Cara Mengatur Cemburu yang Baik dan Benar

Cemburu pasti dialami semua orang yang sedang menjalin kasih. Baik lelaki maupun perempuan, pasti mengalami hal ini. Cemburu itu adalah hal yang normal.

Wanita cemburu

Bagaimana kalau anda di posisi yang seperti ini?

Cemburu adalah tanda bahwa kita peduli dengan pasangan kita. Cemburu memang bisa menjadi bunga cinta maupun racun cinta, tergantung bagaimana kita mengatur kecemburuan itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Yang tidak baik adalah prasangka buruk yang timbul karena kecemburuan tersebut. Apapun kejadian di muka bumi ini pasti ada sisi positif dan negatifnya, jadi lebih baik kita ambil sisi positifnya saja. 🙂

Bagaimana mengatur kecemburuan itu?

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatur kecemburuan dalam diri kita. Tips tersebut tentu saja tidak untuk dibaca, namun juga untuk diaplikasikan pada bagian yang cocok dengan diri anda.

  • Biasakan berpikiran positif. Jika pasangan anda berubah, jangan serta merta berpikiran buruk. Apalagi bagi mereka yang sedang dalam hubungan jarak jauh atau jarang bertemu.
  • Bicarakan dengan pasangan. Komunikasi itu penting. Jika anda mencurigai sesuatu yang janggal pada diri pasangan anda, segera bicarakan dengan pasangan anda. Jangan dipendam karena akan memicu salah paham. Yang perlu diingat adalah pembicaraan tersebut untuk mencari solusi bersama, bukan menghakimi.
  • Cari informasi. Dekat dengan semua teman pasangan anda adalah hal yang baik. Namun kedekatan tersebut haruslah naturak, tidak dibuat-buat. Jangan anda hanya mendekati mereka saat anda butuh informasi tentang pasangan anda. Jika anda cukup dekat, tanpa diminta pun mereka bisa lapor tentang apa yang menurut mereka janggal dari pasangan anda.
  • Hati boleh panas, kepala tetap dingin. Jika ternyata pasangan anda memiliki kedekatan dengan lawan jenis, janganlah langsung membabi buta. Selidiki dulu apa motif kedekatan mereka. Bisa jadi karena pekerjaan atau suatu hal yang lain. Keep your eye and mind open. Jangan dengarkan kata-kata orang, lihatlah dengan mata kepala sendiri.
  • Jika kedekatan terjadi di facebook, yang notabene sebagai jejaring sosial yang hampir semua orang punya, jangan terpaku pada apa yang dikatakan wanita/pria yang sedang dekat dengan pasangan anda. Alih-alih, berfokuslah pada jawaban dari pasangan anda, lalu cocokkan dengan karakter keseharian dia.

Pengganggu dan hak anda

Seringnya dalam setiap hubungan selalu ada ‘pengganggu’, namun anda tidak boleh mundur. Sebelum pasangan anda mengatakan bahwa hubungan anda dan dia selesai, anda tidak boleh menyerah. Seperti yang sering saya alami dahulu, saya terlalu ikhlas membiarkan pengganggu itu melenggang dengan damainya. Namun, sejak akhir 2009, hal tersebut sudah saya ubah. Saya tidak diam saja mempertahankan hubungan. Dan alhamdulillah, usaha saya berbuah manis, sodara-sodara. 🙂

Jadi, apa kesimpulannya? Tidak ada! Tentunya anda sudah cukup besar untuk mencari sendiri kesimpulan di balik semua tulisan diatas, kan? 🙂

Kalimat yang berkaitan

cemburu yang baik. cara cemburu yang baik. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Hany:

    Nah…bagaimana jika cemburu itu karena pernah punya pengalaman pahit atau karena dia cinta pertama kita..itu gimana mas?? 😀

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.