Tata Cara Menggunakan Pastebin yang Benar

Pastebin adalah salah satu website untuk menyimpan potongan-potongan catatan atau kode pemrograman. Sebenarnya banyak web jenis ini, namun saya memilih pastebin karena sederhana.

Saya membahas cara menggunaka Pastebin ini karena ada email dari seorang pembaca Hanya Lewat. Email ini datang lebih dari dua minggu lalu, sayangnya saat itu saya lupa membalasnya. Berhubung saya merasa punya hutang dan juga ingin berbagi tentang Pastebin, maka saya membuat tutorial ini.

Masuk ke website Pastebin

Untuk masuk ke website Pastebin, ketik saja www.pastebin.com di address bar browser kamu. Di halaman depan sudah terpampang kolom isian untuk mempaste kode atau catatan kamu.

Paste catatan atau kode sumber program disini.Paste catatan atau kode sumber program disini.

Paste catatan atau kode sumber program disini.

Pilih jenis catatan di Pastebin

Setelah itu scroll ke bawah untuk memilih beberapa opsi yang ada. Untuk Syntax Highlighting, saya pilih Bash, karena kebetulan yang saya paste memang shell script. Untuk Paste Expiration pilih None supaya tidak dihapus secara otomatis. Paste Exposure merupakan opsi untuk membuat catatan masuk di daftar Pastebin atau tidak. Saya pilih unlisted karena hanya ingin saya pakai sendiri. Selanjutnya tinggal isi namanya. 🙂

Pilih jenis text yang dipaste, untuk highlighting.

Pilih jenis text yang dipaste, untuk highlighting.

Hasil Pastebin setelah klik Submit

Setelah klik submit, inilah hasilnya. Catatan kamu akan ditandai seperti kode program, jika kamu tepat dalam memilih syntax highlighting. Jika kamu memilih text only, maka tidak akan ada highlighting.

Setelah klik submit, inilah hasilnya.

Setelah klik submit, inilah hasilnya.

Menambahkan Pastebin pada web atau blog

Suatu saat kamu ingin sharing catatan atau kode sumber yang kamu simpan di Pastebin, caranya gampang. Tinggal buka note yang kamu bikin sehingga tampil seperti di atas, lalu lihat pada menu bagian atasnya.

Klik menu Embed untuk menambahkan ke blog.

Klik menu Embed untuk menambahkan ke blog.

Klik pada menu embed, seperti gambar diatas. Lalu akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Kode embed pada Pastebin. Copy untuk digunakan di blog.

Kode embed pada Pastebin. Copy untuk digunakan di blog.

Maka akan muncul dua jenis kode untuk digunakan di web. Jenis Iframe untuk menampilkan note beberapa baris pertama dengan sistem scroll. Sedangkan untuk jenis Javascript akan menampilkan semua note tidak peduli berapa panjangnya ke bawah. Untuk yang pakai wordpress, mungkin lebih mudah jika menggunakan shortcode Pastebin yang telah saya bahas sebelumnya.

Kalimat yang berkaitan

pastebin adalah. cara menggunakan pastebin. apa itu pastebin. cara download di pastebin. pastebin. cara buat playlistiptv di pastebin. cara membuat pastebin. cara makai pastebin. cara login melalu pastebin. cara download file melalui pastebin. apa gunanya dari textbin. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. davidpangribuan:

    Bagaimana Cara Dapat Kodenya

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.