Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows 7

Tidak banyak yang tahu bahwa ada fitur Sleep dan Hibernate pada Windows 7. Sleep memiliki arti tidur dalam bahasa Indonesia. Demikian pula dengan hibernate, artinya tidur panjang. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Posisi menu Sleep dan Hibernate di Windows 7

Posisi menu Sleep dan Hibernate di Windows 7

Tentu ada perbedaan yang cukup mendasar diantara kedua fitur ini. Perbedaan ini melibatkan media penggunaan daya listrik, media penyimpanan data dan waktu pengaktifan kembali. Berikut adalah penjelasan detail mengenai masing-masing fitur.

Sleep Mode pada Windows 7

Sleep mode adalah fitur menghemat listrik yang digunakan jika ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Ketika sebuah komputer memasuki Sleep mode, maka komputer anda akan berhenti memproses data. Data aktivitas komputer disimpan di dalam memori, untuk digunakan lagi jika anda membutuhkan.

Setelah itu komputer menurunkan penggunaan daya seminimal mungkin, hanya pada bagian kritis seperti memori dan prosesor saja. Itulah sebabnya pada saat dalam kondisi sleep, monitor anda akan gelap. Dalam kondisi ini, sebenarnya komputer anda masih “hidup”. Ini dapat dilihat pada beberapa komputer, indikator powernya masih menyala atau berkedip.

Hibernate Mode pada Windows 7

Hibernate mode adalah fitur penghemat listrik yang desain utamanya untuk laptop/notebook. Jika anda ingin menghidupkan komputer dengan posisi seperti saat anda mematikannya, hibernate adalah pilihannya. Ketika sebuah komputer memasuki mode sleep, maka data aktivitas komputer akan ditulis ke harddisk, bukan hanya di memori seperti sleep mode.

Setelah itu komputer akan benar-benar mematikan dirinya, sama persis seperti shutdown. Ini berarti tidak ada penggunaan daya listrik sama sekali. Untuk komputer PC, anda bebas untuk mematikan daya yang menghubungkan ke komputer anda. Hal ini dapat dilihat dari indikator power yang tidak menyala sama sekali.

Perbedaan signifikan pada Sleep dan Hibernate

Perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua fitur diatas adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat komputer bisa dipakai kembali. Sleep hanya membutuhkan 5-10 detik untuk komputer bisa bekerja kembali, sedangkan hibernate membutuhkan waktu yang lebih lama. Waktu yang dibutuhkan oleh hibernate sama seperti saat anda booting pertama kali.

Pada Windows 7, secara default yang aktif adalah sleep mode. Jadi ketika anda meninggalkan komputer dalam waktu tertentu (sekitar 15 menit), komputer anda akan memasuki sleep mode. Khusus pada notebook/laptop bisa berubah mode secara otomatis dari sleep ke hibernate, jika daya listrik baterai anda berada pada level kritis.

Kehilangan daya listrik pada saat komputer berada pada mode sleep dapat membuat data aktivitas hilang. Oleh karena itu ada fitur hybrid sleep, yakni paduan dari sleep dan hibernate. Fitur ini hanya ada di PC, ketika sleep digunakan, maka sebenarnya yang terjadi adalah hybrid sleep. Hal ini mengurangi kemungkinan kehilangan data aktivitas anda.

Kalimat yang berkaitan

hibernate adalah. arti hibernate. apa itu hibernate. perbedaan sleep dan hibernate. hibernate adalah kondisi diMAna komputer. hibernate artinya. perbedaan hibernate dan sleep. https://hanyalewat com/2013566-perbedaan-sleep-dan-hibernate-pada-windows-7. hibernate pada laptop. fungsi hibernate. hibernate laptop. maksud hibernate. Arti Hibernating. beda sleep dan hibernate. arti dari hibernate. arti hibernate pada laptop. arti kata hibernate. Apa arti hibernate. arti hibernate di laptop. apa itu hibernate pada laptop. pengertian hibernate. hibernate komputer adalah. hibernate. hibernasi pada laptop. apa itu hibernate di laptop. hibernate arti. fungsi hibernate windows. arti hibernasi pada komputer. maksud hibernating. hibernate pada laptop adalah. hibernate itu apa. beda hibernate dan sleep. hibernate komputer. Fungsi hibernate di laptop. fungsi hibernate pada laptop. fungsi hibernate laptop. hibernate adalah kondisi di mana komputer. arti hybernate. Hibernasi laptop. apa itu hibernate pada komputer. pengertian sleep. arti hibernating pada laptop. mode sleep pada laptop. perbedaan sleep dengan hibernate. arti hibernasi pada laptop. Arti kata hibernating. hibernating pada laptop. hibernate artinya bahasa indonesia. arti hibernate laptop. Arti hibernet. arti hibernate pada pc. pengertian hibernate windows 7. pengertian hibernate dan sleep. hibernate apa itu. hybernate adalah. arti dari hibernating adalah. hibernate pa. Arti indonesia hibernate mode. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 15 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. tutorial89:

    kalau saya biasanya cuma ditutup doang netbooknya, kalau besok tinggal buka, kalau kaya gitu termasuk slep apa hiber yah?

    • Iwan Restiono:

      Tergantung, coba lihat lampunya. Kalo kedip2 berarti sleep. Kalo mati total seperti shutdown, berarti hibernate.

  2. dapid:

    baru tahu perbedaannya saya mas, soalnya sering ninggalin laptop tapi pas mau dihidupin kembali ternyata posisinya hibernate.

  3. dwi intan:

    q pernah menutup leptop saya itukan sleep yah tp terlalu lama ka apa ada ngaruhnya

    • Iwan Restiono:

      Saat komputer dalam keadaan sleep lalu baterainya habis, maka dia akan shutdown sendiri, tidak perlu khawatir.

  4. asianbrilliant:

    Sangat membantu sekali artikelnya 🙂

  5. blogpoin:

    kalau saya sering saya hibernate gan? soalnya males loading lagi lemot kalau di shutdown

  6. Natsu Yuki:

    ketika laptop saya di shutdown hari ini, dan esoknya saya buka layarnya itu langsung hidup itu kenapa ya???
    terimakasih

  7. WPBaliweb:

    Terima kasih sudah lama pegang komputer tiba tiba bukan sleep jadi bingung.
    dengan adanya penjelasan ini saya sangat terbantu sekali.
    Terima kasih sudah menulis ini dan membagikannya.
    Semoga selalu diberkati.

  8. Agha ranindra ismaya:

    Anda tidak perlu khawatir karena tombol di laptop akan dijelaskan

  9. Agha ranindra ismaya:

    Jangan khawatir karena aku benar- benar mengasih tahu tentang tombol tombol dilaptop san komputer khususnya pada notebook/xp dan yang lainnya

  10. gumilar setya brata:

    Selama ini aku hanya tahu shutdown,log off dan restart tapi ternyata ada sleep dan hibernate

  11. Labet Gresik:

    kenapa ya padahal aku setting kye tanpa sleep tapi kok tetap sleep, kye akibatnya download aku jadi kye gagal terus.
    terimakasih penjelasan seputar sleep.

  12. Loyenk:

    Maaf mau tanya, lampu indikator laptop saya itu kalau saya mode sleep warnanya jadi kuning dan berkedip, tp kalau sedang aktif jadi biru, nah yang ingin saya tanyakan, ketitka saya biarkan beberapa menit layar mati tapi indikator tetap biru dan ketika saya ingin memakainya lagi dengan mengeklik kiri ternyata tidak mau nyala, saya coba mencet” di keyboard tidak maunyala juga. Ini terjadi setelah win 10 di laptop rusak bluescreen dan akirnya saya install ulang win 10 dari flashdisk, sebelumnya laptop saya juga pakai win 10 tapi tidak begini. Sebenarnya apa yang terjadi di laptop saya.. mohon penjelasannya. Terimakasih.

  13. Wahyu:

    mohon dikoreksi
    berarti saat hibernate mode = data dismpan dihardisk , jadinya gak hilang, makanya pas dihidupin dia masih ada.
    kalo shutdown dia hapus datanya
    kalo sleep dia cuma simpen di meemory sleep mode, jadi bakal ilang datanya kalo dimatiin.
    begitu ya?
    soalnya saya dapet pertanyaan ” aplikasi di komputer disimpen di ram, ram itu butuh aliran listrik untuk nyimpen karna bersidat valtile, kenapa saat hibernate mode, datanyanya gak hilang?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.