Bertemu Teman Lama di JOIN Alumni & School Friends

Jejaring sosial menjadi populer lima tahun belakangan ini. Sebut saja Facebook, Twitter dan masih banyak lainnya. Dari Yogyakarta, ternyata ada pula jejaring sosial khusus alumni, namanya JOIN Alumni & School Friends.

JOIN di Google Play, klik untuk menuju ke halamannya.

JOIN di Google Play, klik untuk menuju ke halamannya.

JOIN Alumni & School Friends memiliki sifat terbatas dan tertutup. Hal ini wajar mengingat konsepnya adalah mempertemukan orang yang sekolah pada almamater yang sama. Untuk saat ini, JOIN baru tersedia berupa aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android.

Seperti apa penampakan JOIN Alumni & School Friends?

Bisa saya katakan, bagi mereka yang sedikit enggan belajar, penampilan JOIN ini memang tidak cukup mudah. Ada sedikit ironi ketika target pasarnya adalah orang Indonesia, namun menggunakan bahasa Inggris. Positifnya adalah ini ditargetkan untuk go internasional nantinya, daripada bikin lagi, cukup yang sudah ada saja.

JOIN - Mendaftar dengan Ponsel

JOIN – Mendaftar dengan Ponsel

Gambar diatas adalah penampakan saat saya menjalakan aplikasi JOIN Alumni & School Friends pertama kali. Kita diminta untuk memasukkan nomor ponsel untuk mendaftarkan diri. JOIN akan melakukan verifikasi via SMS yang akan dibaca langsung oleh aplikasi. Mirip seperti Whatsapp, kan?

Tetapi ada keluhan dari beberapa teman, SMS datangnya cukup lama sehingga selalu gagal. Maklum, JOIN masih menggunakan nomor operator biasa untuk mengirim SMS. Terlebih lagi, operator yang digunakan adalah IM3, operator sejuta umat yang sudah terkenal delay SMS-nya luar biasa. Maka dari itu disarankan untuk teman-teman menggunakan akun facebook saja untuk mendaftar di JOIN Alumni & School Friends.

Setelah masuk di JOIN lalu ngapain?

Setelah masuk ke aplikasi JOIN, kita bisa menambahkan sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Kuliah. Jangan bayangkan seperti facebook yang anda bisa kemana-mana. Di JOIN ini, anda hanya bisa berinteraksi dengan teman-teman yang satu sekolahan dan satu angkatan saja.

Penampakan JOIN saat sudah ada di dalam.

Penampakan JOIN saat sudah ada di dalam.

Diatas adalah penampakan aplikasi JOIN setelah saya masuk ke dalamnya. Tidak ada siapa-siapa disana karena saya tidak memiliki teman SD yang menggunakan JOIN. Total saya hanya memiliki 2 orang teman saja di JOIN, itu semua teman SMA. Jika kita salah memasukkan entry year/tahun masuk, maka anda tidak akan menemukan siapapun di dalam grup. Untuk memperbaikinya, anda harus leave grup dan kembali memasukkan data sekolah lagi.

Memang jika kita tidak ingin kesepian, kita dapat mengundang teman-teman menggunakan JOIN. Meskipun masalahnya tidak semua teman kita menggunakan Android. Mungkin jika JOIN membuat versi mobile web juga akan lebih banyak orang yang menggunakannya. Itu sih tebakan saya, mengingat banyak sekali pengguna Opera Mini (J2ME) yang nyasar di blog saya tercinta ini.

Tapi tak apa, coba saja, siapa tahu teman anda sudah ada di sana. Minimal saat JOIN ini besar nantinya, anda bisa berbangga sebagai early adopter. Keren kan? Silahkan klik gambar paling atas untuk menuju ke halaman JOIN Alumni & School Friends di Google Play.

Kalimat yang berkaitan

##################################. cara mencari alumni di whatsapp. 

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.