Tips Tidur Cepat dan Mudah di Malam Hari

Tidur adalah hal terpenting yang kita lakukan tiap hari. Manusia membutuhkan tidur paling tidak delapan jam sehari. Oleh karena itu, tidak bisa tidur seringkali membuat masalah dalam kehidupan seseorang.

Kucing sedang tidur

Sssst…. jangan berisik, ada yang sedang bobok, nih…

Kesulitan untuk tidur akan membuat orang terus mengantuk dan merasa kelelahan dan gelisah sepanjang hari. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara untuk tidur lebih cepat. Setidaknya saya punya 7 tips supaya kita bisa tertidur dengan cepat.

Tips tidur cepat #1: Temperatur

Pastikan temperatur di kamar tidur kita cukup nyaman. Jika terlalu panas, kita bisa membuka jendela. Itulah kenapa sebaiknya jendela diberi teralis. Jika terlalu dingin, ada baiknya kita menggunakan selimut. Saya tidak menyarankan kita untuk menggunakan Air Conditioning atau AC karena sirkulasi udaranya kurang baik dan menghemat listrik.

Tips tidur cepat #2: Bantal

Gunakan bantal yang menurut kita nyaman. Apapun jenis bantal yang kita pilih, seharusnya ada lebih dari satu supaya bisa diatur untuk membuat kita nyaman. Kadang orang ingin bantal yang lebih tinggi suatu malam, namun besoknya dia ingin yang lebih rendah. Semua bisa tergantung pada mood dan kesehatan kita. Sebagai contoh, saat pilek, tentu kita ingin bantal yang lebih tinggi, kan?

Tips tidur cepat #3: Pakaian

Pakailah sesuatu yang nyaman digunakan di kasur. Paling tidak secara ukuran dan bahan cukup nyaman digunakan. Gunakan material yang nyaman untuk kulit kita, misalnya katun atau sutra. Tetapi ada juga beberapa orang yang ingin tidur dengan telanjang supaya bebas. Jika pilihan kita adalah yang terakhir, pastikan semua pintu kamar dan jendela dalam keadaan terkunci dan tertutup supaya tidak ada yang mengintip.

Tips tidur cepat #4: Santai

Bersantailah sebelum pergi tidur. Bersihkan pikiran kita dari kesibukan seharian yang membuat kita stress. Nikmati mandi air hangat dan membaca buku yang kita sukai. Jika kita mengalami hal yang traumatis atau kurang menyenangkan sebelumnya, cobalah untuk meditasi sebelum tidur. Melakukan peregangan otot ringan dapat mengurangi ketegangan pada tubuh kita. Saat tubuh kita santai, sangat mudah untuk kita menuju ke alam mimpi.

Tips tidur cepat #5: Kebosanan

Lakukan sesuatu yang membuat kita bosan. Jika kita memiliki televisi di kamar tidur, pindah ke channel yang kita tidak sukai. Sangat penting untuk menggunakan televisi yang memiliki sleep timer, supaya bisa mati sendiri setelah beberapa waktu. Ini hanya salah satu contoh, mungkin kita bisa melakukan hal yang membuat kita bosan lainnya.

Tips tidur cepat #6: Murotal Quran

Saya adalah tipikal orang yang tidak bisa tidur jika terlalu sepi. Setidaknya harus ada suara entah itu sayup-sayup atau mendayu supaya saya bisa tidur. Mendengarkan murotal Quran sering saya gunakan untuk pengantar tertidur. Setidaknya bagi saya, bacaan Quran membaut santai tubuh kita dan memudahkan kita untuk tidur. Kebetulan saya punya satu set murotal Quran di ponsel saya. 🙂

Tips tidur cepat #7: Perut kenyang

Jangan pernah pergi tidur dengan perut keroncongan. Akan sangat sulit bagi kita untuk tidur dengan perut perih, melilit atau kembung. Sebelum tidur ada baiknya makan sesuatu yang ringan kadar gula dan karbohidratnya. Sesuatu yang mengandung kalsium dan protein dapat membantu pelepasan serotonin. Misalnya susu atau keju (tanpa gula), pisang dan alpukat adalah pilihan yang baik. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, mete, almond, walnut, kwaci dan sebagainya juga cukup baik.

Demikian adalah tips cepat tidur dari Hanya Lewat. Tips-tips diatas sudah terbukti dan teruji. Selain itu, aktif di siang hari akan membuat kita bisa cepat tertidur, ditambah olahraga sore setidaknya tiga puluh menit. Sekarang giliran kita berbicara, apa tips cepat tidur yang biasa kita lakukan?

Kalimat yang berkaitan

tidur. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Adi Pradana:

    Bulan puasa banyak aktifitas, so istirahat cukup perlu…

    • Iwan Restiono:

      Betul, salah satunya adalah dengan tidur lebih cepat dan bangun di sepertiga akhir malam. 🙂

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.