Kemampuan Memasak dalam Rumah Tangga

Soal masak memasak memang menjadi hal yang pelik bagi sebagian keluarga. Meskipun sebenarnya ini adalah hal sederhana. Banyak wanita tidak terima ketika kemampuan memasak menjadi syarat kebahagiaan laki-laki, pun juga banyak lelaki yang tidak terima jika mereka diharuskan bisa memasak. Lalu sebaiknya bagaimana?

Kemampuan memasak identik dengan para ibu
Kemampuan memasak identik dengan para ibu.

Kemampuan Memasak tak pandang jenis kelamin

Dalam keluarga besarku, memasak bukan menjadi isu besar. Hampir semua anggota keluarga bisa memasak. Ibu mengajarkan kepada kami, semua anak-anaknya, baik lelaki maupun wanita, bahwa memasak adalah kemampuan dasar yang wajib dikuasai. Bagi keluarga kami, memasak adalah basic life skill. Bisa memasak meningkatkan kemampuan bertahan hidup lebih tinggi daripada hanya sekedar mengetahui tumbuhan mana yang bisa dimakan dan yang tidak.

Sayangnya tidak banyak keluarga yang mengajarkan demikian. Seringnya memasak dikategorikan sebagai kemampuan khusus dalam keluarga. Dan kemampuan tersebut ditumpukan kepada wanita. Bahkan muncul stigma negatif jika wanita tidak mau memasak. Seharusnya tidak demikian. Stigma ini hanya akan memunculkan perdebatan mengenai hak dan kewajiban. Padahal hak kewajiban yang dibahas adalah hak kewajiban yang sebenarnya tidak kaku mengikat.

Satu keluarga adalah tim, sehingga semua anggotanya memiliki hak dan kewajiban yang saling silang. Misalnya, seorang suami bertugas mencari nafkah. Jika suami berhalangan, misalnya sakit atau cacat tetap, tentu istri bisa mengambil alih kewajiban tersebut. Jika dianggap memasak adalah kewajiban istri, jika istri berhalangan, tentu suami harus mengambil alih kewajiban tersebut. Berhalangan tidak harus secara tetap, bisa temporer untuk kasus memasak. Misalnya istri yang tidak tidur karena mengurus anak bayi di malam hari, seharusnya seorang suami mengambil alih untuk menyiapkan sarapan. Itulah tim dalam keluarga.

Wanita tetap harus bisa memasak

Tunggu dulu, meskipun memasak sebenarnya “bukan kewajiban” istri, tetapi seorang wanita harus tetap bisa memasak. Tentu saja standar yang digunakan bukan standar chef bintang lima seperti chef Renatta atau chef Marinka. Standarnya untuk wanita bisa memasak adalah:

  • Menanak nasi menggunakan magic jar (cara menanak manual bisa menjadi nilai tambah)
  • Mengenal bumbu dapur, misalnya bisa membedakan kunyit, kunci, laos dan jahe atau perbedaan ketumbar dan merica
  • Memasak mengikuti instruksi dari resep dan hasilnya layak makan
  • Menggoreng lauk sederhana seperti tempe, tahu, ayam, dan sejenisnya

Sudah, cukup itu saja. Sisanya mudah untuk dikembangkan. Manfaat dari istri yang bisa memasak, yakni adalah melancarkan rejeki suami. Selain penghematan keuangan (banyak lho, masak vs beli, silahkan dihitung sendiri), juga ketenangan jiwa seorang suami. Pulang kerja dapat hadiah makanan di meja adalah anugrah yang tak terkira. Meskipun masakannya hanya sederhana seperti nasi, sayur dan lauk tempe. Jiwa lelaki yang tenang, membuatnya fokus bekerja, ditambah perut yang kenyang. 🙂

Suami harus memudahkan istri

Dengan latar belakang diatas, ketika aku membangun rumah tangga, maka itu aku terapkan. Bukan hal yang tidak biasa kalau aku memasak untuk keluarga jika istri sedang tidak sehat atau alasan sesimpel “sedang tidak ingin memasak”. Selama bulan Ramadhan, istri tidak puasa karena menyusui, aku menyiapkan sahur sendiri. Untuk apa bangunin istri malam-malam hanya untuk menyiapkan makanan, sedangkan dia sendiri tidak puasa? Dan suami enak-enak goleran di tempat tidur, gitu? Bagiku itu dzalim. Kecuali kalau istri yang memang mau secara sukarela memasak untuk kita sahur. Itu beda cerita.

Dalam segi sarana dan prasarana, suami harusnya mengakomodasi apa yang dibutuhkan istri dalam memasak. Suami yang menuntut istrinya seperti chef Renatta, kalian sudah ngasi modal apa? Istri sudah kalian modali kursus memasak bintang lima? Peralatan di dapur sudah kelas Master Chef? Kalau kompor masih satu tungku, wajan dan panci aluminium sebiji, lalu kalian minta makanan seenak chef bintang lima, itu namanya TERLALU. Terima saja makanan yang ada, bersyukur, masih ada makanan di meja. Puji istri, maka dia akan terus belajar dan kemampuan memasak akan meningkat. Istrimu sedang menjaga hartamu, bro! Bantulan dia.

“Aku bukan babu” adalah respon yang tidak tepat

Mengurus rumah tangga bukanlah pekerjaan hina. Salah satunya memasak. Sebagian wanita ketika diharuskan bisa memasak lalu menjawab, “aku bukan babu” adalah respon yang tidak tepat. Istri memang bukan “babu” suami. Istri hidup bersama suami, dengan dasar saling mencintai satu sama lain. Suami memberikan nafkah karena mencintai istrinya. Demikian juga seharusnya seorang wanita memasak dan memberikan makanan sebagai wujud cinta kepada keluarganya. Dengan menyetarakan memasak = babu, maka sama saja mendegradasikan pengorbanan seorang ibu. Apakah kalian menganggap ibu-ibu kalian yang memasak makan untuk keluarga kalian adalah babu? Tidak, kan?

Lelaki juga kadang rada-rada kurang ajar. Mentang-mentang istrinya hanya dirumah saja, lalu ia lepas tangan. Bahkan menganggap bahwa pekerjaan rumah adalah tanggung jawab istri. Banyak suami yang tidak mau melakukan apa-apa di rumah. Sedangkan istri mencuci, membersihkan rumah, kamar mandi, memandikan anak, dan lain-lain. Sehingga ketika sampai waktu memasak, istri sudah capek. Masakannya kacau balau. Ketika suami makan, marah karena tidak enak. Sudah seperti tuan raja saja. Bukan perbuatan yang patut dipuji. Inilah yang ditakutkan para wanita, terutama yang belum menikah, maka dari itu muncul pernyataan “aku bukan babu”. Ya, kan?

Dalam keluarga, semua hal membutuhkan konvensi, kesepakatan yang dibicarakan secara komunikatif. Sebelum menikah, bicarakan dulu kesepakatan yang akan dijalan dalam membina rumah tangga. Rencana dan tujuan harus jelas. Lelaki sebagai pemimpin harus menyusun rencana, apa yang akan dilakukan 1, 5, 10 tahun ke depan. Istri, sebagai mitra suami, membantu keluarga dalam menjalankan rencana tersebut. Salah satunya dengan menyediakan makanan yang bergizi, terjangkau, halal dan baik. Masalah pelaksanaannya bagaimana, itu tergantung keluarga masing-masing. Hal terpenting dalam keluarga adalah tidak ada yang dizhalimi, baik secara lahir maupun batin.

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 100 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Roem Widianto:

    Setuju banget, mas. Mungkin ada istilah “istri bukan babu” ya gara-gara adanya fenomena itu. Istri capek-capek ngurus rumah tangga, eh suami cuma bisa maido gara-gara masakan istrinya rasanya ada yang kurang. Dan itu adalah yang ditakutkan sama para perempuan di luar sana yang belum menikah. Zaman sekarang kan banyak perempuan yang mengejar pendidikan tinggi, waktu selesai sekolah/kuliah pun langsung ikut kegiatan organisasi, belum lagi setelah lulus langsung kerja, kerja banyak lembur pulang malam, jadi sangat memungkinkan skill memasak mereka kurang. Kalaupun bisa mungkin hanya bisa goreng-goreng, masak nasi, dan masak mi instan. Jadi sangat melukai hati kalau ada lelaki yang belum apa-apa sudah menuntutnya harus bisa masak, kalau ternyata si perempuan gak bisa masak malah dicap pemalas dan cuma minta nafkah doang, apalagi sampai melecehkan kaum perempuan seperti kejadian di Twitter beberapa waktu lalu. 😭

    Aku juga setuju kalau menikah itu dijalani oleh dua orang untuk membangun keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Jadi semuanya harus didasarkan dari saling pengertian, saling kerja sama, saling menyayangi, bukan malah saling menuntut. Duh, pasti gak nyaman kalau rumah tangga cuma dipenuhi dengan tuntutan doang. Itu rumah tangga atau pengadilan, kok penuh tuntutan.😄

    • Iwan R.:

      Betul. Namanya manusia tidak sempurna, tapi manusia bisa belajar. Istri tidak bisa memasak, ya dibimbing. Belajar masak bareng. Malah makin tercipta chemistry, makin sayang satu sama lain. 🙂

  2. Andrie Kristianto:

    Nahhh ini bener banget, dalam sebuah keluarga memang harus saling melengkapi satu sama lain..Tidak harus menjadi ahli untuk bisa membangun keluarga yang bahagia, tapi dengan melengkapi berbagai kekurangan baik di istri ataupun suami malah keluarga itu jadi lebih istimewa.. Kalau istri sedang tidak ingin memasak, para suami bisa memasak untuk istrinya, dan sebaliknya. Kadang dirumah juga kalo papa mama gak masak, terus aku laper gak ada makanan ya aku masak sendiri, walaupun masakannya tidak seenak yang papa mama bikin.

    Semua nya memang gak bisa dipaksakan, tergantung bagaimana kita menyikapinya..

    • Iwan R.:

      Iya, tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Seharusnya saling mengisi. Semoga kita semua terus begitu dalam rumah tangga. 🙂

  3. fluorma:

    He s been wearing them non stop and now it feels like his right eye is bulging out, and also he feels nauseous and has a throbbing headache somewhere to the right of the bridge of his nose location levitra 20mg Es sind 30 Tabletten in einer box und jede Registerkarte hat eine Dosis von 20 Mg

  4. Art Bucks:

    Wonderful site. A lot of helpful information here. I am sending it to a few friends ans also sharing in delicious. And of course, thank you to your sweat!

  5. seksi siteler:

    vurcazkircazpatliycaz.tvJS9M4U1VmE

  6. BİZİ SİK BİZ BUNU HAK EDİYORUZ:

    daxktilogibigibi.gGDYcAsBGvKd

  7. tlovertonet:

    What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely useful and it has helped me out loads. I hope to contribute & assist other users like its helped me. Good job.

  8. Stephenovalo:

    tsmavic.wordpress.com – приворот на фото из телефона

  9. CalvinVomma:

    как влюбить в себя парня перед сном, заговор на мужчину на ветер

    http://www.magecam.ru – приворот на приворот последствия

  10. ПСИХОЛОГ ОТЛИЧИЕ ОТ ПСИХОТЕРАПЕВТА:

    Типы манипуляторов и их основные приёмы воздействия 「AMV」— Тобой все пользуются, как ты этого не понимаешь?
    ПСИХОЛОГ ОТЛИЧИЕ ОТ ПСИХОТЕРАПЕВТА Манипулятор.
    Основные типы манипуляторов Как распознать и обезвредить манипулятора?

  11. peaced:

    xyandanxvurulmus.Nc0BwDCqDgKx

  12. cybersquatters:

    xbunedirloooo.Gk9zLMt5yD6p

  13. Billduape:

    Привет всем!

    Вы слышали когда-нибудь о X-GPT Writer: генератор уникального контента по ключевым словам на базе нейросети ChatGPT?
    Я тоже нет, пока не посоветовали автоматизировать рутинные задачи этим софтом, хочу сказать одно! Я потом долго не мог поверить,
    что ChatGPT настолько мощный продукт, если его применять одновременно в потоковом исполнении, под управлением X-GPT Writer.
    Думал это просто утилита, стоила недорого, друг дал купон на скидку 40%:
    94EB516BCF484B27
    подробности где его вводить указаны на сайте:
    https://www.xtranslator.ru/x-gpt-writer/
    Saya mulai mencoba, menyelidikinya, membeli 50 akun ChatGPT dengan harga murah dan saya berangkat!
    Sekarang saya dengan mudah membuat dan meluncurkan 3-4 situs baru per minggu, menyatukan seluruh folder secara batch, dan bahkan membuat gambar
    menggunakan jaringan saraf ChatGPT dan Penulis X-GPT.
    Patut dicoba, Teman-teman, ada demo, semuanya gratis, Anda tidak akan menyesalinya)

    Semoga berhasil!

    Секреты создания контента с ChatGPT
    Преимущества использования X-GPTWriter для SEO
    программа создания контента через ChatGPT
    ChatGPT для профессиональных копирайтеров и маркетологов
    Программа для автоматического создания текстов с использованием ChatGPT
    Автоматизация создания текстов с X-GPTWriter
    Создание уникальных статей с ChatGPT
    ChatGPT в качестве синонимайзера текста
    Как X-GPTWriter помогает в SEO-оптимизации контента
    Где найти промо коды на X-GPTWriter

  14. superspecialized:

    superspecialized xyandanxvurulmus.kIbqXHhtKZIW

  15. Charleslom:

    черный приворот очень сильный – Обратится к магу – dzen.ru/id/653538d7d6100f7a6fee8469

    черная магия приворот на деньги

  16. KeithFut:

    Проведение сильных любовных приворотов по фотографии.

    Обратиться к магу за приворото, почитать отзывы mirprivorotov.ru.

    черная магия приворот любимого

  17. Slotbom88:

    It’s really a nice and useful piece of info. I am happy that you just shared this useful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  18. RobertMen:

    отзывы про привороты – почитать отзывы о привороте

    отзывы о приворотах

  19. Casie Susko:

    Somebody necessarily assist to make seriously articles I’d state. This is the very first time I frequented your web page and so far? I amazed with the research you made to make this particular publish incredible. Wonderful task!

  20. https://premierpoolstallahassee.com/:

    This design is spectacular! You obviously know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  21. Warung138:

    Does your site have a contact page? I’m having a tough time locating it but, I’d like to shoot you an e-mail. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it grow over time.

  22. Fungame777:

    he blog was how do i say it… relevant, finally something that helped me. Thanks

  23. Slotbom77:

    Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  24. KKSLOT777:

    A person necessarily help to make severely articles I might state. This is the first time I frequented your web page and thus far? I surprised with the research you made to make this particular publish amazing. Magnificent task!

  25. anal sikis siteleri:

    bahis siteleri porn sex incest vurgunyedim.kFABsJJZWzcg

  26. eski rahatiniz olmayacak:

    porn sex yaralandinmieycan.fGZEiJWp64bP

  27. Kedai138:

    great post.Ne’er knew this, thankyou for letting me know.

  28. fuck google:

    sektor benim zaten amin evladi citixx.y2tlJVkXHt00

  29. bahis siteleri child porn:

    bahis siteleri porn sex incest hyuqgzhqt.la4I0keIYL8W

  30. escort siteleri:

    fuck ewrjghsdfaa.6JYI2fhbbgEa

  31. sexax:

    watch porn video wrtgdfgdfgdqq.Q7CWTMr8ZqMv

  32. craft porn:

    bahis siteleri porn sex incest wrtgdfgdfgdqq.zJ0Rl8znlAZs

  33. TRADESIA OFFICIAL:

    You’re a magician! This discovery is magical for my project.

  34. Puravive:

    I loved even more than you will get done right here. The picture is nice, and your writing is stylish, but you seem to be rushing through it, and I think you should give it again soon. I’ll probably do that again and again if you protect this hike.

  35. techniibard:

    I do agree with all the ideas you have introduced on your post They are very convincing and will definitely work Still the posts are very short for newbies May just you please prolong them a little from subsequent time Thank you for the post

  36. businesssvise:

    I do not even know how I ended up here but I thought this post was great I dont know who you are but definitely youre going to a famous blogger if you arent already Cheers

  37. qweqt:

    Thank you for the auspicious writeup It in fact was a amusement account it Look advanced to far added agreeable from you However how can we communicate

  38. anal siteleri:

    bahis siteleri child porn pompadirha.MQz9kkrNBpCg

  39. escort:

    amciik siteleri asillartaklitler.LQytaq6fMDRY

  40. eskort siteleri:

    bahis siteleri sikis hephupx.zYpLxByclbcz

  41. pornhub bahis siteleri:

    BİZİ SİK BİZ BUNU HAK EDİYORUZ hepxhupx.q0y2IHw2hx2D

  42. bahis siteleri sikis:

    sektor benim zaten amin evladi juljulfbi.13ZZgFTdgz38

  43. generic cialis:

    Good post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon on a daily basis.
    It’s always helpful to read through articles from other writers
    and use something from their websites.

  44. escort:

    childrens sex bjluajszz.d5wcyv8dGjJN

  45. bahis siteleri child porn:

    fuck google bxjluajsxzz.SkulsRgcXbQo

  46. porn sex:

    fuck google 0qbxjluaxcxjsxzz.VPFdqwVt47gn

  47. kupit-diplom1.com:

    Получение образования важно для занятости на высокооплачиваемую работу. Иногда случаются ситуации, когда предыдущий документ не подходит для выбранной трудовой сферы. Покупка образовательного документа в Москве решит эту проблему и гарантирует процветание в будущем – https://kupit-diplom1.com/. Существует много причин, приводящих к приобретение образовательного документа в Москве. После продолжительного трудового стажа внезапно может потребоваться университетский диплом. Работодатель вправе менять требования к персоналу и принудить вас сделать выбор – диплом или увольнение. Очное обучение занимает много времени и энергии, а заочное обучение — потребует средства для проведения экзаменов. В подобных обстоятельствах более разумно купить готовый документ. Если вы уже знакомы с особенностями будущей профессии и научились необходимым навыкам, нет необходимости тратить годы на обучение в ВУЗе. Плюсы покупки документа об образовании воспринимают скорое производство, абсолютное совпадение с оригиналом, приемлемую стоимость, гарантию трудоустройства, возможность выбора оценок и удобную доставку. Наша фирма предоставляет возможность каждому человеку получить желаемую специальность. Цена изготовления свидетельств приемлема, что делает данное предложение доступным для всех.

  48. kupit-diplom1.com:

    Где приобрести документ – kupit-diplom1.com — вопрос, который многие задают себе. Мы предлагаем широкий выбор услуг по покупке аттестата. Обратитесь к нам и получите надежный документ.

  49. diplomguru.com:

    Мы предлагаем широкий ассортимент документов о среднем и высшем образовании. Наш интернет-ресурс https://diplomguru.com позволяет заказать и приобрести диплом техникума без необходимости внесения предоплаты.

  50. qweqtt:

    I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get got an impatience over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  51. BrianUterb:

    Доброго!

    Бывало ли у вас так, что вам приходилось писать дипломную работу в ужатые сроки? Это поистине серьезная и трудная задача, но важно не сдаваться и активно заниматься учебными процессами, чем я и занимаюсь.
    Тем, кто умеет эффективно ориентироваться в информационном пространстве и искать нужные данные через поисковые системы, это действительно облегчает процесс согласования и написания дипломной работы. Таким образом, нет необходимости тратить время на посещение библиотек или организацию встреч с дипломным руководителем. Если вы ищете качественные источники для подготовки дипломов и курсовых работ, у меня есть несколько полезных ссылок, которыми вы можете воспользоваться.
    http://vuzdiploma.ru/

    Желаю всем отличных оценок!

    купить диплом в калуге
    купить диплом в елабуге
    купить диплом в буйнакске
    купить диплом для иностранцев
    купить диплом в железногорске
    купить диплом старого образца
    купить диплом в заречном
    купить диплом инженера электрика
    купить диплом в кисловодске
    купить диплом в кстово

  52. diplom4.me:

    Планируете приобрести удостоверение СССР? Наша компания предоставляет документы и удостоверения подлинного образца с обеспечением качества и полной конфиденциальностью.

  53. สนใจคลิก รับจำนำรถ:

    I like this web blog so much, saved to favorites.

  54. Annareugs:

    Здравствуйте!

    Были ли у вас случаи, когда вам приходилось писать дипломную работу в кратчайшие сроки? Это действительно трудно и ответственно, но важно не падать духом и продолжать работать над учебными процессами, чем я и занимаюсь.
    Для тех, кто умеет эффективно использовать интернет и находить нужную информацию, это оказывается весьма полезным. Это помогает в процессе согласования и написания дипломной работы, и нет необходимости тратить время на посещение библиотек или встречи с научным руководителем. Если вам нужны хорошие источники для подготовки дипломных и курсовых работ, я могу поделиться полезными ссылками.
    http://vuzdiploma.ru/

    Желаю всем отличных оценок!

    купить диплом в димитровграде
    купить диплом в абакане
    купить диплом агронома
    купить диплом в гуково
    купить диплом специалиста
    купить диплом в пензе
    купить диплом в новомосковске
    купить диплом в анапе
    купить диплом экономиста
    купить диплом в березниках

  55. diplomsuper.net:

    Заказать аттестат в Москве – практичное решение для каждого, кто живет в городе.

  56. www.diplomex.com:

    В текущих условиях затруднительно сделать будущее обеспеченных без высшего образования – diplomex.com. Без высшего образования получить работу на работу с подходящей оплатой труда и хорошими условиями почти невозможно. Достаточно много индивидуумов, получивших информацию о подходящей вакансии, вынуждены от нее отклониться, не имея такого документа. Однако ситуацию можно решить, если заказать диплом о высочайшем образовании, стоимость которого будет доступна в сравнение со ценой обучения. Особенности заказа диплома о высшем образовании Если лицу потребуется лишь демонстрировать документ близким, ввиду причины, что они не удалось закончить учебу по какой-либо причинам, можно заказать недорогую топографическую копию. Однако, если его придется показывать при нахождении работы, к проблеме стоит подходить более серьезно.

  57. diplomkupit.org:

    В Москве приобрести свидетельство – это комфортный и оперативный метод достать нужный бумага безо дополнительных трудностей. Большое количество организаций предлагают помощь по производству и торговле свидетельств различных образовательных учреждений – https://diplomkupit.org/. Выбор свидетельств в столице России большой, включая документация о академическом и среднем ступени учебе, документы, дипломы вузов и университетов. Основное плюс – возможность получить свидетельство Гознака, обеспечивающий достоверность и высокое качество. Это обеспечивает уникальная защита ото подделок и дает возможность воспользоваться диплом для различных целей. Таким образом, покупка аттестата в столице России является безопасным и экономичным вариантом для данных, кто желает достичь успеху в карьере.

  58. diplom4you.net:

    Внутри Москве купить аттестат – это комфортный и быстрый метод получить нужный запись лишенный дополнительных трудностей. Большое количество компаний продают помощь по изготовлению и реализации свидетельств различных образовательных институтов – https://www.diplom4you.net/. Ассортимент свидетельств в Москве огромен, включая бумаги о высшем и среднем учебе, аттестаты, свидетельства техникумов и академий. Главное преимущество – способность достать свидетельство подлинный документ, обеспечивающий подлинность и высокое стандарт. Это обеспечивает специальная защита против подделок и предоставляет возможность использовать свидетельство для различных целей. Таким образом, приобретение свидетельства в Москве является важным надежным и оптимальным решением для тех, кто стремится к процветанию в карьере.

  59. escort:

    porno siteleri bingoxx.ZAhFVPois2F4

  60. seks siteleri:

    seksi siteler 250tldenemebonusuxx.91VNt4xTLGDO

  61. fuck:

    porno eyeconartxx.29UtuDOdJYTu

  62. seksi siteler:

    sektor benim zaten amin evladi vvsetohimalxxvc.6Jd9TvBEIZED

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.