Cara Memperoleh Teman Baru di Sekolah

Kadangkala saya berpikir bahwa mencari teman baru itu seperti pedekate, namun lebih mudah. Kita mencoba menarik hati seseorang dan membuatnya menyukai diri kita, namun tanpa tekanan romantisme.

Mencari teman baru. Credit: ssully.blogspot.com

Mencari teman baru. Credit: ssully.blogspot.com

Berteman dengan orang baru bukanlah hal yang sederhana, namun juga bukan hal yang rumit. Seorang yang pemalu saja seharusnya bisa melakukannya, setidaknya jika ia punya kemauan. Tidak peduli apakah kamu adalah anak baru di sekolah, baru mulai di SMA/SMK/kuliah atau hanya ingin memperluas pertemanan saja, tips memperoleh teman baru ini dapat membantumu.

Tips berteman #1: Memperlihatkan keramahan

Pastikan senyum selalu terkembang di wajahmu, setiap waktu, terutama saat kamu berada diantara orang-orang yang ingin kamu jadikan teman. Tidak ada orang yang akan mendekatimu jika kamu terlihat mengenaskan dan mengerikan. Orang akan mau mendekati orang lain yang kelihatan ramah, senang dan terbuka. Bersikap baiklah ketika seseorang mengatakan sesuatu padamu, meskipun itu hanya meminjam pulpen.

Tips berteman #2: Bergabung di kegiatan ekstrakurikuler

Apa yang menarik bagimu? Apapun itu, carilah di sekolahmu apakah punya klub/organisasi yang sesuai. Tak peduli itu klub olahraga, koran sekolah, klub ilmiah, pecinta alam dan lain-lain, ada garansi bahwa kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesukaan sama denganmu. Tentu saja ini membuat kamu memiliki bahan untuk berbicara dengan mereka. Selain itu kamu akan menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang ini, bisa saling mengenal satu sama lain.

Tips berteman #3: Berteman di kelas

Jika kamu dapat memilih dimana kamu duduk di kelas, duduklah dekat dengan orang yang ingin kamu ajak berteman. Jika tidak, kamu selalu dapat mencoba berteman dengan orang yang duduk di dekatmu. Sangat mudah berbicara dengan mereka selama kelas berlangsung. Dan juga kalian memiliki kelas yang sama, jadi ada banyak hal yang dapat diperbincangkan. Mulailah pertemanan dengan menanyakan apakah mereka mau belajar bersama atau sesuatu yang semacamnya.

Tips berteman #4: Mulailah dengan sesuatu yang sama

Cara yang paling baik untuk memulai percakapan dengan siapapun adalah dengan membawa sesuatu yang keduanya memiliki kesamaan. Apakah kalian berdua berada di kelas dengan guru pengajar yang menyebalkan? Ikat itu dengan mencoba membicarakannya. Suatu saat kamu melihat foto seorang artis yang kamu sukai ada di ponsel temanmu, katakanlah “aku menyukainya juga” dan bla bla bla, percakapan pun bisa terus berlanjut.

Tips berteman #5: Jangan segan memuji orang

Semua orang suka menerima pujian, meskipun reaksinya berbeda-beda. Itu membuat orang lain bahagia. Lain kali saat kamu bertemu dengan cowok atau cewek yang ingin kamu ajak berteman, mungkin kamu bisa mengatakan hal yang sederhana seperti, “Hei, aku suka tas/sepatu mu, bagus sekali!” dengan nada yang biasa saja, jangan terlalu overakting. Pujian yang sederhana dan tulus adalah sebuah jalan mudah untuk memulai obrolan atau membuat orang dapat menerima kamu.

Tips berteman #6: Memulai dari sosial media

Saat ada orang yang menarik dan kamu ingin berteman dengannya, kamu dapat memulai dari sosial media. Cobalah untuk memfollow twitter-nya atau menambahkan teman di facebook. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri kepadanya. Katakan bahwa kamu dan dia sekolah atau kuliah di tempat yang sama. Dari percakapan di sosial media, bisa dilanjut dengan ketemu di dunia nyata. Inilah langkah yang benar. 🙂

Sangat penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang terbuka untuk diajak berteman, jadi jangan berpikir kamu akan tampak menyebalkan dan sok akrab. Penting juga diingat bahwa pertemanan kadang berjalan lambat sekali, kamu tentu tidak bisa berharap dalam 1 minggu sudah menjadi teman dekat.

Dan satu lagi yang sangat penting untuk diperhatikan saat memperoleh teman baru yakni terbukalah kepada siapapun. Jangan menilai orang hanya dengan melihat penampilannya saja. Luangkan waktu untuk berbicara dengan siapapun dan mencoba memahami orang seperti apapun keadaannya. Sekarang tersenyumlah dan aplikasikan tips-tips diatas! Selamat mencari teman!

Kalimat yang berkaitan

cara agar punya banyak teman di sekolah. cara mendapatkan banyak teman di kelas. cara berkenalan dengan teman baru. cara berteman yang baik di sekolah. cara mendapatkan teman banyak di sekolah baru. cara berkenalan dengan teman baru di sekolah. https://hanyalewat com/20141706-cara-memperoleh-teman-baru-di-sekolah. cara mendapatkan teman baru. cara kenalan dengan teman baru. tips mencari teman baru di sekolah. Cara mendapatkan teman di sekolah baru. cara mendapatkan teman baru di sekolah baru. cara mendapatkan teman baru di sekolah. cara bergaul dengan teman baru di sekolah. cara memperbanyak teman di sekolah. cara mendapatkan teman. cara mencari teman di sekolah. cara mencari teman di SMA. cara mempunyai banyak teman di sekolah. cara agar punya banyak teman di sekolah baru. cara mendapat teman baru. cara mendapat teman baru di sekolah. cara mencari teman. cara mempunyai banyak teman. cara mendapatkan banyak teman. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Sunandar:

    Bener juga.. apalagi saya sekrang mau prakerin diperusahaan, jadi harus nyesuain keadaan disitu.. makasih buat tipsnya nih gan 🙂

  2. Hanna puspita:

    Semoga aj berhasil,soalnya aku mau masuk sma,tapi suka masih malu untuk berkenalan dengan teman baru:(

  3. maknyus bener:

    Kalo ane sih yang penting cari aja yang cocok diajak ngobrol dan dia gak jahat sama ane..

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.