Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

Manfaat Kesabaran Telah Terbukti Secara Ilmiah

Kakek saya bilang, bersabar itu memiliki manfaat yang membuat hidup seorang lebih bahagia. Di waktu lain, Daniel Baugher, seorang dekan pascasarjana di Universitas Pace, New York City berpendapat bahwa ketidaksabaran dapat menyebabkan kegelisahan dan permusuhan.

Ilustrasi kemarahan seorang pria. © examiner.com

Ilustrasi kemarahan seorang pria. © examiner.com

Ternyata ketidaksabaran memicu respon fisiologis yang menyabotase kesehatan seseorang. Penyebab utamanya adalah masalah kualitas dan kuantitas tidur. Menurut Baugher, seorang di masa kini ingin sekali segalanya serba cepat dan lebih cepat lagi. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya kecemasan dan pada akhirnya mempengaruhi kualitas tidur.

Tidak sabar sebagai penyebab darah tinggi

Ada satu jenis kepribadian manusia, dimana orang tersebut selalu merasa tergesa-gesar. Apalagi jika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan keinginan mereka. Seperti misalnya saat terjadi kemacetan lalu lintas atau antrian panjang di kasir pusat perbelanjaan.

Dr. Redford Williams, seorang internis dari Pusat Kesehatan Universitas Duke, North Carolina mengatakan bahwa tipe kepribadian yang selalu tergesa-gesa adalah tipikal yang mudah marah apabila mereka tertahan oleh suatu hal. Tipe kepribadian ini memiliki resiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, dilaporkan bahwa orang yang tidak memelihara kesabaran pada usia 18-30 tahun, memiliki kemungkinan besar mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari. Menurut dokter, tekanan darah tinggi adalah salah satu pertanda bahwa tubuh mulai tidak normal.

Orang yang selalu dalam keadaan tidak sabar dan marah secara konstan dalam kondisi stres. Tubuhnya akan bereaksi melepaskan hormon seperti adrenalin atau kortisol yang merespon situasi stres. Menurut Dr. Williams, respon seperti ini sangat berguna untuk bertahan hidup dalam situasi primitif, namun tidak berguna ketika terjebak macet atau dalam antrian panjang. Kandungan kortisol dan adrenalin yang tinggi akan menyebabkan gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Ketidaksabaran dapat menyebabkan serangan jantung

Dalam sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association di tahun 2000, para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki sikap permusuhan tinggi memiliki kecenderungan menimbun plak di arteri koroner mereka. Ini terkait dengan tingginya kadar hormon kortisol dan adrenalin.

Hormon ini juga memicu tubuh untuk melepaskan lemak ke dalam aliran darah sehingga masuk ke arteri koroner. Arteri koroner adalah pembuluh darah yang membawa makanan kepada otot jantung. Hormon stres (adrenalin dan kortisol) yang tinggi dapat memicu platelet untuk membekukan darah di arteri koroner sehingga memperbesar resiko serangan jantung.

Tetapi orang yang bersabar dan mema`afkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.
Quran, Asy-Syuuraa:43

Kutipan ayat al-Quran diatas disertkan kakek saat bercerita tentang kesabaran. Berarti kesimpulan kakek benar adanya. Orang yang sehat dapat melakukan apa saja yang mereka mau dengan lancar, baik itu bekerja, beribadah, bersantai dan sebagainya. Maka orang yang sabar memiliki probabilitas yang besar untuk bahagia. Bagaimana menurut pendapat anda?

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. sandi:

    Wah bgs

  2. adams aljawiyu:

    sungguh luar biasa penelitian yang telah dilakukan mengenai manfaat sabar ditinjau dari kesehatan, bagi yang ingin mengetahui tentang manfaat sabar dari segi agama dan ganjaran orang yang bersabar silahkan bisa dibaca…
    semoga bermanfaat.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.