Cara Ganti ROM Lenovo A706 Default ke MIUI v5

Setelah dalam artikel yang lalu saya membahas cara rooting Lenovo A706 Armani dengan cara yang relatif aman, maka saatnya sekarang saya membahas mengenai cara untuk merubah ROM Lenovo ke MIUI versi 5.

MIUI di A706. Kiri: Homescreen. Kanan: Device Details.

MIUI di A706. Kiri: Homescreen. Kanan: Device Details.

Apa sih MIUI itu?

MIUI adalah sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Xiaomi, salah satu vendor ponsel dari China. Xiaomi ini terkenal dengan firmware yang bagus dan harga handsetnya yang murah, tapi memiliki spek yang lumayan. Sayang sekali Xiaomi secara resmi belum masuk Indonesia.

Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak mencicipi user interface-nya yang manis itu. Diatas adalah dua tangkapan layar (screenshot) MIUI v5 dari ponsel Lenovo A706 saya. Tampilan mayoritasnya sangat berbeda dengan Android kebanyakan. Umumnya android menggunakan Homescreen dan App Drawer dalam setiap launcher, namun MIUI hanya menggunakan Homescreen yang merangkap juga sebagai App Drawer.

Jika pengen tahu seperti apa MIUI saat bekerja, anda bisa lihat video yang dibuat oleh mas Slamet Waspodo di Youtube ini:

Sudah jelas? Nah, kalau begitu kita bisa teruskan untuk melakukan upgrade ROM MIUI ke Lenovo A706.

Cara ganti ROM Lenovo A706 ke MIUI v5

Pertama dan yang paling utama, tentu saja download file ROM terlebih dahulu. Kebetulan sekali saya menemukan ROM yang diedit oleh mas Rozaqin. ROM ini sudah dikustomisasi dari MIUI yang dibuat member dari Lenovo Forums Russia. Berhubung saya nggak enak mesti nyolong bandwidth dari mas Rozaq, maka saya pindahkan file-nya ke Dropbox saya disini: Custom ROM MIUI v5 Lenovo A706.

Setelah anda mendapatkan file yang saya bagikan diatas, langkah selanjutnya adalah menyalin file tersebut ke internal memori ponsel anda. Caranya? Ah, masa begini aja mesti tanya caranya, sih? Tinggal colokkan kabel USB, salin seperti biasanya. Setelah selesai menyalin, tahap yang dilakukan sama persis dengan cara rooting Lenovo A706. Sama semua sampai akhir, kecuali file yang dipilih untuk update adalah file MIUI ini.

Jangan lupa untuk clear cache dan data sebelum restart. Jika tidak, maka MIUI akan stuck di logo MI saja. Selamat mencoba!

Kalimat yang berkaitan

rom lenovo a706. upgrade lenovo a706 ke lollipop. rom lenovo a706 lollipop. cara upgrade lenovo a706 ke lolipop. cara ganti rom lenovo a706. lenovo A706 rom. cara ganti custom rom lenovo a706. update lenovo a706. update lenovo a706 to 5 0 lollipop. rom a706. ganti rom lenovo A706. upgrade lenovo a706 ke lolipop. custom rom MIUI. cosrom miui lenovo a706 row. cara instal miui 5 lenovo a706. launcher xiomy lenovo a706. rom lenovo a2010. lenovo a706 update lollipop. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Stephanus Christiono:

    Kekurangannya dari ROM ini apa om??

  2. Farhan Hafizh:

    Bro… kok setelah ganti ROM ke MIUI jadinya sering restart melulu ya ? Udah di factory reset, wipe cache, dll. tapi tetep reset sendiri. Tapi kalo sambung USB atau di Charge, gk restart sndiri. Tolong pencerahannya…

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.