Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Mengganti Nama Komputer Windows 10

Secara umum, saat kita melakukan instalasi Windows 10 di komputer, baik PC maupun laptop, tidak diminta untuk menuliskan nama komputer. Sebagian besar pengguna tidak akan mengalami masalah dengan ini. Bagi pengguna yang dalam jaringan internal, akan mengalami kebingungan. Nama-nama komputernya menjadi random, misalnya DESKTOP-XFXDFF, membuatnya sulit untuk dikenali ini komputer yang mana. Bahkan kita juga tidak tahu nama komputer kita sendiri.

Mengubah nama komputer di Windows 10

Sebenarnya tidak sulit untuk mengubah nama komputer di Windows 10. Hanya butuh beberapa detik, maksimal 1 menit-lah. Untuk mengubah nama komputer di Windows 10, ini dia yang perlu dilakukan:

1. Klik kanan pada start menu (logo Windows di kiri bawah), lalu pilih Sistem.

Jika Windows kamu masih bahasa inggris, klik kanan start menu lalu pilih System. Yang terbuka otomatis adalah Tentang/About. Jika belum terbuka seperti gambar diatas, scroll pada menu di sebelah kiri, lalu pilih Tentang atau About di bagian paling bawah.

2. Klik Ubah nama PC ini / Rename this PC
Setelah klik pada tombol tersebut, akan muncul popup seperti ini.

Tuliskan nama PC anda yang baru di kolom yang sudah disediakan. Setelah itu klik pada tombol Berikutnya / Next.

3. Restart PC anda
Jika muncul popup seperti ini:

Maka nama komputer anda sudah siap diganti, tetapi komputer harus di-restart dulu. Silahkan pilih salah satu tombol diatas sesuai dengan keadaan yang pas untuk anda. Jika masih ingin menggunakan komputernya, tidak masalah, anda bisa memilih “Hidupkan ulang nanti” / “Restart later”. Komputer tetap akan bekerja normal, tidak ada masalah. Hanya saja nama baru efektif berganti setelah dilakukan restart.

Nah, demikian cara mengganti nama komputer di Windows 10. Apakah ada yang kurang jelas?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.