Cara Tepat Mengatasi Demam Pada Anak

Hampir setiap orang pernah merasakan demam, tak terkecuali pada anak-anak. Namun demam pada anak tidak dapat dibiarkan begitu saja.

[CP] Anak Demam

Bahkan tidak jarang orang tua justru menjadi panik ketika anaknya mengalami demam. sebab demam yang terjadi pada anak dapat berakibat anak menjadi step jika tidak segera mendapatkan penanganan. Maka dari itu, orang tua diminta untuk selalu sedia dan tanggap ketika anak mengalami demam.

Perlu diketahui oleh setiap orang tua, demam itu sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Demam merupakan kondisi dimana tubuh tengah berjuang untuk melawan penyakit. Misalnya pada anak-anak, demam usai imunisasi memang sudah biasa terjadi. Ibu tidak perlu panik akan hal ini, sebab ini merupakan efek bahwa sistem imun anak tengah bekerja dengan baik. Dan kondisi yang seperti ini termasuk normal menurut medis.

Selain itu, demam juga bisa ditimbulkan oleh faktor lain. Seperti pada saat si kecil bermain di luar di tengah kondisi cuaca yang sangat panas. Demam yang terjadi pada saat itu bukanlah hal yang harus ditakuti. Ini merupakan hal yang biasa terjadi, karena cuaca yang sangat panas berpengaruh pada tubuh sehingga meningkat suhu tubuh si anak.

Nah, jika anak Ibu sering mengalami hal ini, maka langkah yang tepatnya adalah imbangi aktifitas anak di luar rumah dengan banyak meminum air putih. Sebab air dapat mendinginkan tubuh dan mengembalikan suhu tubuh menjadi normal. Untuk sebab lainnya apabila anak Ibu mengalami demam. Ada beberapa hal yang mesti Ibu lakukan untuk meringankan/meredakan demam si anak. Diantaranya adalah:

#1. Kompres Dengan Air Biasa
Banyak orang tua yang salah dengan mengkompres anak yang demam dengan menggunakan air hangat. Padahal saat terjadi demam, suhu tubuh akan meningkat. Sehingga mengkompres dengan air hangat tidak akan menurunkan suhu tubuh, justru malah membuat suhu tubuh menjadi meningkat. Nah, cara yang paling tepatnya adalah cukup mengkompres dengan air biasa (bukan air es).

#2. Banyak Minum Air Putih dan Hindari Selimut
Saat demam, suhu tubuh akan meningkat. Untuk itu memperbanyak minum air putih dapat menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Semakin banyak minum, maka akan banyak dan sering urine dihasilkan, sehingga suhu panas akan dikeluarkan lewat urine. Selain itu, hindari menyelimuti anak dengan kain dan semacamnya. Hal tersebut sangat tidak disarankan karena dapat membuat suhu tubuh mengalami peningkatan bahkan step. Jika si anak terasa kedinginan, cukup peluk dan dekatkan tubuh Anda pada si anak, untuk memberikan panas alami tubuh.

#3. Beri Minum Obat Penurun Panas
Selain dengan banyak minum air putih, Ibu juga bisa memberikan obat-obatan penurun panas yang bisa diperoleh di apotek. Namun untuk anak-anak, sangat disarankan untuk memberikan obat yang tidak mengandung alkohol. Akan tetapi jika panas tidak reda dalam 2 hari, maka sebaiknya Ibu membawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

Demikian adalah cara tepat untuk bereaksi dan beraksi ketika anak demam. Semoga membantu.

Penulis ini adalah penulis hantu. Keberadaannya hanya admin yang tahu. Tulisan yang dibuat oleh penulis ini bukan buatan dua penulis Hanya Lewat. Pada umumnya artikel berupa iklan atau sesuatu yang aneh dan diluar kebiasaan. Jika ingin mencaci maki, silahkan dikirim ke ghost@hanyalewat.com, supaya anda puas.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Wahid:

    Betul gan qt terkadang dab panik duluan saat ngeliat anak sakit apalagi sampe demam… Pengennya langsung di bawa ke dokter aja biar cepet sembuh… Padahal qt sebagai orang tua harus bisa ngasih pertolongan pertama… Terima kasih infonya gan

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.