Ganti ROM Lenovo A706 Armani ke LeWa OS

Ketidakpuasan akan performa MIUI mendorong saya untuk mencoba menggunakan Lewa OS. Mengenai performa ROM MIUI bagian mana yang membuat saya tidak puas sudah saya ungkapkan di artikel sebelumnya tentang kekurangan MIUI v5 untuk Lenovo A706.

Screenshot Lewa OS

Screenshot Lewa OS

LeWa OS adalah sistem operasi Android berbasis Android Open Source Project (AOSP) buatan China. LeWa OS pertama kali dikembangkan oleh LeWa Technlogies untuk mengisi ponsel murah seharga 1000 remimbi ($126). Lewa juga merupakan OS Android pertama yang mendukung dual SIM standby. Menurut komentar-komentar yang ada, LeWA OS ini cukup irit dalam penggunaan tenaga alias hemat baterai.

Cara ganti ROM Lenovo A706 ke LeWa OS

Sebenarnya agak aneh juga kalau saya harus mengulasnya lagi dari awal. Pada prinsipnya mengganti ROM ini caranya sama persis dengan mengganti ROM MIUI. Saya sarankan menggunakan metode loading CWM recovery menggunakan fastboot seperti saat rooting. Langkah-langkahnya sebegai berikut:

  • Download ROM LeWa OS disini: http://go.hanyalewat.science/6562006/lewa-os-a706.zip
  • Download paket root agan Grapeseed disini: http://go.hanyalewat.science/6562006/root-a706.zip. Sebenarnya kita hanya perlu ADB nya saja.
  • Beralih ke Lenovo A706 anda, buka Settings -> Developer Options. Aktifkan USB debugging.
  • Koneksikan Lenovo A706 anda dengan komputer menggunakan kabel USB. Jangan aktifkan USB storage dan install driver yang diminta. Jika tidak nemu drivernya, lihat di paket root dari agan Grapeseed, ada driver Lenovo A706 disana.
  • Aktifkan USB Storage lalu copy ROM LeWa ke internal storage. Ingat ya, internal, bukan microSD. Setelah itu matikan USB storage.
  • Saya asumsikan file paket root agan Grapeseed sudah anda ekstrak. Masuk ke folder adb, tekan SHIFT lalu klik kanan. Pilih menu “Open command window here” atau yang bunyinya sama dengan itu.
  • Setelah itu ketik adb devices. Jika ada satu baris diawali dengan “MSM” maka Lenovo anda sudah terinstall. Jika belum ada, ulangi langkah instalasi driver.
  • Setelah itu ketik adb reboot bootloader maka Lenovo A706 anda akan mati lalu hidup kembali dan berhenti pada logo Lenovo.
  • Masih di command prompt, ketik fastboot boot recovery.img. Jika tidak ada error, maka dalam 5 detik ponsel anda akan masuk ke CWM Recovery.

Pada bagian ini, anda bisa melepas kabel USB yang menghubungkan Lenovo A706 anda dengan komputer. Namun akan lebih aman jika anda tetap menghubungkan kabel USB tersebut, apalagi jika anda tidak tahu pasti berapa sisa kapasitas baterai anda.

Flashing ROM Lewa OS ke Lenovo A706

Nah, setelah anda sampai pada tahap diatas, sudah saatnya bagi anda untuk melakukan flashing file ROM LeWa OS. Masih ingat kan saya menginstruksikan file ROM LeWa OS dimasukkan kemana? Yak! Internal storage. Maka dari itu begini langkah selanjutnya:

  • Di layar CWM Recovery, gunakan tombol volume UP dan volume DOWN untuk berpindah menu dan tombol POWER untuk memilih, layar akan sedikit bergoyang ke kiri dan ke kanan, namun masih bisa dibaca.
  • Pilih “Wipe Cache”, setelah itu “Wipe Data (factory reset)”. Pastikan anda sudah backup semua aplikasi dan data-data anda sebelumnya
  • Pilih menu “Install zip from sdcard” lalu pilih “Choose zip from sdcard” untuk memilih file ROM LeWa OS.
  • Pastikan anda memilih file ZIP yang anda dapatkan dari download ROM LeWa diatas. Confirm instalasi, pilih yang ada “Yes”. Memang ada banyak “No”, untuk menghindari kesalahan, memastikan anda memilih yang benar.

Setelah itu proses flashing akan dimulai. Layar akan bergoyang kiri kanan dengan cepat, tunggu sampai instalasi selesai yang ditandai dengan kembali ke layar menu CWM. Setelah masuk menu kembali, lakukan “Wipe Cache” dan “Wipe Data” lalu reboot device anda.

Mengubah bahasa LeWa OS ke English

Setelah reboot, Lenovo A706 anda akan mendapatkan tampilan yang benar-benar baru. Anda pasti kebingungan karena antarmukanya menggunakan bahasa Tiongkok. Tidak perlu khawatir, coba cermati gambar dibawah ini:

Cara ganti bahasa LeWa OS

Cara ganti bahasa LeWa OS


Diatas adalah tiga bagian capture yang saya jadikan satu. Sebelum sampai pada gambar yang paling kiri, tekan tombol Menu (tombol paling kiri di bagian depan). Setelah keluar pilihan, tap menu yang paling bawah. Anda akan masuk ke gambar paling kiri. Scroll ke bawah, cari yang ada icon A-Z seperti bagian yang dikotak dalam gambar, lalu tap saja. Setelah itu tap menu paling atas, sesuai gambar di tengah. Nah, selanjutnya anda tinggal tap saja yang bertuliskan “English”. Selesai! Selamat mencoba LeWa OS di Lenovo A706 anda!

Kalimat yang berkaitan

lewa os. Cara custom rom Lenovo a706. os lenovo a706. go hanyalewat science. ganti os android di lenovo. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. David Krisnadi:

    Good rom os, berhasil jalan mulus di lenovo A706 saya, tapi ada sedikit kendala di saat mau flashing karena sempat freeze saat boot, solusinya adalah wipe data lewat CWM recovery jika masalah tersebut terjadi. Nice rom!

  2. Rizaldi:

    makasih gannnn lenovo a706 saya sukses jadi lewa nya walaupun aga gugup takut gagal tapi jika udah selesai wow makasih banyak gann

  3. Agan Dilpin:

    rom yang sangat bagus. dan stabil menurut ane. hanya kekurangannya masi odex belum bisa instal Dolby.

    berdasar dari rom yang ane download di sini, ane mencari rom yang lebih baru. ketemu lewa OS 5.1 update 030814. by anonim klo g salah. ahirnya bisa instal Dolby.

    ane tunggu update rom yang baru gan.

    • Yuira:

      Maaf, mohon penjelasannya…
      di point :
      Aktifkan USB Storage lalu copy ROM LeWa ke internal storage. Ingat ya, internal, bukan microSD. Setelah itu matikan USB storage.

      Nah, kebetulan storage sedang saya switch ke SD card… gimana? tetep di built-in internal storagenya atau harus ke SD?
      thanks

      • Iwan Restiono:

        Meskipun di-swap, ya tetep dicopy ke storage built in.
        Karena nantinya pas jalankan CWM, swap storage yang anda setting tidak berlaku. Swap storage (atau yang anda sebut switch) hanya berlaku saat berada di dalam operating system saja.

  4. chin:

    do this custom rom has google app? many tiongkok rom cannot use google apps. thank you.

    • Iwan Restiono:

      You can install google apps using file that i provide from another article.
      But i don’t recommend this ROM anymore. You should join Lenovo A706 Indonesia’s Group on Facebook.
      They have plenty new ROM and tweak. I have no time to play around with my A706 now, so, good luck. 🙂

  5. Tatar:

    gan, linknya gak bisa didownload..

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.