Beberapa Cara Merawat Kesehatan Prostat

Kelenjar prostat tidak hanya penting untuk kesehatan seksual pria, namun juga kesehatan pria pada umumnya. Belum lagi jika menyangkut masalah keturunan.

Flyer kanker prostat dari Kanada. Credit: letsfcancer.com

Flyer kanker prostat dari Kanada. Credit: letsfcancer.com

Kelenjar prostat bertanggung jawab atas 50% hingga 70% isi dari semen. Cairan yang berwarna putih susu itu berfungsi melindungi sperma dari kerusakan pada saat masuk ke dalam vagina dan rahim. Ketika mulai menua, pria mengalami pembesaran prostat yang membuatnya sulit kencing dan kesakitan dan juga membuat lebih sering ke kamar mandi.

Kanker prostat juga menjadi perhatian besar karena merupakan kanker yang umum ditemukan pada pria. Kanker prostat bertanggung jawab pada kematian 3% pria di seluruh dunia. Oleh karena itu kesehatan prostat sangat penting, sehingga harus dijaga dnegan baik.

Berhenti merokok demi kesehatan prostat

Rasanya tidak ada salahnya kamu berhenti merokok saat ini. Hentikan kebiasaan buruk sebelum menyebabkan hal besar di kemudian hari. Kamu tentu tidak mau menghabiskan hari tua kamu dengan pergi ke kamar mandi terus menerus atau berjuang melawan kanker. Belum lagi kamu dapat menghadapi masalah emfisema dan kanker paru-paru. Contohnya sudah banyak, masihkah kamu mau jadi yang berikutnya?

Selenium untuk kesehatan prostat

Selenium pada awalnya digunakan di bidang kesehatan sebagai perawatan untuk ketombe. Penelitain menunjukkan bahwa Selenium yang digunakan bersama dengan vitamin C, vitamin E dan beta-karoten dapat memblokir reaksi kimia yang menciptakan radikal bebas dalam tubuh. Dengan ini maka Selenium terbukti mengurangi resiko kanker.

Menurut National Institutes of Health Brazil, kacang adalah sumber Selenium terbaik. Makanan lain yang mengandung Selenium adalah ikan Tuna, Cod dan Kalkun. Diluar sana ada juga suplemen Selenium, namun penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan dari produk tersebut mengandung varietas anorgani yang tidak efektif dalam melawan kanker. Jadi, saat ini mulai makan kacang setiap hari itu bagus.

Berhenti onani demi kesehatan prostat

Ya, ini tidak berckamu. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang sering melakukan onani di usia 20-30 tahun memiliki peningkatan resiko terkena kanker prostat. Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa pria yang memiliki gaya hidup seksual atau banyak melakukan hubungan seksual dalam rentang waktu usia yang sama juga memiliki resiko terkena kanker prostat. Nah, lho! Kenikmatan yang sebentar, menderita di kemudian hari.

Meskipun pernyataan-pernyataan diatas masih terjadi pro dan kontra dan penelitain masih terus berlanjut, akan lebih baik kita mengambil jalan yang lebih bijak yakni dengan menghindarinya. Jika hal diatas tidak benar, kamu juga tidak rugi, kan? Jangan lupa juga untuk mencari tahu apakah keluarga kamu ada yang mengalami kanker prostat. Jika ada, bisa jadi kamu juga memiliki resiko terkena.

Semua tindakan diatas dapat mencegah kanker prostat pada diri kamu. Pada intinya adalah gaya hidup yang sehat dapat membuat tidak hanya prostat kamu yang sehat tapi juga seluruh tubuh. Bagaimana menurut pendapat kamu?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.