pandangan saya. Windows 8.1 di laptop saya selalu menunjukkan ada “free RAM” sebesar 250 MB. Ternyata setelah saya teliti lebih lanjut dari grafik yang ada pada tab Performance di Task Manager, laptop saya sebenarnya tidak memiliki “free RAM”, yang dikatakan free itu sebenarnya tidak benar-benar free karena digunakan sebagai cache.

Sebagai akibat dari hal tersebut, maka setiap ada aplikasi yang membutuhkan RAM, maka harddisk-lah yang membantu dengan sistem paging file. Tentu harddisk lebih lambat daripada RAM, sehingga membuat kinerja notebook Asus X452E menjadi tidak responsif. RAM boleh 2 GB, tetapi 600 MB digunakan oleh GPU, sehingga hanya tersisa 1,4 GB. Tentu saja ini kurang untuk Windows 8.1 Professional.

Upgrade RAM menjadi solusi masalah

Dari pemetaan masalah tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan upgrade RAM. Sebenarnya sejak pertengahan bulan lalu pengen upgrade, tetapi belum ada dana. Setelah ada dana, maka diputuskan capcus ke El’S Computer untuk membeli RAM.

Sebelumnya saya telah mendapatkan nasehat dari seorang teman yang “ahli hardware” bahwa notebook yang “lahir” pertengahan 2013 hingga sekarang ini menggunakan RAM berjenis LV atau Low Voltage. RAM jenis ini menggunakan tegangan lebih kecil, yakni sekitar 1,35 volt, lebih rendah daripada RAM normal yang menggunakan tegangan 1,5 – 1,65 volt. Tentu saja karena notebook baru, maka termasuk dalam pengguna RAM jenis LV.

Setelah membeli GKK PureIt di UFO, saya bersama pacar meluncur ke El’s Computer. Sebenarnya tidak ada alasan yang cukup penting kenapa harus di toko tersebut. Kebetulan saja saya membeli notebook Asus X452E ini di toko tersebut dan saya pikir mereka memiliki pengetahuan yang baik mengenai jenis RAM yang cocok dengan notebook saya. Ternyata saya salah besar.

Si mas pramuniaga yang melayani saya bahkan masih kebingungan saat saya menyebutkan Asus X452E, tidak tahu jenis RAM apa yang cocok. Saya pikir toko sebesar El’s punya database untuk itu, ternyata tidak. Malah si mas pramuniaga menyarankan saya membawa notebooknya kesana. Berhubung saya sudah tahu, maka saya memutuskan membeli RAM 4 GB merek Visipro berjenis DDR3 LV.

Si mas pramuniaga itu masih juga menanyakan apa saya yakin, sudah seperti kuis saja. Ya tentu saja saya yakin, wong juga sudah googling dulu sebelum beli kok. Saya ini kan tipikal pembeli yang cerdas. Tidak merepotkan penjual. Hehehe. Akhirnya setelah membayar di kasir, baru deh saya boleh bawa pulang RAM-nya.

Cara memasang RAM Asus X452E

Malam sebelum membeli RAM, saya sudah meneliti bagian bawah casing notebook Asus X452E saya. Saya menemukan bahwa untuk memasang RAM cukup mudah, hanya membuka dua sekrup saja. Lokasinya ada di bagian bawah, seksi yang berada di bawah tangan kita, jadi sekitar bagian depan.

Setelah dua sekrup (dan memang hanya ada dua itu saja) dilepas, dorong ke arah luar (depan), maka cover-nya akan terlepas. Disitu akan terlihat harddisk, slot RAM dan WWAN WiFI card. Pasti anda bertanya-tanya, dimana RAM yang 2GB, mengingat disitu cuma ada slot kosong. Tepat di slot kosong itu RAM yang 2GB berada. Ya, RAM yang 2GB itu disolder langsung ke board alias onboard RAM.

Setelah anda tahu lokasi slot RAM, tak perlu takut memasangnya. Arahkan bagian RAM yang ada logamnya ke slot RAM dengan sudut 45° lalu tekan hingga masuk. Jika tidak masuk, berarti terbalik. Separator membagi slot RAM menjadi dua secara asimetris, sehingga mencegah kesalahan. Setelah masuk, tekan RAM kebawah hingga terkunci. Selesai. Silahkan kembalikan cover dan sekrupnya.

Total waktu yang dibutuhkan untuk memasang RAM tidak lebih lama daripada membelinya. Saya melakukannya dalam waktu 2 menit saja, mulai dari membuka cover sampai menutupnya lagi. Tetapi, jika memang anda ragu melakukannya, silahkan bawa ke tukang servis atau penjual RAM terdekat. Seringnya sih tidak gratis, meskipun pekerjaannya gampang. Yah, namanya juga orang cari nafkah. 🙂 Selamat mencoba!

Kalimat yang berkaitan

https://hanyalewat com/20154402-pengalaman-upgrade-ram-asus-x452e. ram laptop asus. harga tambah ram laptop asus. cara upgrade ram laptop asus. upgrade ram laptop. upgrade ram laptop asus. cara menambah ram laptop asus. harga upgrade ram laptop asus. asus x452e upgrade ram. cara upgrade ram laptop. tambah ram laptop asus. ram notebook asus. cara memasang ram laptop asus. cara mengganti ram laptop asus. ram asus x452e. game yang cocok untuk asus x452e. menambah ram laptop ASUS. upgrade ram asus. upgrade laptop asus. ram onboard. syarat upgrade ram laptop. cara pasang ram laptop asus. ram yang cocok untuk laptop asus. biaya upgrade ram laptop asus. kelebihan dan kekurangan asus x452e. upgrade laptop. cara upgrade ram laptop 2gb menjadi 4gb. ganti ram laptop. tips upgrade ram laptop. cara tambah ram laptop asus. upgrade ram asus x452e. cara menambah ram laptop 2gb menjadi 4gb. cara ganti ram laptop asus. ram onboard asus. ram notebook. cara upgrade ram onboard. jenis ram asus x452e. berapa ram laptop asus. cara menambah ram asus. tambah ram notebook. biaya tambah ram laptop asus. posisi ram laptop asus. pengalaman upgrade ram laptop. cara menambah ram notebook asus. upgrade ram asus x452c. harga upgrade ram. Cara menambah RAM di laptop ASUS. letak ram laptop asus. cara mengganti ram onboard. cara melepas ram laptop asus. biaya upgrade ram. tipe ram asus x452e. upgrade ram notebook asus. Pengalaman upgrade ram. Ram laptop onboard. harga ram asus. biaya upgrade ram laptop. penyebab asus x450 c tidak bisa nambah ram. cara upgrade ram notebook. jasa upgrade laptop. biaya upgrade laptop. efek samping upgrade ram laptop. apa itu RAM onboard. ram yang bagus untuk laptop asus. Asus X452E. ram note book asus. upgrade processor asus x452e. cara upgrade laptop asus. cara upgrade ram asus x441sa. Harga Ram Asus X452E. notebook bisa ditambah ram. perbedaan setelah upgrade ram. ram netbook asus. setelah upgrade ram. biaya upgrade ram asus. biaya upgrade ram di asus center. letak ram asus x453s. x452e. Mengganti ram laptop. update ram laptop asus. tambah ram di asus center. cara ganti ram onboard. pengalaman menambah ram laptop. laptop kelebihan ram. laptop asus yang bisa di upgrade. letak memori laptop asus. menambah ram pada laptop asus. asus x452e ram. merek ram di laptop asus. modifikasi laptop asus x452e series. asus x452c ram. asus x453m cara ganti ram. posisi ram di laptop asus. asus x452c upgrade ram. letak ram asus. laptop yang memiliki ram on board. mengganti ram notebook. menambah ram onboard. lokasi ram pada laptop asus. letak ram pada notebook. 

Ada 22 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. topik:

    ternyata kalau mau belajar mudah ya pasang RAM, tapi sayangnya nggak taw jenis RAM yang mau dibeli kalau hendak Upgrade. Trus yang RAM 2 GB dipakai lagi bersamaan dengan RAM 4 GB atau dicopot terus nggak kepakai yang RAM 2 GB.

    Pertanyaaan satu lagi, Cara Mengetahui RAM dalam Laptop Jenis apa gmna? soalnya juga kepengin update RAM sih

    • Iwan Restiono:

      Coba googling aja dengan merek serta seri laptop yang jenengan punya, mas. 🙂
      Disitu biasanya ada jenis RAM-nya, apakah DDR2 atau DDR3. Selain itu coba cek pake aplikasi CPU-Z, lihat pada bagian SPD, nanti disitu terlihat RAM yang sedang digunakan jenisnya apa.

  2. nue:

    kebetulan saya juga mau upgrade ram, lumayan bisa buat referensi 😀

  3. Roma:

    gan.. mohon dibantu beli dimana RAM nya ane mo ngikut upgrade RAM kyk agan (laptop sy x452e jg)..

    • Iwan Restiono:

      Beli boleh dimana aja, gan…
      Yang penting saat beli agan bilang kalo jenis RAM nya DDR3 LV (Low Voltage).
      Kalo di Jogja sih ente langsung ke El’s Computer aja sambil bawa laptopnya. Mereka bisa pasangin.

  4. Rizqi:

    Gan bisa dicariin link ram yg cocok dengan asus x452e saya?
    Thanks

    • Iwan Restiono:

      Sorry gan baru balas. Maksudnya link RAM bagaimana?
      Langsung ke toko komputer aja gan. 🙂

  5. irfan:

    gan, El’s computer tu adanya dimana aja ya? apa di surabaya ada? hehehe

  6. OkaWibawa:

    Gan nge upgrade ram sendiri todak menghanguskan garansi resmi ya?

  7. laptopcara:

    ini info menarik
    bagaimana cara memory laptop ditambah
    terima kasih

  8. Memet:

    gan ane mau tanya kalau mau upgrade ram bisa sampai berapa untuk Asus X452E ?

    Trimakasih

    • Iwan Restiono:

      Itu slotnya cuma satu, jadi sampe berapanya ya sebesar kalo 1 keping itu berapa GB. Saya sih 4GB, jadi total 6GB. Tapi inget, kalo masih pakai Windows versi 32 bit, ga akan bisa lebih dari 4GB total ya. Jadi kalo mo tambah 4GB seperti saja, harus ganti Windows yang versi 64bit.

  9. Anonymox:

    gan, bisa minta foto laptop ente!!
    punya ane juga x452e series, tapi processornya AMD e2-3800, sama RAM ane pake DDR3.
    coba liat punya ente, apa sama kayak laptop ane…

  10. memet:

    Gan ana mau tanya, laptop asus agan kan sama kayak punya saya tapi punya saya prosessornya amd e1 mau upgrade ram apa ramnya sama kayak agan, trims

  11. made gelgel:

    saya baru saja upgrade ram laptop, masih belum terasa apa perbedaannya, yang jelas dari tulisan ini upgrade ram tentu saja ada dampaknya kan

    • Iwan Restiono:

      Tentu saja ada dampaknya. Hanya saja untuk sesuatu yang boros RAM.
      Saya tidak hanya upgrade RAM namun juga mengganti harddisk menggunakan SSD.
      Sejauh ini RAM tidak banyak efeknya, karena memang prosesornya tidak begitu bagus.
      Berhubung pekerjaan saya hanya developer web, ini sudah cukup.
      Jujur, kalo pengen nge-game, laptop ini tidak cocok.

  12. Moga Rajul:

    Apa ddr ram asus ente sama dengan asus saya ya mas? Asus saya x552w, pas saya googling ternyata yang keluar yang merek punya mas, apa ddrnya sama ya?

    • Iwan Restiono:

      Belum tentu.
      Ada baiknya dikonsultasikan dengan toko komputer atau service center terdekat jika ente tidak paham.

  13. anandia:

    Situ ganti ke SSD juga yah? Trus kan ente juga developer web… nah buat mengerjakan project web pakai phpstorm kuat gak yah ni laptop

    Btw ane juga dah nambah RAM 4gb, buat web pakai phpStorm berat banget… apa harus upgrade ke SSD yah

    • Iwan Restiono:

      Ceritanya aku beli ni laptop karena laptop lama Compaq CQ41-110AU tewas, ada deadline dan budget mepet akhirnya cuma dapet ini laptop.
      Aku ga pernah pakai PHPStorm, dan bahkan aku baru denger ada yang macam ini.
      Aku develop cuma pakai XAMP sama Notepad++ 🙂
      So far, lancar-lancar aja…

  14. BanceT:

    gan, mau tanya, prosesor asus x452e bisa di upgrade gak ya?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.