Tips Memasak Sayuran Supaya Tetap Segar

Sebal karena masak sayuran namun tidak sedap dipandang? Warna mencolok dari sayuran hilang dan menjadi kusam? Ikuti tips memasak sayuran supaya tetap segar berikut ini.

Menurut American Chemical Society, seperti yang ada di video diatas, jika menginginkan sayuran yang segar dan indah dipandang mata, ikuti aturan kurang dari 7 menit. Ya, masaklah sayuran kurang dari 7 menit. Ada penjelasan ilmiah di balik aturan ini. Magnesium adalah unsur yang bertanggungjawab atas warna hijau segar di dalam sayuran. Saat dipanaskan, sel pecah dan magnesium digantikan oleh hidrogen, lalu merubah warna. Dengan memasak kurang dari 7 menit, maka jumlah sel yang rusak tidak terlalu banyak dan meninggalkan warna yang menarik.

Tips memasak sayuran jenis brassica

Tips memasak sayuran jenis brassica

Brokoli, sang raja sayuran.

Menurut Splendid Table, hal diatas juga berpengaruh terhadap rasa dan aroma, terutama pada sayuran dari genus brassica seperti kubis, brokoli, kembang kol, sawi, kanola, lobak dan lain-lain. Memasak sayuran jenis ini terlalu lama dapat menyebabkan keluarnya bau yang tidak menyenangkan. Semakin lama sayuran jenis ini dimasak, maka baunya semakin kuat. Bau itu adalah hidrogen sulfida hasil reaksi kimia saat dilakukan pemanasan. Bahkan dianjurkan untuk memasak sayuran ini cukup lama, hanya sampai terlihat layu saja, lalu matikan api.

Tips memasak sayuran ini sudah saya terapkan sendiri saat memasak sop ayam. Kubis saya masukkan paling belakang saat buncis dan wortel sudah dimasak 2-3 menit. Setelah itu kubis dimasukkan lalu diaduk sampai merata terkena air mendidih. Setelah 2 menit, kubis akan layu dan api akan saya matikan. Dengan cara memasak ini, rasa dari sop ayam sangat berbeda dengan ketika kubis dimasak lebih lama. Aroma dan rasanya lebih segar. Tidak percaya? Buktikan sendiri. Selamat memasak!

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.