Sadar Telah Berselingkuh, Lalu Bagaimana?

Anggaplah skenarionya begini: anda berselingkuh dari pasangan. Oke, cukup. Tak perlu kita mencari tahu siapa yang salah hingga hal ini terjadi. Anggap saja anda tertipu dengan perasaan dan nafsu anda. Setelah itu anda sadar bahwa itu sebuah kesalahan. Apa yang anda lakukan?

Cewek selingkuh di belakang pria. What do you think?

Cewek selingkuh di belakang pria. What do you think?

Di sinilah kita akan menatap masa depan, bukan ke belakang. Tak perlu mencari tahu apa dan siapa yang salah, kita move on saja. Solusi ini kami tulis dengan perspektif terbijaksana dari kami.

Jangan memberitahu si dia

Kami tahu, bahwa dalam lubuk hati anda yang paling dalam, anda adalah orang yang baik, yang menyakini bahwa kejujuran adalah kebijakan yang baik. Perselingkuhan yang anda lakukan karena kesalahan dan anda tidak ingin melakukannya lagi. Namun pada kondisi seperti ini, adalah tidak bijak jika anda memberitahukan kepada pasangan anda tentang hal ini. Ini mungkin membuat anda lebih lega, namun ini akan menyakitinya. Perselingkuhan dapat membenarkan satu situasi dalam klausul “apa yang dia tidak tahu tidak akan menyakitinya”. Maka dari itu simpan baik-baik cerita itu, mungkin untuk 20 atau 30 tahun ke depan.

Jangan memberitahu siapapun

Anda merasa bersalah? Oke, itu manusiawi. Bercerita kepada teman terkadang bisa mereduksi sedikit rasa bersalah. Kami tahu bahwa anda merasa menderita jika menyembunyikan ini terus menerus. Namun memberitahukan perselingkuhan kepada siapapun, bahkan seorang sahabat sekalipun adalah bukan tindakan bijak. Pada umumnya orang kesulitan untuk menyimpan rahasia orang, bisa saja keceplosan. Maka dari itu lebih baik menyimpan rahasia di keranjang anda sendiri. 🙂 Resiko kebocoran informasi ini lebih buruk daripada anda sendiri yang menanggung rasa bersalah dalam diri.

Pikirkan lagi apa yang anda perbuat

Saatnya bagi anda untuk melakukan instropeksi diri. Anda harus “melihat ke dalam diri” untuk mencari tahu kenapa anda bisa melakukan perselingkuhan. Mungkinkah anda bosan dengan pasangan? Pada umumnya perselingkuhan terjadi karena ada sesuatu yang kurang dalam hubungan tersebut. Jika anda merasa hal itu tidak dapat diperbaiki, berpisahlah dengan pasangan anda. Sangat tidak adil bagi si dia jika anda berselingkuh kembali. Ini sama seperti memakan kue bagian orang lain, anda benar-benar rakus.

Perbaiki hubungan anda segera

Jika anda merasa hubungan anda dan si dia bisa diperbaiki, setialah kepada pasangan anda dan perbaikilah hubungan anda dengan si dia dengan sepenuh hati. Anda harus membuat langkah nyata untuk perbaikan tersebut, misalnya mengubah hal-hal yang dapat membuat bosan anda dengannya. Bicarakan dengan kekasih anda temukan jalan untuk menghidupkan kembali romansa percintaan kalian. Lakukan apa yang harus anda lakukan supaya anda tidak berselingkuh lagi. Tentu saja hanya anda yang tahu caranya.

Empat hal diatas dapat anda lakukan dengan baik jika memang ada penyesalan dalam diri anda sebagai suatu kesalahan langkah dalam membina hubungan. Jika anda memang hobi selingkuh mungkin tips ini tidak berlaku bagi anda. Bagaimana menurut anda?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.