Kami baru saja bikin ebook tentang VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT dan VCC. Ebooknya bisa didownload disini. Gratis!

Halloween Memiliki Akar Budaya Pagan

Perayaan Halloween hari ini mungkin diisi dengan segala macam kesenangan modern. Akan tetapi sebenarnya perayaan ini memiliki asal usul yang berakar pada praktek pagan kuno.

What in Sam Hain? By Pantheos.

What in Sam Hain? By Pantheos.

Kami akan menyajikan tinjauan lini masa tentang bagaimana salah satu perayaan pagan tertua di dunia ini berkembang dalam 3000 tahun terakhir ini.

Samhain, 1.000 SM – 100 SM

Bangsa Celtic pertama kali merayakan pesta sejenis ini yang dikenal dengan festival orang mati. Perayaan pra-Kristen ini disebut dengan Samhain, diucapkan Sah-ween. Pernah mendengarnya? Ya, Samhain adalah saat hantu atau para roh berjalan diantara yang hidup.

All Saint’s Day, 43 M – 600 M

Misionaris Kristen bukanlah penggemar Samhain karena merupakan budaya pagan. Mereka berusaha mengenyahkan budaya tersebut. Ketika usahanya tak berhasil, mereka merubah Samhain menjadi “lebih Kristen”.

All Hallows’ Day, 800 M – 1.000 M

Budaya pagan itu masih belum bisa diguncang, maka Paus Gregorius III mengeluarkan taklimat bahwa All saint’s Day yang juga dikenal dengan All Hallows’ Day (1 November) dijadikan satu dengan Samhain. Dalam perayaan ini penduduk desa diminta untuk berpakaian seperti orang-orang kudus dan para pemuda disuruh untuk berjalan dari pintu ke pintu mengemis makanan untuk orang miskin. Sekarang terdengar seperti Halloween yang kita tahu, kan?

All Hallows’ Evening, 1500 M – Awal 1800 M

Maju cepat beberapa ratus tahun, malam sebelum All Hallows’ Day disebut dengan All Hallows’ Evening atau disingkat Hallowe’en. Kristen Protestan berusaha untuk menyingkirkan praktek pagan ini namun bangsa Celtic masih merayakan ini dengan api unggun dan membolehkan anak-anak mengemis uang. Di Amerika, kaum Puritan melarang Halloween, Natal dan Paskah karena mereka menganggap hal itu lebih Katolik. Hanya Katolik dan Episkopal yang merayakan Halloween.

Sekitar tahun 1850 M

Jutaan imigran asal Irlandia membawa tradisi Halloween ke Amerika. Mereka memakai kostum dan mengunjungi rumah-rumah di lingkungannya untuk meminta makanan atau uang. Lebih mirip dengan Trick or Treat sekarang kan?

Anoka, 1921 M – 1966 M

Anoka, Minnesota adalah kota pertama yang secara resmi merayakan Halloween. Menyusul New York pada tahun 1923 dan Los Angeles pada tahun 1925. Pada tahun 1966, “It’s the Great Pumpkin, Charles Brown” membuat debut penampilan di televisi. Itulah asal labu kuning yang diukir mirip monster sebagai dekorasi Halloween.

Halloween sekarang dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia dari semua umur. Perayaan ini adalah pencetak uang besar. Kostum, permen, perlengkapan pesta dan yang lain-lain. Halloween modern telah berubah menjadi stimulus ekonomi. Namun jangan lupakan, bahwa sebenarnya perayaan ini memiliki asal-usul dari pagan, Samhein. Bagaimana pendapat kamu?

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.