4 Strategi Meningkatkan Keterlibatan Karyawan Saat Rayakan Ulang Tahun

Keterlibatan karyawan atau employee engagement, saat ini menjadi isu yang paling banyak didengungkan oleh tim HR. Di era milenial, karyawan tidak ingin sekadar gaji tinggi. Rupanya, mereka mencari perusahaan mana yang paling banyak meningkatkan keterlibatan karyawan dengan budaya perusahaan.

Karyawan

Karyawan

Karyawan milenial tidak ingin hanya datang ke kantor, bekerja, lalu pulang ke rumah. Tetapi, mereka ingin turut dilibatkan dan berkontribusi pada perkembangan perusahaan untuk masyarakat secara luas. Salah satunya adalah tim HR dapat merayakan ulang tahun karyawan sebagai simbol bahwa perusahaan mau memperhatikan dan menghargai kontribusi mereka.

Berikut adalah 4 strategi yang bisa dilakukan HR untuk meningkatkan keterlibatan karyawan saat merayakan pesta ulang tahun bagi karyawannya:

#1. Memberikan kado

Semua orang suka hadiah atau kado. Karyawan yang sedang berulang tahun tentu akan sangat bahagia mendapatkan hadiah spesial dari perusahaannya. Meskipun nilainya tidak seberapa, tetapi nilai kenangan secara simbolis dari kado tidak akan pernah tergantikan uang.

Kado ini bisa diberikan saat ia datang ke kantor, atau pada saat jam istirahat makan siang. Tak lupa, sertakan kartu ucapan ulang tahun yang manis untuk menciptakan memori indah tentang perusahaan.

#2. Mengadakan pesta

Perayaan ulang tahun bagi karyawan memang tidak perlu mewah atau mahal. Perusahaan bisa memesan makanan berupa nasi tumpeng, nasi kotak atau bahkan kue – kue tradisional yang akan menyemarakkan suasana.

Bila ada beberapa orang yang berulang tahun di bulan yang sama, perusahaan juga bisa merayakan secara bersamaan. Misalnya, mengajak makan bersama di kafe atau restoran terdekat dari tempat kerja.

#3. Memasang tulisan

Karyawan yang berulang tahun akan merasa dirinya sangat dihargai dan diistimewakan perusahaan jika perusahaan memasang tulisan ucapan selamat ulang tahun untuknya. Tulisan ucapan ulang tahun bisa berupa text berjalan di layar digital, tulisan artistik yang dipajang di dinding ruangan kerja atau membingkai tulisan selamat ulang tahun.

Atau, Anda bisa meniru ide salah satu perusahaan ternama di tanah air yang memajang kue ulang tahun tiruan dan lilin tiruan. Nantinya, rekan kerja yang lain bisa menempelkan kartu ucapan di kue ini sehingga si bersangkutan bisa langsung membacanya satu per satu.

#4. Memberikan bonus tambahan

Tidak ada yang bakal menolak diberi hadiah berupa bonus tambahan uang jajan di saat ulang tahunnya. Bahkan, sejumlah perusahaan ternama telah membuat peraturan tentang Tunjangan Ulang Tahun bagi karyawan. Setidaknya, karyawan tersebut tidak perlu repot lagi memikirkan dari mana ia bisa mentraktir teman-temannya makan atau membeli kue yang akan dibagi-bagikan.

#5. Memberikan cuti khusus

Selain materi, strategi lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan yang berulang tahun adalah memberikan cuti khusus di hari lahirnya. Hal ini dapat mendorong si bersangkutan untuk merayakan ulang tahun bersama keluarga dan memberikan reputasi yang positif bagi perusahaan karena telah mendukung keseimbangan kerja dan keluarga bagi karyawan.

Bila keterlibatan karyawan sudah terbentuk dengan baik, departemen HR pun harus siap terus mempertahankan kesejahteraan dan loyalitas karyawan. Inilah peran penting HR Software Indonesia untuk mendukung program-program divisi HR.

Sebagai HR Software Indonesia, LinovHR menawarkan berbagai fitur dan modul yang dapat menyederhanakan tugas HR dalam mengelola data karyawan, sistem payroll hingga mengingatkan hari ulang tahun karyawan. Jangan tunda lagi, Hubungi LinovHR dan dapatkan uji coba gratis LinovHR untuk bisnis Anda.

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.