Menghindari Jerat Tipu Daya Cowok di Facebook

Ceritanya begini, saya punya kenalan yang biasa saja. Ya, biasa saja dalam segala hal, baik tampang, pekerjaan dan kantongnya. Ternyata, di facebook ia memiliki banyak pertemanan. Namun tidak semua pertemanan itu halal. Ia mendapatkannya dengan tipu daya.

Vicky Prasetya

Masih ingat dengan cowok ini? Mau cinta kalian berakhir dengan cowok seperti ini?

Kenalan saya itu menggunakan tipu daya supaya banyak cewek yang tertarik padanya. Bahkan menurut pengakuannya, ia sudah beberapa kali ML dengan beberapa cewek kenalannya di facebook itu. Semua ia lakukan hanya dengan bermodal profil facebook dan tipu daya. Disini saya akan membahas cara untuk menghindari cowok facebook seperti kenalan saya itu.

Jangan mudah percaya dengan profil facebook

Para cewek, jangan mudah percaya dengan profil di facebook. Seseorang bisa mengisi apa saja di profilnya. Cowok itu bisa menulis ia adalah akuntan, pegawai pajak, polisi, tentara, bahkan astronot sekalipun. Sulit membuktikan mana yang benar-benar pekerjaannya atau bukan. Oleh karena itu kalian harus lebih teliti melihatnya. Caranya sih mudah:

  • Setiap orang pasti memiliki rekan kerja atau teman dekat. Perhatikan interaksi diantara mereka. Maka kalian akan tahu sebenarnya apa pekerjaan seseorang. Jangan terpaku pada satu teman cowok, namun lihat teman-temannya yang lain. Paling tidak mereka bisa memberikan afirmasi tentang jati diri si cowok facebook yang mendekati kalian.
  • Lihat foto-foto yang dipajang, paling tidak bisa diperkirakan apakah sesuai atau tidak dengan profil yang dicantumkannya. Namun terkadang orang tidak terlalu suka sharing foto, sehingga agak sulit membedakan mana yang jujur dan mana yang bohong. Tetapi setidaknya cara ini sedikit membantu.
  • Ajak ngobrol ia tentang pekerjaannya, gali informasi darinya tentang dirinya itu. Setelah jeda satu minggu, ulangi lagi pertanyaan yang sama. Jika memang ia tidak berbohong, maka jawaban dari pertanyaan kalian itu akan tetap sama dalam konteks, meskipun kalimatnya bisa sedikit berbeda.

Tiga hal diatas adalah tahap awal, paling tidak bisa membantu kalian menjadi lebih waspada pada cowok yang kalian kenal via facebook.

Perhatikan rayuannya saat chatting

Mayoritas wanita selalu saja lupa diri jika dipuji. Itu merupakan senjata andalan dari cowok penipu di facebook. Maka dari itu jika ada cowok yang chat dengan kalian tanpa melewatkan sedetik pun untuk memuji kalian, maka lebih baik dihindari. Wanita itu bisa jatuh cinta tanpa bertemu muka, lho. Apalagi kalau ujung-ujungnya minta ketemuan.

Seringnya cowok penipu di facebook mencari korban dengan modus seperti itu. Mereka merayu korbannya, dibuat lupa diri lalu diajak ketemuan. Dengan begitu sang korban akan lupa dengan siapa ia akan bertemu dan tidak lagi perduli akan keselamatan dirinya. Sang cewek sudah dimabuk asmara, maka apapun yang diminta si cowok penipu pasti akan diberikan. Bisa jadi uang atau kehormatan.

Saya tidak mengajari kalian untuk berburuk sangka kepada orang lain, namun sebagai cewek, sudah sepatutnya kalian waspada terhadap cowok asing, apalagi baru kenal di facebook. Di jejaring sosial, apa dan siapa dapat menjadi apapun dan siapapun, jadi kalian harus hati-hati. Oke, selamat berfacebook ria! 🙂

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Miftahur:

    Waaah… modus… modus… modus… 😀
    Berapa persen teman yang anda kenal dari total keseluruhan teman Anda di Facebook?

    • Iwan Restiono:

      Klo aku hampir 90 persen. 😀
      Soale klo ndak kenal tak biarin aja. Ga aku approve. Hahaha…

  2. Hanisah:

    Pada dasarnya hanya orang kesepian dan kurang kegiatan saja yang bisa terkena tipu jerat cowok di fb.. #pengalaman..:D

  3. Pondokgue:

    aku cowok, tapi aku jelas loh kang.. 😀
    gak kayak orang abal-abal di foto itu tu.. XD

  4. indah nuria savitri:

    kudu ceek et riceek ya…soalnya cowok (ngga) selalu gombaal hehehe…tapi bener, sekarang tipu menipu model begini memang mewabaaah :D…TFS..

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.