Bedah “Males Banget” Bersama Christian Sugiono

Sedikit yang menyangka bahwa seorang artis ternama seperti Christian Sugiono ternyata adalah CEO dari salah satu perusahaan media internet MBDC Media. Produknya adalah portal Males Banget yang merupakan sebuah portal humor terbesar di Indonesia.

Christian Sugiono © Google. Hasil foto penulis jelek karena kamera ponsel yang buruk. :)

Christian Sugiono © Google. Hasil foto penulis jelek karena kamera ponsel yang buruk. 🙂

Christian Sugiono, orang mengenalnya sebagai artis sinetron dan bintang iklan. Dalam acara yang bertajuk “Bedah Portal MBDC: Simple Idea Big Impact” yang diselenggarakan pada Sabtu (14/9) ini di Jogja Digital Valley, artis yang akrab disapa Tian ini menjadi narasumber utama dan satu-satunya. Ia datang sebagai founder sekaligus CEO dari MBDC untuk berbagi pengalaman bersama para partisipan yang pada umumnya berlatar belakang di bidang teknologi informasi.

Tentang portal MalesBanget.Com

MalesBanget.Com atau disingkat MBDC adalah portal humor cerdas terbesar di Indonesia. Situs MBDC memiliki konten khas yang “slengekan” namun unik. Menurut Tian, MBDC memang selalu mengikuti hal-hal yang sedang tren di masyarakat, namun dibahas dari sudut pandang lain. Sebagai contoh adalah bagaimana mereka membuat artikel tentang Vicky alias hardianto dengan sudut pandang humor.

Selain “konten menyimpang”, MBDC juga memproduksi konten video yang diterbitkan di Youtube. Channel MBDC di Youtube sudah mendapatkan 7 juta view. Video yang dibuat oleh MBDC adalah video original, bukan “comotan” dari tempat lain. Itulah sebabnya MBDC terdaftar sebagai official partner dari Google & Youtube Indonesia. Menarik, bukan? Lihat saja video mereka tentang traveling.

Pelajaran dari perjalanan MBDC

Acara ini dikemas dalam bentuk talk show, diawali 15 menit presentasi dari Tian lalu dilanjut dengan tanya jawab. Animo partisipan untuk bertanya luar biasa sehingga membuat Tian harus bercerita panjang lebar tentang banyak hal seputar MBDC. Jika ditulis disini, mungkin jari penulis Hanya Lewat akan tanggal satu persatu karena kelelahan mengetik.

Tian bercerita panjang lebar mengenai perjalanan MBDC, mulai dari pendaftaran domain di tahun 2001, sempat “tidur” selama 10 tahun, lalu membentuk MBDC Media bersama partner-partnernya pada tahun 2011. Ia juga menceritakan tentang kesulitan membangun sebuah manajemen, mencari pendanaan, menawarkan produk dan lain sebagainya. Dan ternyata, domain malesbanget.com pernah diblokir oleh kominfo karena kesalahpahaman. Domain tersebut salah dieja menjadi “males bang et” dalam bahasa inggris.

Jika orang melihat Tian hari ini, kesan sebagai aktor gantengnya hilang, berganti menjadi CEO muda yang ganteng. Gesture, ekspresi dan story tellingnya sangat bagus, bahkan bisa dikatakan top markotop. Yah, semoga saja Tian tidak merealisasikan candaannya tadi untuk “nyaleg” saat ditanya tentang “what next after MBDC”. Penulis tidak bisa membayangkan MBDC memuat kampanye Tian menjadi caleg seperti stasiun televisi sebelah.

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Adinda:

    menginspirasi sekali 🙂

  2. Daniel:

    konten di MBDC itu keren, blog saya aja sering cari inspirasi dari portal MBDC…seru gaya bahasannya, kocak dan unik

  3. fuad azhar:

    Sangat menginspirasi…sampai2 sy buat akun di youtube,dailymotion,dan video.com dengan nama “males ngegame channel”.. Karena terispirasi dr MBDC

  4. collettenickle:

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! However, how can we communicate?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.