Cara Aman Rooting Lenovo A706 Armani

Android kalo tidak di-root rasanya kurang afdol. Apalagi Lenovo A706 Armani yang spesifikasinya sangat menarik. Lalu, bagaimana cara rooting A706 yang aman?

Ponsel saya ya seperti ini, ga bisa motret diri sendiri. Credit: vienthonga.vn

Ponsel saya ya seperti ini, ga bisa motret diri sendiri. Credit: vienthonga.vn


Tutorial cara rooting ini memang dimaksudkan untuk

Cara rooting Lenovo A706

Tutorial ini saya dapatkan dari agan Grapseed di Kaskus, namun saya telah mencobanya sendiri. Kebetulan cara yang dibagikan ini sesuai dengan firmware saya yang sudah versi S120. Versi S118 keatas tidak bisa diinstall CWM, tetapi ada satu cara untuk mengakalinya.

Yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Saya sarankan adalah Windows 7 atau Windows 8. Diluar itu saya belum mencoba.
  • Mengerti cara menggunakan command prompt Windows.
  • Kabel data USB, pasti sudah ada bersama paket pembelian Lenovo A706.

Setelah hal-hal diatas dipenuhi, download paket perlengkapan untuk rooting A706 di sini: Rooting Lenovo A706 Armani.

Paket ini sudah saya modifikasi lokasi dan bentuknya dari aslinya milik agan Grapeseed. Paket berupa ADB dan file untuk rooting. Setelah download, extract di folder kosong. Anda akan menemukan satu folder bernama adb dan sebuah file zip.

Yak, mulai rooting Lenovo A706!

Saya asumsikan anda sudah bisa menggunakan Lenovo A706 dengan komputer. Driver Lenovo A706 sudah ada bersama handset ini. Saat anda pertama kali menyambungkan handset ini dengan komputer, akan ada drive baru yang isinya driver Lenovo. Klik saja pada file LeDrivers.msi dan ikuti langkah-langkahnya.

A706 USB - Courtesy: Grapeseed (Kaskus).

A706 USB – Courtesy: Grapeseed (Kaskus).

Setelah driver terinstall, berarti anda sudah bisa menggunakannya. Di layar Lenovo A706 anda akan tampil seperti gambar disamping. Pastikan anda mencentang “USB Debugging”. Klik “Turn on USB Storage”. Setelah storage terdeteksi sebagai drive di komputer anda, salin file CWM-SuperSU-v0.94.zip ke internal storage anda, jangan microSD ya.

Setelah selesai menyalin file tersebut, matikan USB storage, maka anda berada dalam USB Debug mode. Buka folder adb dari paket tadi, lalu di tempat kosong tekan SHIFT+KLIK KANAN MOUSE dan pilih “Open command window here”. Akan terbuka command prompt windows yang siap anda gunakan.

Ketik perintah: adb devices

Jika dibawah tulisan “List of devices attached” tidak kosong, maka itu adalah Lenovo A706 anda. Berarti Lenovo A706 anda sudah terkoneksi dan siap menerima perintah selanjutnya.

Ketik lagi perintah: adb reboot bootloader

Setelah anda tekan ENTER, akan ada proses beberapa detik. Lalu A706 anda akan reboot dan berhenti pada logo Lenovo. Jangan panik, itu normal. Jika anda baru pertama kali melakukan ini, Windows akan menginstall lagi drivernya, mungkin 2-5 menit.

Setelah Windows menyatakan instalasi berhasil, ketikkan perintah: fastboot devices hingga muncul hal yang sama seperti saat anda mengentikkan perintah “adb devices”. Jika semua sudah sukses, lalu ketikkan perintah dibawah ini:

fastboot boot recovery.img

Lenovo A706 anda akan masuk ke mode recovery menggunakan CWM sebagai antarmukanya. Sampai disini penggunaan komputer sudah tidak diperlukan lagi, anda bisa melepas kabel data dan mengambil handset anda supaya lebih mudah mengoperasikannya.

Update paket rooting Lenovo A706

Masih ingat dengan file CWM-SuperSU-v0.94.zip yang tadi dikopi ke internal storage Lenovo A706 anda? Nah, itulah dia tugas anda sekarang. Sebagai informasi, untuk CWM tidak bisa menggunakan touchscreen, kontrol naik turun menggunakan tombol volume +/- dan untuk memilih menggunakan tombol power. Jika saat menekan tombol volume +/- layar bergerak-gerak, jangan khawatir handset anda rusak, memang dari sana begitu. 🙂

Cara installnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu “Install zip from sdcard”.
  • Pilih menu “Choose zip from sdcard”.
  • Cari file CWM-SuperSU-v0.94.zip dan pilih.
  • Confirm instalasi, pilih yang ada “Yes”. Ada banyak No-nya, untuk menghindari kesalahan.

Setelah itu proses flashing akan berjalan. Flashing ini tidak lama, kurang dari 30 detik kok. Saat selesai, maka akan kembali ke menu CWM. Pilih menu paling atas untuk reboot handset anda. Sesaat sebelum reboot, akan muncul peringatan yang yang pada intinya bilang bahwa saat reboot recovery akan kembali ke stock. Pilih saja no untuk tidak menginstall recovery ke ROM anda.

Setelah reboot lalu masuk ke sistem, A706 seharusnya berjalan lancar dan normal. Buka drawer anda dan cek program “SuperSU”. Jika ada, maka proses rooting berjalan sukses. Jangan lupa untuk mengupdate program SuperSU lewat Google Play. Hal wajib selanjutnya adalah install busybox. Setelah itu, silahkan anda berkreasi sesuai dengan keinginan anda. 🙂

Ingat, handset yang di-root, garansinya batal lho. Jadi, lakukan ini semua dengan resiko anda sendiri. Saya tidak memberikan jaminan apapun. Take it or leave it. Selamat mencoba! 🙂

Kalimat yang berkaitan

cara root lenovo a706 row. lenovo a706. root lenovo a706 row. root lenovo a706 framaroot. How to root android Lenovo Lenovo A706_ROW. root a706. root hp lenovo a706. cara ngeroot hp lenovo a706. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 11 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Stephanus Christiono:

    Wah, info bagus nech om.. bisa buat referensi.. ane baru coba rooting pake framaroot soalnya.. hehe

  2. adam:

    Gan, mau tanya setiap download dr play store selalu muncul “Penyimpanan yg tersedia tidak memadai” dan aplikasi tdk terpasang, tolong pencerahan

    • Iwan Restiono:

      Sudah root kan ponselnya?
      Install Root Explorer gan, buka /system/preload
      Hapus semua file apk didalamnya. Itu ga berguna.
      Kedua, install Titanium Backup atau aplikasi cleaner untuk membersihkan cache. Ketiga, reset BBM dan Facebook. Biasanya makan banyak data tuh gan. Khusus BBM, jangan lupa loginnya ya gan. Ga akan ilang kontak kalo tahu loginnya.

  3. Eka prayidianingsih:

    Sy mau meng Clear chat gmn caranya? Tp bukan menggunakan end chat ato chat ended. Mksh

  4. ardy:

    gan knapa setelah d root dengan frama root kamera jadi tidak berfungsi??mohon bantuanya

  5. akbar:

    Kak, linknya mati buat download apk root nya

    • Iwan Restiono:

      Oke, sudah saya perbaiki link-nya.
      Silahkan dicoba lagi.
      Terima kasih atas laporannya.

  6. Nana:

    kak, kok saya waktu ngetik adb devicesnya dibawah tulisan “List of devices attached” masih kosong terus? kenapa ya kak?

    • Iwan Restiono:

      Itu artinya ponsel kamu belum terdeteksi. Coba cek di layar ponselmu, ada logo kabel bercabang di notification bar apa ndak? Cek juga apa driver untuk Lenovo A706 sudah terinstall di komputer kamu.

  7. kaka marhaendra:

    mau tanya mas… kenapa hp Lenovo a706 saya tdk bisa menghidupkan akses lokasi secara permanen… setiap saya setting on trus saya keluar dari pengaturan pasti langsung off sendiri… begitu seterusnya… makasih sebelumnya…

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.