Mengatasi “Invalid Download URI” di Lenovo A706

Suatu pagi yang indah, saya baru bangun tidur. Ritual yang pasti dilakukan adalah menyambungkan ponsel Android Lenovo A706 saya ke internet. Lalu ada notifikasi update aplikasi.

Ponsel saya ya seperti ini, ga bisa motret diri sendiri. Credit: vienthonga.vn

Ini dia Lenovo A706 yang mengalami “Invalid Download URI”. Credit: vienthonga.vn

Update aplikasi di ponsel memang saya setting pemberitahuan saja, tidak otomatis. Setelah saya coba update dan download, keluar pesan “Invalid Download URI”. Nah lho, kenapa ini? Frasa “Invalid Download URI” itu sungguh menyebalkan dibanding dengan “cannot download” soalnya file sudah terdownload, tapi tidak bisa terinstall.

Download Manager, tap tombol yang dilingkari warna hitam.

Download Manager, tap tombol yang dilingkari warna hitam.

Pertama kali terjadi kurang lebih sebulan lalu di ponsel Lenovo A706 saya. Saat itu yang saya tahu hanya factory reset saja. Sayangnya saya melakukan kesalahan sehingga isi kontak ponsel saya ludes. Padahal sudah di-sync dengan Google. Cukup aneh menurut saya, tapi saya tidak tahu apa sebabnya.

Maka dari itu ketika penyakit “Invalid Download URI” muncul kembali, saya jadi gamang untuk melakukan factory reset. Takutnya nanti isi kontak ludes lagi. Saya pun browsing kesana kemari tanpa membawa alamat. Di sebuah forum Rusia, yang lucunya saya lupa bookmark, saya membaca solusi tanpa factory reset.

Ternyata kuncinya ada di aplikasi Download Manager. Aplikasi ini bawaan dari Android, mengatur semua hal tentang download. Cara mengatasi “Invalid Download URI” adalah dengan menghapus data aplikasi Download Manager ini. Caranya:

  • Masuk ke Settings -> Apps, lalu tap Manage apps.
  • Setelah masuk jendela Manage apps, swipe layar ke kanan, masuk ke tab ALL.
  • Cari aplikasi Download Manager, bukan Downloads. Tap aplikasi tersebut untuk masuk ke detailnya.
  • Pertama klik Force Stop, lalu klik Clear Data. Setelah itu tekan tombol “back” sampai kembali ke homescreen.

Coba buka Google Playstore dan install sebuah aplikasi. Jangan yang besar ukurannya, misalnya Opera Mini yang hanya 0,9 MB. Jika aplikasi dapat terinstall dan tidak keluar pesan “Invalid Download URI” lagi, maka bisa dilanjutkan dengan update atau install aplikasi-aplikasi yang lain. Selamat mencoba!

Kalimat yang berkaitan

cara mengatasi invalid download url. invalid download url. simontok invalid download url. mengatasi invalid download URL. cara menghilangkan invalid vidio url. invalid download url adalah. invalid download url di simontok. donload aplikasi simontok. cara mengatasi uri unduhan tidak valid. uri unduhan tidak valid. cara mengatasi invalid download url di hp samsung. pengertian invalid download URL. tidak bisa download vidio invalid URL. Invalid url video simontok 5 0. saat download ada tulisan download url. invalid download url simontok. si montok invalid download url. masalah invalid download ulr. invalid dow. apa yang dimaksud invalid download url. arti dsri invalid download url. bahasa indinesianya invalid download URL. Cara atasi invalid url. cara mengatasi invailid download url. cara mengatasi invalid download url pada xhubs. cara mengatasi invalid download vedio url. cara mengatasi url tidak valid di play store. Downloade invalid url. Gagal dowload video aplikasi simontok url invalid. apa arti invalid downlod URL. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. terkondang:

    oke makasih atas share nya …. segera saya coba

  2. ivienz:

    ĶăĹäu cara ngerootnya gimana gan?

  3. viviet:

    Terimakasih ya sharenya..
    berhasil 🙂

  4. ria:

    knp tidak berhasil T-T…
    HH lenovo s920.. setelah selesai sampai cara terakhir dan mencoba instal app kecil, memang berhasil invalid download uri tidak muncul. tpi sewaktu nginstal app yg lebih besar (tanpa sengaja meng-uninstall yahoo akun), peringatan itu muncul lagi 🙁
    begimanaaaaa… T-T

    • Iwan Restiono:

      Sudah dicoba untuk clear data lagi? Saya menggunakan Lenovo A706, jadi mungkin sedikit berbeda hasilnya jika di seri lain.

  5. sugeng:

    Bang Iwan, mohon pencerahan,nya hpq kok g bisa bwt download d playstore. Hp,nya sama a706.
    D situ d katakan. “Kesalahan mengundu . . . Tidak cukup ruang pada perangkat” email,nya bang iwan ap? Thx

  6. agung:

    udah di coba force stop , clear data .. klo mb nya yg kecil2 bisa , tpi klo yg gede ko msih aja tidak ada ruang pada perangkat.. tlong dong ksh tau cara yg lebih bagus buat mengatasi nya.. mksih

  7. maulana:

    sya sdah coba download manag trus force stop,clear data tpi ttep aja ga bisa download di playstore .. gmna dong cara lebih jitu nya

    • Iwan Restiono:

      Ga bisa download errornya sama ga?
      Coba cek sisa ruang kosong di ponsel kamu.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.