Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Mengatasi Windows 10 yang Mengalami Freezing

Terhitung sudah beberapa waktu yang lalu saya menggunakan Windows 10 yang saya upgrade dari Windows 8.1 Pro yang saya dapatkan gratis dari teman.

Pada awalnya saya menyesal telah melakukan upgrade ke Windows 10 karena secara random Windows 10 saya mengalami hang/freezing. Dalam waktu yang acak, sebuah program (utamanya browser) akan membeku/freezing, tidak respon terhadap klik atau input dari keyboard. Lampu indikator harddisk menyala, tanda semacam sedang membaca sesuatu.

Tetapi anehnya, saya masih bisa membuka Task Manager dan melihat bahwa pemakaian harddisk tidak ada. Setelah beberapa saat, aplikasi yang tadinya membeku menjadi normal kembali. Saya mencermati bahwa setiap kali terjadi seperti itu, Active Time pada harddisk menjadi 0 tetapi Disk Usage-nya 100%. Tentu saja ini tidak seharusnya terjadi. Disk Usage dan Active Time harusnya koheren karena mereka itu sepasang kekasih.

Googling & stalking forum Windows 10

Seperti biasa, saya selalu mencari solusinya di Google. Saat itu (mungkin beberapa bulan lalu), saya tidak menemukannya. Tetapi saya tidak menyerah, lalu melakukan revert back ke Windows 8.1 Pro, dimana fitur ini terdapat pada Windows 10 hasil upgrade. Ini karena saya melihat bahwa saya bukan satu-satunya orang yang mengalami hal ini.

Ada kesamaan dari semua posting di forum-forum, yakni semua yang mengalaminya menggunakan SSD. Lebih spesifiknya adalah SSD dengan merek yang tidak telalu terkenal. Nah, kebetulan penyimpanan sistem saya menggunakan SSD yang hanya berukuran 32 GB. SSD ini saya beli dari e-Bay kira-kira setahun lalu. Saya pun bertahan dengan harapan Microsoft akan memberikan patch atau solusinya bisa datang dari orang-orang di forum.

Solusi datang di kemudian hari

Selama beberapa bulan, saya terus melakukan update. Harapan saya adalah Microsoft telah melakukan patch. Namun tetap tidak ada perbedaan. Beberapa hari lalu saya coba browsing lagi, siapa tahu sudah ada orang yang telah memecahkan masalah ini. Saya menemukan sebuah artikel di forum Superuser ini. Solusi ini tampaknya menjanjikan. Saya pun menelusuri tautan yang diberikan dan sampailah saya pada halaman Support Microsot.

Jika familiar dengan bahasa Inggris, silahkan buka link diatas untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki Windows 10 anda supaya tidak hang/freezing lagi. Namun jika kamu tidak familiar dengan bahasa Inggris, berikut adalah yang saya lakukan dan ternyata berhasil:

Buka Device Manager, cara cepatnya adalah klik kanan pada tombol Start, lalu klik Device Manager. Kamu pasti tahu dimana tombol Start, kan?

Device Manager

Klik kiri pada IDE ATA/ATAPI Controllers, lalu akan muncul Standard SATA AHCI Controller. Klik kanan lalu pilih Properties (1). Klik pada tab Details, lalu pilih Device instance path (2) pada menu dropdown. Klik kanan pada nilai lalu pilih Copy (3). Buka Notepad dan Paste data tersebut karena akan digunakan nantinya.

Setelah itu buka Registry Editor. Klik pada Search (tanda loop di sebelah start) lalu ketik Regedit. Setelah muncul, klik kanan dan Run as Administrator. Setelah itu navigasikan ke folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Enum\<AHCI Controller>\Device Parameters\Interrupt Management\MessageSignaledInterruptProperties

Silahkan ganti <AHCI Controller> dengan data yang didapat dari Driver Details tadi. Sesuaikan dengan data yang itu, pastikan kamu berada di folder yang sesuai. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Registry Editor MSI Support

Setelah itu klik pada value MSISupported lalu ganti menjadi 0. Klik OK, tutup Registry Editor dan silahkan restart PC/Laptop kamu. Dan VOILA! Komputer Windows 10 kamu tidak akan lag atau freezing lagi. Problem solved! Setidaknya begitu kejadiannya di laptop saya. Selamat mencoba!

Kalimat yang berkaitan

cara atasi crash window 10. windows suka monitor freezing. windows 10 sering stak. windows 10 pro for workstations freeze. windows 10 freeze saat buka chrome 2019. sebab windows 10 frezze. sebab windows 10 freezing. penyebab pc lag windows 10. mengatasi windows 10 hang lalu hitam. lamtop sering mati setelah install window 10. excel 2013 di win10 sering nge lack. cara mengetahui data yang crash windows 10. windows terkancing. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 11 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. luthfi:

    Di laptop saya tidak ada AHCI Controller. bagaimana solusinya?

    • Ismail:

      Coba baca baik-baik langkah pertamaa mas, ganti dengan data yang didapat dari Driver Details tadi

  2. rizal fatahillah:

    cara mematikan update otomatis di windows 10 gimana ya gan

  3. farhan:

    bang btw masih tetep disk nya 100% padahal baru startup bgt, laptop jd cepet panas

  4. Yudhies:

    Thanks gan infonya,

  5. wali:

    gan knp ketika di restart and update lalu laptop gabisa masuk ya, diagnosing your pc terus, automatic repair, sampe akhirnya pilih di restore kemudian baru bisa masuk, tpi MSISupported jadi 1 lagi, begitu terus berulang2

  6. dina:

    it works!! makasih bgt, berasa laptop jd sedikit lebih cepet (baca: gak lemot), bisa lgsg klik sana sini tanpa nunggu freeze bbrp detik dulu. asli dah makasih bgt, mas

  7. Ehan:

    Beda versi OS beda masalah, beda jg caranya, kita gk tau yg di pake blogger versi yg mana, dan hasil di lapto gw sih gk ngaruh, gw pak asus a442ur

  8. hendra:

    Mas,saya juga user windows 10,
    tetapi device saya adalah PC bukan laptop,
    setiap saya memutar youtube atau memutar video di media player classic atau vlc.
    seketika itu kursor akan nge freeze, tidak bisa diapa apain kecuali hard shut down. (tekan tombol power lama)

    mohon sarannya

  9. Rizal Muhrimi:

    Makasih bangett loh untuk Penulis nyaa,, yg telahh berbaik hati membagi tips yg sangat berguna…
    Sya jujur baru kena problem/case seperti ini akibat microsoft mengeluarkan update terbaru pda Win10 dan kebetulan sya pakai SSD,,, sehingga timbul error “Freezing/Hang”

    Btw sya komen ditahun 2019? thx y

  10. Putra:

    Mau tanya kmren saya setelah upgrade mnambhkan ssd , setelah ssd sudah terpasang laptop bootingnya cepet normal tapi setelah beberapa menit dipakai semisal 5 mnt trjadi lag atau macet” seperti lemot cursor mouse pun juga ikut melambat selama beberapa detik kurang lebih 20 detik dan itu terus brlanjut ada solusi?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.