Cara Mengembalikan Stock ROM Lenovo A706

Berhubung saya sudah lelah mengoprek ROM, maka stock ROM Lenovo A706 adalah keputusan terakhir saya. Stock ROM adalah firmware bawaan pabrik saat kita membelinya.

Screenshot Stock ROM Lenovo A706 yang sudah saya tambahkan Ez Weather.

Screenshot Stock ROM Lenovo A706 yang sudah saya tambahkan Ez Weather.

Alasan memilih stock ROM

Selama saya mengubah ROM ke custom ROM Lenovo A706, saya tidak mengalami kepuasan yang maksimal. Ada saja kelemahan yang mendera custom ROM. Mulai dari baterai boros, tidak bisa install dari playstore, kadang error atau user interface sebagian berbahasa Tiongkok yang tidak saya mengerti. Selain itu ada juga yang simpel, seperti HiMax Slim, namun memiliki system UI yang justru lebih ribet dari Stock ROM.

Yah, semua adalah pilihan. Jika custom ROM tidak ada yang memuaskan saya, bukan berarti itu tidak bagus. Mungkin pendapat orang bisa berbeda. Silahkan mencoba dulu, merasakan, baru deh ambil kesimpulan. Mengembalikan Lenovo A706 ke stock ROM sebenarnya juga memiliki tendensi lain, yakni pengen bikin custom ROM berdasarkan stock ROM. Awalnya saya belum kepikiran menulis tutorialnya disini, namun ada salah satu pengunjung yang mengirim email tentang ini, sebut saja namanya Erick.

Cara flashing stock ROM Lenovo A706

Cara untuk melakukan flashing stock ROM ini sangat mudah. Bahkan bisa dikatakan paling mudah dibandingkan cara flashing custom ROM A706. Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa baterai ponsel anda dalam keadaan penuh. Hal ini untuk menjaga supaya kesialan tidak menimpa anda, yakni mati pada saat proses sedang berlangsung.

Setelah anda yakin bahwa baterai ponsel Lenovo A706 anda dalam keadaan penuh, maka anda bisa mulai melakukan flashing stock ROM A706. Caranya sebagai berikut:

  • Download stock ROM versi 20 yang support sdfuse disini: http://go.hanyalewat.science/6562006/stock-rom-a706-sdupdate.zip
  • Sementara menunggu download, anda bisa membackup file-file yang mungkin anda butuhkan. Itu sih jika ponsel Lenovo A706 anda masih bisa masuk sistem. 🙂
  • File hasil download tersebut kurang lebih 534 MB bernama sd-card-update.7z, setelah selesai silahkan ekstrak file menggunakan WinRAR atau 7Zip. Akan didapat file bernama qcom_sdcard_update.qsb di dalam folder bernama rel.
  • Buat folder bernama sdfuse di dalam microSD. Masukkan file qcom_sdcard_update.qsb ke dalamnya. Masukin file-nya bisa langsung via ponsel (jika ponsel masih bisa masuk sistem) atau via card reader. Terserah deh, mana yang bisa anda lakukan. Jangan lupa pasang lagi microSD ke Lenovo A706 anda.
  • Matikan ponsel, cabut baterai sebentar lalu pasang lagi. Setelah itu tekan tombol volume down dan power. Jika sudah terasa hidup, lepaskan tombol power, tapi tahan tombol volume down. Jika keluar layar berwarna hitam dengan tulisan besar-besar, maka anda melakukannya dengan benar dan lepaskan tombol volume down.
  • Gunakan tombol volume down untuk menyorot menu SD Update. Menu yang disorot akan berwarna merah. Jika sudah tersorot, tekan tombol Power. Selanjutnya tekan tombol power sekali lagi untuk mulai upgrade.
  • Letakkan gadget Lenovo A706 anda, biarkan saja sampai selesai. Mungkin anda bisa menunggu sambil berdoa, baca Yasin atau apalah, supaya lancar. Setelah keluar menu lagi, tekan tombol Power dan ponsel anda akan reboot.

Proses reboot ini akan memakan waktu yang cukup lama. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 10-15 menit. Biarkan saja, sabarlah menunggu, jangan diapa-apakan. Jika sudah keluar bootscreen animation Lenovo dan terdengar suara boot yang khas itu, berarti anda sudah sukses mengembalikan stock ROM Lenovo A706. Setelah itu, terserah anda, mau langsung root lewat cara ini, atau diupdate OTA dulu, silahkan. Ada pertanyaan? Silahkan berkomentar.

Kalimat yang berkaitan

Cara flash lenovo a706. Flash lenovo a706. stock rom lenovo a706. lenovo a706 row update. cara flash lenovo a706 tanpa pc. firmware lenovo a706. flashing lenovo a706. cara flashing lenovo a706. cara upgrade lenovo a706. cara flash lenovo a706 via sd card. cara flash lenovo a706 row. cara install ulang lenovo a706. https://hanyalewat com/20142024-cara-mengembalikan-stock-rom-lenovo-a706. flash ulang lenovo a706. stock rom lenovo a706 row. firmware lenovo a706 indonesia. lenovo a706 bootloop. download stock rom lenovo a706 row. cara flash ulang lenovo a706. download rom lenovo a706. download stock rom lenovo a706. cara flas lenovo A706. cara flash hp lenovo a706. A706 program download pabrik. rom lenovo a706 row. cara flash lenovo a706 dengan flashtool. flash lenovo a706 lewat sp flashtool. firmware lenovo a706 row official. lenovo a706 firmware update. cara flash lenovo 706. stok rom lenovo a706. cara instal stock rom. flash a706. stockrom lenovo a706. flash lenovo a706 row. lenovo a706 row firmware. cara flash lenovo a706 via pc. rom asli lenovo a706. download firmware lenovo a706. cara instal ulang lenovo a706. flash lenovo a706 via sd card. rom lenovo a706-row. flasing lenovo a706 tanpa pc. firmware lenovo a706 via sd card. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 35 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Rachmad:

    work gan ,udah ane coba ,thanks,..

  2. ryancahyono:

    thanks juragan

  3. teguh:

    gan ko gg bisa yh setelah saya ikuti cara di atas pas masuk ke droboit trs ke sd updet mlh gg ke baca memorinya
    tolong pencerahanya gan
    thnx

    • Iwan Restiono:

      Lihat langkah ke-empat.
      1. Harus di microSD.
      2. Bikin folder sdfuse di microSD nya.
      3. File qsb nya masukin ke situ.
      Apa sudah semua?

      • teguh:

        udh semua gan tapi tetep aj begitu

        • Iwan Restiono:

          Coba kosongkan microSD nya, format ulang dulu.
          Bikin lagi folder sdfuse dan masukkan file qsb nya kesana.
          file nya qsb ya gan, diekstrak dulu dari file 7z nya.

          • teguh:

            oke gan besok saya coba lgi dh mlm ngantuk
            thnks gan atas informasinya
            sukses selalu gan

  4. MUKHLIS:

    wah jd lum ada custom room yg gADA BUG ny ya gan…

    • Iwan Restiono:

      Sejauh ini belum ada yang bug free. Saya pakai cusrom Himax, bug nya cuma ga bisa dicharge sambil dimatiin. Solusinya di-flight mode.

  5. wahyupoer:

    Mas lenovo saya mengalami bootloop, cara ini bisa dipakai kan? 🙂
    sementara ini saya baru download ROM nya,, hehe

    • Iwan Restiono:

      Selama bisa masuk droidboot (caranya ada diatas), maka cara ini bisa dipake buat nyembuhin bootloop.

      • wahyupoer:

        terima kasih mas, tapi kalau mau install custom rom koq gak bisa ya mas?

        • Iwan Restiono:

          Install custom rom pasti bisa.
          Perhatikan tutorialnya di masing-masing tempat anda mendownload custom rom tersebut.

  6. wahyupoer:

    saat proses booting selesai kenapa masih di logo lenovo nya lama sekali mas?

  7. wahyupoer:

    alhamdulillah sudah bisa mas,, terima kasih ilmu nya,, 🙂

    • Iwan Restiono:

      Sip, sekarang update saja sampe mentok, lalu diroot. 🙂
      Semoga sukses!

  8. rizaldi:

    Mas kalo mau nge default kan harus penuh batre nya , tapi kalo sambil di ga apa” ??

    • Iwan Restiono:

      Baiknya dicharge dulu sampai baterainya penuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

  9. bram:

    mas, itu link nya buat donlod dah g bisa diakses ya, tolong donk di update

  10. rzor84:

    worked dengan lancar gan, sebelumnya download ROM ditempat lain tapi gak bisa diupdate (entah kenapa).. sekarang udah bisa dan aman semuanya. trims gan ilmunya 🙂

  11. Ryan K:

    Kalau sd card error terus waktu sd update kenapa yah?

  12. chandra:

    work gan, makasih banget tutorialnya

  13. RomGAME:

    Nice gan 🙂

  14. fira:

    ko masih tetep ga ngaruh ya

  15. wisnukw:

    gan klo udah slesai semuanya, filenya yg ada di sdcard bisa di apus gak gan?? thanksb4..

  16. ahmad pauji:

    Gan ko error

  17. strez:

    sukses bang makasih,, walaupun ngambil firmwarenya bukan dari sini karena linknya modar 😀

  18. Donny:

    @Gan Iwan,

    Boleh copy file QCN/EFS asli punya A706? buat nge-flash partisi yang hilang.

  19. sandy ncull:

    Gan gimana bnerin bootloup mentok di logo doang lenovo a706

  20. dwangga:

    Gan ane bisa minta stock romnya nggak gan kalo bisa kirim ke sanjaya66562@gmail.com

    Thanks gan

  21. dwangga:

    Gan cara masuk ke droidbotnya gimana nie kok gx bisa

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.