Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Doa Untuk Pengantin Baru

Beserta Maknanya Yang Banyak Menyimpan Kesempurnaan dan Kebaikan

Tujuan melangsungkan pernikahan adalah untuk membina keluarga dan mendapatkan keturunan yang sah sesuai dengan norma agama dan masyarakat, serta mendapatkan kebahagian di dunia maupun di akhirat. 

Menikah juga bisa membentengi diri kamu dari perbuatan maksiat, mendapatkan kasih sayang antar sesama, dan juga mengikuti sunah Rasulullah SAW. Dengan menikah juga maka akan dapat memperluas tali persaudaraan karena mempersatukan keluarga dari pihak laki – laki dengan keluarga dari pihak perempuan. Selain itu, orang yang sudah berkeluarga juga pahala amalnya akan dilipatgandakan dibandingkan dengan yang belum menikah. 

Agar tujuan pernikahan tersebut bisa tercapai oleh orang yang baru menikah atau pengantin baru. Selain memberi ucapan selamat kepada kedua mempelai, alangkah baiknya kamu sebagai keluarga, kerabat, saudara, atau temannya ketika datang ke sebuah pernikahan mendoakannya. 

Berikut doa untuk pengantin baru yang bisa dilafalkan :

“Barakallahu laka, wa Baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair.”

artinya : “Mudah – mudahan Allah memberkahimu, baik ketika sedang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud). 

Doa untuk pengantin baru diatas merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umat Islam. Maksud doa tersebut adalah agar kedua mempelai nantinya ketika menjalani bahtera rumah tangga mendapatkan keberkahan ketika dalam keadaan susah maupun senang dan selalu di jalan kebaikan. 

Makna doa untuk pengantin baru ini banyak menyimpan kesempurnaan dan kebaikan, seperti :

Dalam Doa Untuk Pengantin Ini Kamu Meminta Keberkahan Untuk Kedua Mempelai

Sebagaimana kamu berdoa, “Baarakallahu laka” yang artinya semoga Allah memberi keberkahan padamu. Keberkahan berarti kebaikan dari Allah SWT yang makin bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. 

Keberkahan seperti apa yang kamu mintakan untuk kedua mempelai? Yaitu keberkahan dalam hal rezeki yang baik, halal, dan melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan dalam penghidupan kedua mempelai kelak. Allah SWT juga akan melimpahkan rezeki karena pernikahan. 

Dalam Doa Untuk Pengantin Ini Kita Meminta Keberkahan Untuk Keturunannya

Sementara doa keberkahan untuk anak – anak dan keturunannya terungkap dalam kata – kata, “Wabaarakallahu ‘alaika” yang artinya semoga Allah memberikan anak – anak dan keturunan yang baik padamu. 

Keberkahan dalam keturunan ini berarti mendapatkan anak – anak yang soleh, sehat, terampil, dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya. 

Dengan memanjatkan doa untuk pengantin ini, maka secara tidak langsung kamu juga sudah turut mendoakan keduanya agar cepat – cepat diberi keturunan. 

Dalam Doa Untuk Pengantin Ini Kamu Juga Meminta Allah Agar Mengumpulkan Keduanya Dengan Perkumpulan Yang Baik Dan Harmonis

Dengan memanjatkan doa untuk pengantin juga berarti kamu sudah meminta kepada Allah agar mengumpulkan kedua mempelai dengan perkumpulan yang baik dan harmonis. Maksudnya, hubungan yang didasari oleh sakinah, mawaddah, dan wa rahmah. 

Allah SWT berfirman dalam Al – Quran Surat Ar – Rum ayat 21, yang artinya :

“Dan, diantara tanda – tanda kekuasaan-Nya ialah ia menciptakan untukmu istri – istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda – tanda bagi kaum yang berpikir.”

QS. Ar – Rum ayat 21

Selain melafalkan doa diatas, masih ada doa lainnya yang dianjurkan ketika menyantap hidangan di acara pernikahan. Berikut bacaan doanya :

“Allahummaghfirlahum warhamhum wabairik lahum fiima razaqtahum.”

artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.”

Selesai.

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.