Testimoni: Pemakaian PureIT Setelah 16 Bulan

Pada bulan Agustus 2012, saya membeli Unilver PureIt. Tidak terasa banyak waktu berlalu, hingga kini telah 16 bulan saya menggunakan PureIt. Sejauh ini, sudah dua kali saya mengganti GKK PureIt.

Cerita ini adalah tentang penggantian GKK PureIt yang kedua. Penggantian GKK PureIt yang pertama saya lakukan pada akhir April 2013 atau 9 bulan lalu. Ini lebih lama daripada pemakaian GKK bawaan pabrik yang berakhir 7 bulan.

Dimana membeli GKK PureIt?

Saya membeli GKK PureIt di UFO, Jl. Magelang KM 4,5 Yogyakarta, tempat yang sama persis waktu saya membeli GKK PureIt saya yang pertama. Berhubung sudah pernah membeli, jadi saya sudah tahu dimana tempatnya dan apa yang harus dilakukan. Tidak seperti yang dulu, kali ini tidak ada demonstrasi cara pemasangan. Oh ya, harganya naik Rp. 10.000,- menjadi Rp. 160.000,- untuk satu set GKK.

GKK PureIt saya yang kedua. Difoto diatas kipas angin. :)

GKK PureIt saya yang kedua. Difoto diatas kipas angin. 🙂

Saya melakukan pembelian pada tanggal 26 Januari 2014, setelah acara kopdar Komunitas Blogger Jogja di Legend Cafe. Lokasi kopdar itu di jalan Abu Bakar Ali, dekat stadion Kridosono. Jadi kalau saya langsung ke jl. Magelang, tidak akan jauh, dibanding harus pulang dulu ke kost. Yang paling seru adalah saya menemukan jalan-jalan kecil via Google Maps untuk menghindari perempatan Bumijo (jl. Magelang – Tentara Pelajar) yang sering macet. 🙂

Bagaimana hasil pemasangan GKK PureIt?

Setelah pembelian GKK tanggal 26 Januari, tidak langsung saya pasang. Kenapa? Tentu saja karena GKK yang lama masih berfungsi, meskipun indikatornya sudah berwarna merah secara keseluruhan. Nah, pada tanggal 5 Februari 2014, akhirnya PureIt berhenti bekerja, airnya tidak lagi mengalir kebawah. Inilah tanda saya harus mengganti GKK.

Tidak ada kesulitan yang berarti mengingat saya sudah pernah melakukannya. Tiga komponen yang harus diganti bisa saya ganti dengan cepat. Kesempatan ini juga saya gunakan untuk membersihkan beberapa bagian dari PureIt yang berdebu. Setelah kurang dari 15 menit, PureIt saya kembali baru, siap menyaring air lagi. Mengenai pemasangan GKK PureIt, sudah saya bahas dalam testimoni pemakaian PureIt 7 bulan.

Bagaimana perhitungan ekonomis PureIt?

Sejauh ini menurut perhitungan berdasar pengalaman, PureIt cukup hemat. Setidaknya dibanding galon yang mesti beli ke toko itu. Berikut adalah perhitungan saya.

Pembelian PureIt pertama: Rp. 495.000,-
Pembelian GKK PureIt pertama: Rp. 150.000,-
Total uang keluar: Rp. 645.000,-

Total air yang dihasilkan PureIt: 2 x 1500 liter = 3000 liter.

#1. Jika dikonversi menjadi kemasan galon
Tiap kemasan galon berisi 19 liter, maka saya menghabiskan = 3000 / 19 = 157,8 kemasan galon.
Dengan asumsi per galon Rp. 15.000,- maka jika saya menggunakan galon = Rp. 2.355.000,-
Selisih = 2.335.000 - 645.000 = Rp. 1.710.000,-

#2. Jika saya murni menggunakan kemasan galon hingga 16 bulan
Asumsi saya menghabiskan 3 kemasan galon per bulan
Asumsi harga per kemasan galon Rp. 15.000,-
Maka total uang yang saya keluarkan selama 16 bulan = 15.000 x 3 x 16 = Rp. 720.000,-
Selisih = 720.000 - 645.000 = Rp. 75.000,-

Jika dicermati, dari setiap sisi ada keuntungan, meskipun ada perbedaan yang signifikan. Perhitungan pertama membahas jika pemakaian air kemasan galon jumlahnya sama dengan pureIt, maka jelas jauh sekali selisihnya. Perhitungan kedua adalah jika membandingkan pemakaian air kemasan galon mengikuti kebiasaan terdahulu, hasilnya PureIt menang tipis.

Meskipun begitu, masih ada keuntungan tak terlihat di perhitungan kedua. Keuntungan itu yakni bebas masalah pembelian tiap 10 hari (kalo pas ga ada yang jual?) dan total air yang dihasilkan PureIt jauh lebih banyak, sekitar 3:1 dengan PureIt sebagai pemenangnya. Jika saya menggunakan PureIt dengan cara yang sama dengan menggunakan air galon, yakni hanya untuk minum saja, tanpa digunakan untuk memasak, mungkin waktu GKK akan lebih lama lagi. 🙂

Nah, bagaimana menurut anda? Sudah tertarik menggunakan PureIt?

Kalimat yang berkaitan

mengapa pure it macet. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.