Sehubungan dengan mewabahnya COVID-19, tolong untuk tetap di rumah, apartemen, kost atau kontrakan kalian!
Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia, eh?

5 Manfaat Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Pernahkah anda menggunakan kalkulator kehamilan? ini adalah salah satu alat cek kesehatan bagi anda yang sedang hamil. Alat ini sangat berguna untuk para ibu hamil. Bahkan kalkulator kehamilan juga dapat memantau berat badan anda ketika hamil.

Alat ini membantu anda untuk menentukan seberapa banyak asupan gizi yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, ada juga manfaat lain yang akan anda dapatkan ketika menggunakan kalkulator kehamilan, di antaranya adalah di bawah ini.

1. Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Pada umumnya, masa kehamilan seorang ibu adalah sekitar 38 minggu. Masa kehamilan ini terhitung sejak masa pembuahan. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua perempuan menyadari proses pembuahan ini. Bahkan tidak jarang beberapa perempuan tidak mengerti hal ini sama sekali. Tidak banyak yang paham usia kehamilan yang sedang berjalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menggunakan kalkulator kehamilan.

Kalkulator kehamilan sangat berguna untuk menghitung usia kehamilan. Cara perhitungannya pun sangat mudah. Anda bisa melakukannya secara manual atau menghitungnya secara praktis dengan kalkulator kehamilan online. Kalkulator kehamilan bisa digunakan untuk menilai usia kehamilan dengan akurat.

2. Untuk Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Kalkulator kehamilan tidak hanya bisa anda gunakan untuk menghitung usia kehamilan. Selain itu, kalkulator kehamilan juga bisa digunakan bagi anda untuk menghitung hari perkiraan bayi lahir. Dengan menggunakan kalkulator ini, ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan baik dan matang. Dan tidak dipungkiri bahwa persiapan perkiraan lahir bisa ditentukan dengan menggunakan rumus kalender kehamilan.

3. Membantu Memperkirakan Kenaikan Berat Badan

Seorang ibu yang hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Bahkan tidak sedikit perempuan hamil yang mengalami kelebihan berat badan seketika dengan cepat tanpa terkontrol. Maka sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk menaikkan atau mengurangi berat badan ke ideal atau normal. Salah satu cara untuk menentukan dan memperkirakan kenaikan berat badan yang normal untuk ibu hamil adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

4. Mengetahui Berat Badan bayi

Siapa yang tahu berat badan calon bayi di dalam kandungan? Tidak semua tahu berat badan janin yang ada di dalam kandungan. Meskipun begitu, masih ada cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi janin. Untuk mengetahui informasi tersebut, anda dapat menggunakan kalkulator kehamilan. Melalui kalkulator kehamilan, anda bisa mengetahui berat badan bayi di dalam kandungan dengan mengetahui dan memahami berat badan bayi. Kemudian ibu hamil pun akan lebih cepat tahu dan paham seberapa banyak asupan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

5. Mengetahui Kapan Awal dan Akhir Trimester

Bagi sebagian besar perempuan, kehamilan akan membawa beberapa perubahan yang cukup besar. Tidak hanya perubahan fisik tetapi juga pada suasana hati. Bahkan tidak sedikit perempuan yang memiliki emosi lebih sensitif ketika hamil. Apalagi pada fase trimester kehamilan, ini adalah momen yang bakal membawa pengaruh yang berbeda-beda pada perempuan. Untuk mengantisipasi setiap perubahan yang muncul, anda bisa memanfaatkan kalkulator kehamilan. Alat ini dapat membantu anda dalam menjaga emosi lebih stabil.

Meskipun bukan hal yang besar tetapi kalkulator kehamilan memiliki peran yang besar untuk kelangsungan masa kehamilan yang lancar. Sehingga kalkulator kehamilan memberikan solusi pada para ibu hamil. Dan demikian itu adalah 5 manfaat yang bisa anda dapatkan dari kalkulator kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga masa kehamilan anda lancar tanpa hambatan

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.