Mengatasi Internal Memory 0.00B di PicoPad GJT

Sudah lama saya memiliki tablet Axioo PicoPad GJT ini. Saya memang tidak terlalu sering menggunakannya. Tetapi kemarin malam si Picopad GJT ini sudah mencuri perhatian saya, meskipun saya sudah dalam keadaan mengantuk.

Axioo Picopad GJT

Memori Internal kosong, restart factory setting

Ceritanya kemarin pagi tablet PicoPad GJT ini saya pakai untuk main puzzle. Saat indikator baterai habis berbunyi, saya biarkan saja. Akhirnya gadget ini shutdown sendiri kehabisan baterai. Tentu saja tidak bisa bermain dengan gagdet mati, maka saya charge nih PicoPad. Jika dari keadaan baterai habis, charge-nya bisa lama. Maka saya tinggalkan begitu saja dan saya pun mengerjakan hal yang lain.

Nah, saat menghidupkannya kembali, tablet PicoPad GJT saya kembali ke factory reset. Tampilannya berbahasa China, sehingga saya harus meraba-raba kira-kira dimana letak untuk mengganti tampilan tersebut. Awalnya saya pikir itu karena efek kehabisan baterai, namun setelah saya coba buka Google Playstore dan menginstall sesuatu, muncul peringatan “Internal memory insufficient” atau semacamnya.

Hal ini tentu aneh karena seingat saya kapasitas internal memorinya baru terpakai 25% dari 1 GB. Saat saya melihat ke menu Storage di Settings, saya terkejut dengan internal storage yang kapasitasnya 0.00B alias nol, tidak ada tempat lagi. Saya restart tablet PicoPad GJT tersebut, masuk recovery, wipe semua cache dan data. Tetapi semua sia-sia, internal storage tetap nol byte.

Jika ketemu masalah, tanyakan pada Google

Akhirnya tablet ini sukses mencuri perhatian saya. Tadinya mata ini sudah ngantuk sekali ingin segera tidur, tapi saya selalu tidak bisa tidur jika ada sesuatu hal yang tidak beres. Maka hiduplah sang laptop dan mulai Googling. Setelah mencoba berbagai macam kata kunci, akhirnya saya ketemu dua video dibawah ini:

Sebenarnya saya tidak menonton videonya. Berhubung saya punya pengetahuan Android sedikit dan suka kepo utak utik, saya hanya menjalankan yang ada di deskripsi video ini.

Melangkah tanpa melihat video tutorial

Saya akan menulis langkah-langkah yang ada dengan sesingkatnya. Jika anda tidak memiliki pengalaman mengutak-atik Android, lebih baik anda melihat videonya ssaja. Inilah dia:

  • Persiapkan ADB, jika anda belum menginstall android SDK, download saja ADB Instan di sini. Tinggal jalankan dari command prompt.
  • Colok kabel USB, hubungkan antara komputer dengan tablet PicoPad GJT. Pastikan opsi USB Debugging sudah dicentang.
  • Jalankan perintah: adb devices untuk melihat apakah Picopad GJT anda sudah terdeteksi.
  • Jalankan perintah: adb shell pm set-install-location 2 untuk mengubah lokasi instalasi ke sdcard. sdcard yang dimaksud bukanlah microSD, tapi bagian partisi yang masih terdeteksi.
  • Jalankan perintah: adb shell pm get-install-location untuk melihat apakah perintah sebelumnya sudah diselesaikan dengan baik.
  • Install aplikasi yang dibutuhkan, mulai dari SuperSU, Busybox Installer dan Terminal Emulator.
  • Jalankan busybox installer, anda membutuhkan koneksi internet disini. Sambungkan tablet ada.
  • Setelah busybox terinstall, buka Terminal Emulator dan jalankan perintah ini:
    $ su
    # cp /system/xbin/busybox /system/bin
  • Tutup Terminal Emulator lalu restart Picopad GJT anda. Jika anda tidak mau repot, ketik saja restart di Terminal Emulator dan PicoPad akan restart.

Problema terselesaikan! Mungkin ada yang bilang: hanya begitu? Ya, memang hanya seperti itu cara untuk memperbaikinya. Saya juga masih bingung apa yang sebenarnya terjadi. Tapi saya berhasil menggunakan metode tersebut. Selamat berjuang!

Kalimat yang berkaitan

cara mengatasi memori internal rusak. memori internal android rusak. memori internal android tidak terbaca. https://hanyalewat com/20141615-mengatasi-internal-memory-0-00b-di-picopad-gjt. cara memperbaiki penyimpanan internal yang rusak. cara memperbaiki memori internal yang tidak terbaca. cara memperbaiki memori internal yang rusak. penyimpanan telepon rusak. memori internal tidak terbaca. penyimpanan internal android tidak terbaca. cara memperbaiki memori internal android yang rusak. mengatasi memori internal android tidak terbaca. memori internal hp rusak. internal storage android tidak terbaca. memori internal rusak. cara mengatasi memori internal tidak terbaca. penyimpanan telepon tidak terbaca. cara memperbaiki memori internal android yg rusak. cara mengatasi penyimpanan telepon rusak. memori telepon rusak. memori internal kosong. mengatasi android internal rusak eror. cara memperbaiki penyimpanan telepon yang rusak. cara mengatasi memori internal error. penyimpanan internal tidak terbaca. memory internal rusak. memori internal error. internal android rusak. cara memperbaiki penyimpanan telepon rusak. cara memperbaiki memori internal rusak. 

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 15 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. THH:

    ngasi tutor yang jelaks lah..
    video ya jg gk bsa dibuka..
    file ADB yg lo kasi jg gk bsa dibuka

    • Iwan Restiono:

      Download ADB nya pake Chrome? Ada peringatan gitu, kan? Jangan pilih discard, klik tanda panah, pilih Keep. Kalo videonya ane ga bisa apa-apa, itu bukan milik ane. Udah dihapus sama pemiliknya. Kalo ente ngikutin tulisan tutorial dibawahnya pasti bisa. Dan kalo ente masih awam android, ya mohon maaf, ane ga bisa bantu lebih jauh.

  2. bagus:

    gan mohon bantuannya,punya ane ngalamin kaya punya agan.punya ane beyond b tab 9.udah ngikutin cara agan,pas ngetik perintahnya di comand promp tulisannya “adb” is not recognized as internal or external comand, operable program or batch file.mohon bantuannya gan,mks sebelumnya.ane tunggu infonya

    • Iwan Restiono:

      Sudah download ADB instan yang saya link diatas? Extract di satu direktori.
      Pastikan direktori anda menjalankan perintah adalah direktori dimana file adb.exe berada.
      Sebagai contoh anda mengekstrak file adb di C:adb, maka command prompt-nya harus menunjukkan C:adb

      • bagus:

        sama gan ga bisa,sy udah copy ke C folder adb nya. terus saya buka cmd nya terus ke C:\ terus ketik C:\adbtetapmuncul error “adb” is not recognized as internal or external comand, operable program or batch file.mohon pencerahan lanjutannya gan.mks sebelumnya

        • Iwan Restiono:

          Anda masih salah direktori. Kalo direktori adb ada di C: maka direktori kerja anda (yang terlihat di prompt command line) seharusnya C:adb
          Jalankan perintah “cd C:adb” mengekseksusi perintah adb (tanpa tanda petik).
          Silahkan googling dulu referensi tentang perintah DOS, supaya lebih jelas.

          • bagus:

            ok gan…dah ane coba,tapi begitu ketik “adb devices” muncul pesannya di cmd
            adb server is out of date. killing…..
            adb sercer didn’t ACK
            failed tostart daemon
            error: unknown host service
            begitu juga ngetik perintah selanjutnya
            “adb shell pm set-install-location 2” dan “adb shell pm get-install-location” muncul pesan yg sama,mungkin mas iwan punya solusinya.atau mungkin karena beda tab nya ya mas?

          • Iwan Restiono:

            Ada aplikasi sync untuk tablet di komputer anda? Coba di uninstall dulu. Jika tidak ada atau sudah diinstall tapi masih seperti itu, anda harus download Android SDK untuk mendapatkan binary adb yang terbaru.

  3. bagus:

    barangkali mas iwan ada info untuk flash beyond b tab 9
    .

  4. bagus:

    makasih gan atas info2nya.barangkali ada info seputar beyond b tab 9, bisa kirim lewat email saya alifsyabaniputra@gmail.com….

  5. fery:

    kalau microSd yg kyak gitu gimana? saya sudah mengalami niih

    • Iwan Restiono:

      Kalau microSD, coba pasang ke komputer dengan menggunakan card reader, apakah terbaca sama atau tidak. Jika pembacaannya sama 0b, coba lakukan format ulang. Jika tetap tidak bisa, kemungkinan microSD nya yang rusak.

  6. rizal:

    Bro tetminal emulator untuk android atau pc

  7. dinzlfn:

    Klo untuk HH zenfone 5 bisa? Problemnya sama soalnya?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.