Apakah Debu Dapat Merusak Komputer?

Selama satu tahun penuh, umumnya komputer hidup selama ribuan jam. Jika dalam 1 hari hidup 4 jam saja, sudah sekitar 1500 jam dalam satu tahun. Umumnya PC atau laptop yang dilengkapi kipas yang mensirkulasikan udara pasti akan menarik udara kotor.

Debu Merusak Komputer

Sistem kipas yang menarik udara panas dari dalam komputer atau menarik udara dingin dari luar sebenarnya sama saja, tetap menarik debu ke dalam. Bedanya adalah yang kipas menarik udara panas dari dalam, akan menarik debu dari lubang ventilasi lain, karena pada akhirnya udara yang disedot keluar harus ada penggantinya. Sedangkan untuk yang menarik udara, sudah jelas asal debu-nya dari situ. Lalu, benarkah debu menyebabkan komputer menjadi rusak?

Debu yang “sehat” tidak merusak komputer

Maksudnya debu yang sehat adalah debu yang ketika kita menghirupnya dalam jumlah yang normal, tidak terjadi apa-apa. Ya misalnya seperti debu dalam rumah, kantor atau dimanapun yang dihuni oleh manusia. Properti debu ini sebenarnya ya tanah saja, jadi tidak akan menghantarkan listrik dan menyebabkan korsleting pada komputer. Lain cerita jika debu-nya mengandung material yang korosif dan konduktif, bisa merusak komputer. Namun dalam kehidupan normal sehari-hari, ini tidak mungkin, karena jika ada debu yang seperti itu di rumah atau kantor kalian, maka yang rusak pertama bukanlah komputer, namun paru-paru orang yang ada di situ. 🙂

Debu pada umumnya hanya akan menumpuk di komponen komputer dan menghalangi pelepasan panas. Nah, panas yang berlebih inilah yang akan merusak komputer kalian. Jika komputer kalian ada di tempat ber-AC atau suhunya relatif lebih rendah, mungkin akan bertahan dan tidak rusak. Lain ceritanya jika tempatnya saja sudah panas, kipas sirkulasinya juga rusak, maka ini akan mempercepat kerusakan yang disebabkan oleh panas berlebih. Jadi penyebab rusak itu sebenarnya panas yang belebihan, bukan debu-nya.

Perubahan suhu ekstrim pada komputer berdebu

Kasus yang ini sebenarnya jarang terjadi, yakni kondensasi di dalam komputer. Pada suhu ekstrem, misalnya dibawah 10 derajat celsius, debu yang menumpuk pada komputer akan mengalami penurunan suhu. Jika dalam waktu yang singkat komputer dibawa ke tempat yang suhunya lebih tinggi dan memiliki kelembaban tinggi, maka akan terjadi pengembunan/kondensasi di dalam komputer tersebut. Bercampurnya debu dan air, menyebabkan terciptanya material konduktif. Jika mengalami hal ini, jangan dulu hidupkan komputer. Tunggu hingga kering dan bersihkan semuanya. Setelah bersih, baru komputer bisa dihidupkan kembali.

Cara lainnya adalah membungkus komputer dengan plastik saat dikeluarkan dari lingkungan yang bersuhu rendah. Bungkus plastik dengan rapat sampai suhu komputer sama dengan ruangan yang baru, amannya biarkan beberapa jam. Hal ini mencegah terjadinya kondensasi di dalam komputer anda. Setelah itu anda bisa membuka bungkusnya, lalu membersihkan bagian dalam komputer anda dengan cara-cara yang direkomendasikan.

Intinya adalah, YA, debu memang bisa menyebabkan kerusakan pada komputer kalian, namun tidak secara langsung. Untuk itu lebih baik jika kalian secara reguler membersihkan komputer, baik PC atau laptop. Kapan saatnya komputer atau laptop dibersihkan? Saat kipas prosesor menjadi lebih kencang suaranya daripada biasanya. Ini artinya heatsink sudah menurun efektifitas pendinginannya karena debu yang menumpuk.

Artikel ini diterbitkan pada

Penulis ini adalah penulis hantu. Keberadaannya hanya admin yang tahu. Tulisan yang dibuat oleh penulis ini bukan buatan dua penulis Hanya Lewat. Pada umumnya artikel berupa iklan atau sesuatu yang aneh dan diluar kebiasaan. Jika ingin mencaci maki, silahkan dikirim ke ghost@hanyalewat.com, supaya anda puas.

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Temp mail:

    I enjoyed it just as much as you will be able to accomplish here. You should be apprehensive about providing the following, but the sketch is lovely and the writing is stylish; yet, you should definitely return back as you will be doing this walk so frequently.

  2. is Gluco Relief legit:

    Good post! We will be linking to this particularly great post on our site. Keep up the great writing

  3. puravive:

    I do believe all the ideas youve presented for your post They are really convincing and will certainly work Nonetheless the posts are too short for novices May just you please lengthen them a little from subsequent time Thanks for the post

  4. fitspresso reviews:

    Excellent blog here Also your website loads up very fast What web host are you using Can I get your affiliate link to your host I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  5. vpn 2024:

    An intriguing discussion is definitely worth comment.

    I think that you ought to write more on this subject
    matter, it may not be a taboo matter but typically folks don’t speak about such
    issues. To the next! Cheers!!

    Visit my web site vpn 2024

  6. vpn special code:

    Yes! Finally someone writes about vpn special code special coupon code 2024.

  7. vpn coupon code 2024:

    excellent points altogether, you just received a logo new reader.
    What would you recommend about your submit
    that you made some days ago? Any positive?

    Feel free to visit my website vpn coupon code 2024

  8. vpn special code:

    Hey there, You’ve done a great job. I will definitely digg it and personally
    recommend to my friends. I am confident they
    will be benefited from this site.

    Also visit my web-site – vpn special code

  9. vpn special coupon code 2024:

    I would like to thank you for the efforts you’ve put in penning this blog.
    I am hoping to view the same high-grade blog posts from you in the future
    as well. In fact, your creative writing abilities has inspired me to get my own,
    personal blog now 😉

    My website; vpn special coupon code 2024

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.