Kami baru saja bikin ebook tentang VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT dan VCC. Ebooknya bisa didownload disini. Gratis!

Serba-serbi Kamera dan Jenis yang Beredar

Kamera adalah alat yang sudah dikenal luas untuk mengabadikan berbagai momen penting dalam kehidupan.

CP: Kamera

Tanpa adanya alat satu ini, maka memori akan tempat, orang, maupun berbagai hal visual lain dalam hidup akan terlupakan begitu saja. Tetapi tidak semua orang bisa menggunakan camera dengan tepat dan menghasilkan gambar yang bagus. Bagi masyarakat umum, camera biasa saja sudah cukup, tetapi bagi yang pro, tentu tidak. Ini alasan kenapa ada banyak sekali jenis gadget ini di pasaran.

Di zaman sekarang ini, Anda akan menemukan banyak sekali jenis camera, dan semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, serta mempunyai tujuan yang spesifik. Meski berbeda, namun bagian-bagian di dalamnya sendiri masih serupa, biasanya berupa:

  • Lensa – media penyaring untuk memindai gambar, membentuk bayangan yang sifatnya nyata.
  • Viewfinder – jendela bidik untuk melihat obyek dan komposisi ketika akan difoto.
  • Apertur – untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk dalam kamera (f4, f5, f6, dst.). semakin besar angka, apertur makin kecil.
  • Film – menangkap dan merekam bayangan benda yang telah dibentuk lensa (dalam camera analog).
  • Diafragma – mengatur besar kecil apertur.
  • Sensor (digital) – menangkap gambar di camera.
  • Layar LCD – untuk melihat hasil gambar (ganti film pada analog).
  • Storage – media penyimpanan seperti memory card, USB, dll.

Memilih kamera sendiri merupakan sebuah pengalaman yang bersifat cukup pribadi. Anda harus menentukan untuk tujuan apa Anda memilih camera tersebut, dan dari situ menentukan jenis camera yang Anda perlukan. Untuk foto biasa seperti acara keluarga atau pribadi, maka compact digital camera adalah pilihan tepat lantaran bisa dibawa kemana-mana. Sementara bagi yang serius dengan fotografi akan memilih DSLR camera.

Adapun jenis camera yang beredar di pasaran sekarang ini adalah:

  1. Analog
    Camera dari zaman dahulu, masih menggunakan pita seluloid atau film, dan harus melalui proses pencucian sehingga gambar bisa muncul.
  2. Polaroid
    Camera yang masih sering dipakai sekarang ini, di mana di dalamnya ditanamkan kertas khusus, sehingga hasil foto bisa langsung dicetak secara instan.
  3. Digital camera
    Jenis paling baru dan paling umum di zaman sekarang. Hasil foto bisa langsung dilihat dan disimpan dalam memory stick, memory card, USB, dll. Jenis camera ini sendiri ada bermacam-macam, seperti DSLR untuk yang hobi fotografi, pocket camera untuk keperluan pribadi, dll.

Ketika Anda akan membeli kamera, tak ada salahnya untuk mengajak teman yang mengerti tentang fotografi bersama Anda. Mereka akan bisa memberikan saran mana yang paling cocok untuk keperluan Anda, memastikan jenis lensa dan resolusi yang sesuai harga, dan mengerti istilah-istilah dalam fotografi. Siapkan juga budget Anda, berhubung camera seperti ini tidaklah murah.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.