Tips & Trik Menjadi Mak Comblang yang Baik

Mak comblang adalah suatu istilah yang disematkan bagi mereka yang mempertemukan dua insan pria dan wanita untuk saling mengenal dan menjalin cinta. Dulu pada saat sekolah menengah, aku adalah orang yang berprofesi menjadi mak comblang. Seperti pada umumnya mak comblang, aku nyomblangi teman-teman dengan siapapun yang mereka mau.

Ilustrasi cewek menyukai cowok. Credit: WikiHow

Ilustrasi cewek menyukai cowok. Credit: WikiHow

Pada awalnya di sekolah menengah pertama aku menjadi mak comblang gratis, namun setelah di sekolah menengah atas beralih profesi menjadi mak comblang profesional alias biro jodoh. Pada dasarnya aku suka membuat dua insan berbeda jenis saling mengenal satu sama lain dan jika bisa menjalin hubungan cinta. Tidak hanya dalam masalah cinta saja, namun pada dasarnya aku suka menghubungkan orang satu dengan yang lainnya. Misalnya kamu perlu memperbaiki ponsel Android, aku punya teman yang bisa melakukannya dan semacam itulah.

Dengan cara yang sama, aku menyukai jika ada teman menjalin hubungan cinta dengan orang yang juga kukenal. Dengan motivasi itulah aku dulu menjadi mak comblang. Dari pengalaman bertahun-tahun menjadi mak comblang itulah aku mendapatkan pedoman yang sebaiknya diperhatikan.

  • Pastikan bahwa teman kamu memang benar-benar ingin dicomblangi. Pastikan apakah benar ia ingin bertemu dengan orang baru atau ia hanya mengeluh tentang mantan pacarnya yang menyebalkan. Kedua hal ini tidak sama sepenuhnya. Bagi sebagian orang, dicomblangi justru membuat lebih banyak kerugian karena tidak ingin berhutang budi dengan seorang teman untuk mendapatkan kekasih. Jadi, kamu harus memperhatikan perasaan dan pendapat mereka tentang perjodohan.
  • Bijaksanalah dalam menjodohkan teman. Pikirkan kesesuaian sifat dan karakter masing-masing. Misalnya si A dan B sama-sama penyuka kucing dan juga olahraga bersepeda, kemungkinan besar mereka bisa saling mengenal dan cocok. Mencari tahu kesamaan keduanya akan lebih baik sehingga kamu tidak membuang-buang waktu.
  • Jangan memaksakan kehendak dalam menjodohkan teman. Peran kamu sebagai mak comblang adalah memperkenalkan dan memberikan wilayah netral kepada kedua teman kamu itu bertemu. Hanya itu saja, tidak ada yang lain. Selanjutnya biar hati mereka yang menentukan apakah hubungan tersebut akan berlanjut atau tidak. Kecuali teman kamu bercerita, lebih baik kamu tidak menanyakan tentang hal tersebut.
  • Jangan menjodohkan teman dengan seseorang yang sebenarnya kamu taksir atau kamu sukai. Mungkin kamu diminta teman untuk menjodohkan, namun jangan lakukan hal itu. Mengakulah padanya bahwa kamu menyukai si dia juga. Mengorbankan perasaan kamu tidaklah baik dilakukan jika masih ada kesempatan untuk mendekati orang yang kamu sukai dan jalan berdua dengannya. Jadi, kenapa kamu tidak menerapkan skill mak comblang kepada diri kamu sendiri?
  • Pastikan waktunya tepat untuk menjodohkan teman kamu dengan orang lain. Jika teman kamu baru saja putus dari kekasihnya, itu bukan waktu yang tepat. Yang pertama, ia mungkin masih trauma dengan hubungannya yang sebelumnya. Yang kedua, mungkin saja ia mau menjalin hubungan dengan orang yang kamu jodohkan, namun hanya sebagai pelampiasan terhadap rasa patah hatinya.

Nah, demikian adalah panduan bagaimana menjadi mak comblang yang baik. Ada yang mau menambahkan?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 10 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. tlovertonet:

    Some really choice blog posts on this website , bookmarked.

  2. Escort in Toronto:

    There is noticeably a bundle to know about this. I assume you made certain nice points in features also.

  3. pay a hacker to hack instagram:

    This really answered my problem, thank you!

  4. 100 USDT:

    Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

  5. Реферальный код на binance:

    Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

  6. instagram hackers for hire:

    This really answered my downside, thanks!

  7. Aero slim:

    I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post…

  8. Sugar defender:

    It¦s actually a nice and helpful piece of information. I¦m happy that you simply shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  9. Sugar Defender:

    I am not real superb with English but I come up this rattling easy to read .

  10. Renew:

    Very interesting info!Perfect just what I was searching for!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.