Koneksi Internet Esia Max-D Error Selama 3 Hari

Per tanggal 30 April 2014, Esia Max-D milik saya tidak bisa digunakan. Menurut customer service representatif yang bisa saya hubungi, ada perbaikan pada sistem.

Saya tidak tahu perbaikan apa yang dimaksud karena hal itu memakan waktu selama kurang lebih 3 hari, yakni tanggal 30 April, 1-3 Mei menjelang pagi. Koneksi bisa dijalankan normal lagi pada tanggal 3 Mei 2014 kurang lebih pukul 06.00 WIB.

Kronologis kejadian terganggunya koneksi Esia Max-D

Pada malam hari tanggal 29 April 2014, saya berinternet seperti biasa. Berhubung saya menggunakan 4G router, maka saya tidak mematikan koneksi saya setelah selesai dipake. Saya hanya perlu mematikan laptop saja. Koneksi ini juga saya gunakan untuk ponsel Lenovo A706 saya via WiFi.

Saya terkaget ketika di pagi hari, ponsel saya mengeluarkan peringatan untuk login hotspot. Hal seperti ini biasanya terjadi jika ternyata koneksi Esia Max-D saya kehabisan kuota dan diredirect ke halaman error. Namun saya ingat betul bahwa saya baru mengaktifkan paket tersebut 21 April 2014 dan sehari sebelumnya pemakaian baru 2,9 GB.

Esia Max-D error

Lihat pada bagian pulsa-nya. Ga ada alias error. 🙂

Saya coba masuk ke halaman My Esia, namun susah. Akhirnya saya menggunakan koneksi lain, yakni Tri yang ada di ponsel saya. Saya coba masuk ke My Esia, login dengan akun Max-D yang saat ini aktif dan melihat bahwa kartu saya masih memilik kuota yang cukup. Kemudian saya bertanya-tanya, lalu masalahnya dimana? Saya pakai modem yang lain, ternyata tidak bisa juga.

Sulitnya menghubungi pihak Esia Max-D

Akhirnya saya berniat menghubungi call center Esia untuk menanyakan hal ini. Karena sudah pasti dan jelas bahwa kesalahan bukan pada pihak saya, namun sistem di Esia Max-D. Saya pindahkan nomor saya ke ponsel CDMA dan mencoba menghubungi *990 namun tidak bisa tersambung.

Nah, saya ingat bahwa bisa jadi kartu saya yang kehabisan pulsa, mengingat call center itu ada tarifnya. Saya coba cek pulsa ke *555 namun tidak bisa tersambung. Saya coba ketik SALDO dan kirim ke 555. Tahu apa balasannya saudara-saudara? Pulsa saya – (tanda dash), ya, hanya tanda dash. Bukan nol, tapi tanda dash. Mirip seperti yang ada di panel login Esia Max-D berikut ini.

Saya coba isi pulsa melalui konter terdekat. Awalnya konternya mengatakan bahwa pulsanya sudah masuk. Oke, saya percaya karena tidak bawa nomer Esia Max-D saat itu. Nah, ternyata belakangan konternya menghubungi saya mengatakan bahwa pengisian pulsanya tidak berhasil dan saya bisa mendapatkan refund. Oke, jadi masalahnya ada di Esia Max-D, bukan di nomor atau modem saya.

Lapor ke facebook Solusi Esia

Akhirnya saya teringat dengan akun facebook Solusi Esia. Saya pun menghubungi akun tersebut dan mengutarakan apa yang terjadi. Setelah ditanya detail seperti nomor telepon dan ICCID yang ada di belakang kartu itu, baru deh dijelaskan kalau ada perbaikan sistem. Hanya itu saja penjelasan dari pihak Solusi Esia. Tak ada yang lain. Meskipun tidak puas, namun saya bisa apa? Saya orang yang mengerti sistem, maka mau marah-marah ke CS pun akan percuma. Wong bukan dia yang kerjain. 🙂

Pada akhirnya, setelah menunggu dengan galau selama 3 hari, tepatnya hari ini si Esia Max-D saya bisa digunakan kembali. Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa tidak pakai provider lain saja? Haha. Hanya Esia Max-D yang kecepatannya manusiawi di tempatku bermukim. Provider lain sinyalnya hancur disini. Nantinya bukan menghilangkan stress, malah tambah jadi depresi. Nah, sekelumit kisah ini hanya pengungkap uneg-uneg dan kekesalan saya tiga hari tanpa internet memadai. Yak, silahkan lanjutkan berinternet! 🙂

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.