JadwalKA, Aplikasi Offline Jadwal Kereta Api

Melakukan perjalanan dengan kereta api memang menyenangkan. Tetapi seringkali kita kesulitan melihat jadwalnya. Melihat di internet bisa jadi solusi, tapi bagaimana jika tidak ada internet? Tenang saja, ada aplikasi Android yang bisa membantu anda.

Header Aplikasi JadwalKA di Google Play

Header Aplikasi JadwalKA di Google Play

Aplikasi ponsel Android ini bernama JadwalKA, menyediakan data mengenai jadwal kereta api berdasarkan stasiun yang terdekat dengan anda. Dalam aplikasi ini juga sudah tersimpan koordinat GPS semua stasiun yang ada, sehingga anda bisa mendapatkan petunjuk jalan menuju stasiun yang terdekat atau yang anda pilih. Selain itu anda dapat juga melihat harga tiket dan rute perjalanan kereta api.

Aplikasi ini dibuat oleh Gulajava Ministudio, dapat diunduh gratis di Google Play melalui ponsel Android anda. Aplikasi JadwalKA ini sudah saya tes di Android 2.2 Froyo, 2.3 Gingerbread dan 4.0 Ice Cream Sandwidh. Namun berdasarkan perubahan versi terakhir, aplikasi ini dapat juga dijalankan hingga Android 4.2 Jelly Bean (menurut developer).

Screenshot aplikasi jadwalKA. Kiri dan kanan adalah layar yang berbeda.

Screenshot aplikasi jadwalKA. Gambar diatas adalah dua layar yang berbeda.

Screenshot diatas hanya dua layar dari fitur utama JadwalKA. Untuk melihat Screenshot lebih banyak lagi, anda dapat menuju ke website JadwalKA di Google Play atau anda dapat mengetik JadwalKA di aplikasi Google Play pada ponsel atau tablet Android anda. Daiatas adalah screenshot aplikasi JadwalKA saat dijalankan di ponsel saya, Samsung Galaxy Pro GT-B7510.

Aplikasi jadwal kereta offline

Satu keuntungan dari aplikasi ini adalah offline, yakni setelah diunduh, maka tidak perlu lagi terkoneksi ke internet. Bisa dibilang ini sebuah kelebihan, sekaligus juga kelemahan. Kelebihannya adalah para pengguna tidak perlu repot untuk mencari koneksi internet saat menggunakannya. Kekurangannya adalah jika ada konten yang diupdate, pengguna harus mengunduh versi baru dari Google Play.

Memang namanya kelebihan dan kekurangan memang tidak bisa jauh dari buatan manusia. Tetapi paling tidak, aplikasi ini cukup membantu, mengingat PT. KAI sebagai operator kereta jarang sekali melakukan perubahan pada kereta-kereta yang mereka jalankan. Dari pengalaman saya, pengembang aplikasi ini cukup up to date menyediakan data jadwal kereta api, terutama komuter yang sering berubah.

Lengkap banget ini aplikasinya….semuanya yg qt butuhin utk naek kereta ada disini….thanks dev.
Johan123 (Google Play JadwalKA)

Meskipun sekarang ini saya sudah jarang bepergian menggunakan kereta api, saya tetap memasang aplikasi jadwal kereta api ini di ponsel saya. Ya, siapa tahu saja ini berguna suatu saat nanti. Bagaimana menurut anda?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 14 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Dani:

    Weh gek reti aku :D. sayang ra iso nganggo mergo ra tau nganggo kereta lungo-lungone

    • E-One:

      Meskipun ga lungo gawe kereta, kan ora opo-opo nek duwe aplikasine. 🙂
      Siapa tahu ada orang lain yang butuh…

  2. Edouard:

    kalo apps ini offline, tau updatean jadwal harga dan ketersediaannya gimana doong ehhe

  3. tlovertonet:

    Wow that was odd. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted to say great blog!

  4. dewahub official:

    Hey! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Great blog and excellent design and style.

  5. here:

    I am not really fantastic with English but I get hold this really leisurely to translate.

  6. sa gaming vip:

    Good write-up, I am normal visitor of one¦s web site, maintain up the nice operate, and It’s going to be a regular visitor for a long time.

  7. top crypto poker sites:

    Hiya, I am really glad I have found this info. Today bloggers publish only about gossips and internet and this is really irritating. A good blog with interesting content, that is what I need. Thank you for keeping this website, I will be visiting it. Do you do newsletters? Cant find it.

  8. rtp empire88:

    Some times its a pain in the ass to read what blog owners wrote but this internet site is rattling user genial! .

  9. botakempire:

    I?¦ve been exploring for a bit for any high-quality articles or weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site. Reading this info So i?¦m glad to show that I have an incredibly just right uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I such a lot definitely will make sure to don?¦t disregard this web site and give it a glance on a relentless basis.

  10. hire a hacker dark web:

    Undeniably believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the net the simplest thing to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while people think about worries that they just don’t know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  11. hire a hacker for gmail:

    An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!

  12. casino bonus code:

    I got good info from your blog

  13. click here to read:

    I really like meeting utile info, this post has got me even more info! .

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.