Merakit PC dengan AMD Athlon 3000G

Ada yang melatarbelakangi kenapa aku merakit PC AMD Athlon 3000G. Beberapa waktu lalu, persis ketika awal WFH, PC aku bermerek Dell Optiplex 9010 mengalami masalah. PC ini sering mati tiba-tiba. Awalnya cuma berlangsung 1-2 kali sehari, setelah dipakai lama, beberapa jam. Di kemudian hari, menjadi hanya 15-30 menit saja sudah mati sendiri.

Mungkinkah pendingin prosesor bermasalah?

Waktu itu aku berpikir mungkin saja ada masalah dengan sistem pendinginan prosesor, bisa karena kontak heatsink dan prosesor sudah tidak bagus. Umumnya disebabkan thermal paste yang sudah mengering. Namun seingatku kalau prosesor terlalu panas, komputer tidak langsung mati pet tapi ngasi perintah ke OS untuk shutdown. Mengabaikan informasi tersebut, aku bongkar PC itu, lalu aku bersihkan semuanya. Termasuk dengan menambahkan thermal paste baru.

Eh, ternyata sama saja. Tidak berbeda dengan sebelumnya. Setelah 20 menit-an, PC mati lagi. Bahkan ketika aku coba untuk menghidupkan PC, namun hanya masuk ke BIOS saja, PC ini kembali mati. Di BIOS juga tidak terbaca ada masalah dengan suhu prosesor. Prosesornya adem-adem saja, tapi tiba-tiba mati sendiri. Tanpa menunggu waktu lama, aku langsung googling tentang hal ini. Diketahui sebabnya adalah:

  1. Permasalahan pada power supply, atau..
  2. Permasalahan pada motherboard

Aku pikir, mungkin saja yang pertama, mengingat power supply baru aku ganti bulan oktober 2019, dimana itu bukan baru, hanya refurbished. Terpikir untuk beli power supply lagi. Setelah beberapa waktu, aku mengurungkan niat untuk membeli power supply, alasannya adalah adanya kemungkinan nomor 2. Power supply Dell Optiplex 9010 tidak murah. Lha kalau ternyata yang kena motherboard-nya? Rugi dong!

Akhirnya, Rakit PC Baru dengan AMD Athlon 3000G

Sementara PC off, aku bekerja menggunakan PC kantor yang aku bawa pulang. Sembari berpikir, apa yang harus aku lakukan. Akhirnya pada 18 Mei lalu, aku memutuskan untuk merakit komputer baru. Pilihanku jatuh pada AMD karena beberapa hal:

  1. Harga berbanding performanya cukup memadai
  2. Menggunakan teknologi terbaru yang lebih hemat daya
  3. Sudah terbukti tidak panas berlebih

15-10 tahun lalu, ketika ditanya pilihan prosesor untuk PC, aku akan jawab AMD karena AMD terbukti murah. Ya, hanya AMD yang bisa kujangkau dengan keuangan waktu itu. Ketika keuangan membaik, aku banting setir menggunakan Intel. Pada saat itu, Intel memang masih yang terbaik, lebih adem dan performanya bagus. Namun sekarang sudah tidak lagi, dari banyak sisi, prosesor AMD sudah mengalahkan prosesor Intel. Itu fakta yang bisa kita lihat.

Detail Prosesor via aplikasi CPU-Z

Balik lagi ke merakit PC, aku mengambil spesifikasi yang paling minimal, namun masih bisa diupgrade. Spesifikasi yang aku pilih seperti ini:

  • Motherboard Asrock A320M-HDV – Rp. 775.000,-
  • Prosesor AMD Athlon 3000G – Rp. 828.000,-
  • Team Elite DDR4 2666 Mhz RAM 8G (1 keping) – Rp. 610.000,-
  • Armageddon Nimitz TR1100 Gaming Case – Rp. 525.000,-

Hanya itu komponen kunci yang aku beli, selebihnya aku sudah punya seperti SSD V-Gen, monitor, keyboar dan mouse dari PC sebelumnya.

Asrock A320M-HDV

Pemilihan Asrock A320M-HDV lebih pada harga dan penggunaan umum. Aku melihat di banyak marketplace, motherboard ini adalah yang paling laku. Kebetulan harganya juga sangat pas di kantong. Melihat berbagai macam review, motherboard ini tidak jelek. Beberapa rekan yang menggunakan rakitan AMD juga menyarankan motherboard yang sama. Jadi ya akhirnya aku pakai itu saja. Tadinya pilihan kedua adalah ASUS dengan spesifikasi yang hampir mirip, tetapi di toko yang aku tuju tidak tersedia.

Salah satu yang menjadi titik berat aku memilih motherboard ini adalah slot SSD M.2 untuk SSD. Mungkin saja suatu saat aku butuh. Sayangnya memang slot ini masih SATA3, bukan NVMe. Bedanya tentu di transfer speed-nya. SATA3 6 Gbps transfer rate-nya maksimal 600 Mbps saja, meskipun slot ini sudah support Ultra M.2 dengan rate hingga 4 Gbps. Ya namanya harga murah, kok minta NVMe, kebangetan kalau kata orang.

Prosesor AMD Athlon 3000G

Aku yang sudah terpisah dari dunia hardware sejak beberapa tahun lalu, tidak mengetahui perkembangan. Sebelum beberapa bulan lalu duniaku masih berputar-putar dengan “Intel membuat prosesor yang terbaik”, namun ternyata aku salah. Aku lihat di Youtube, ada banyak youtuber teknologi yang membahas tentang prosesor AMD, wabil khusus keluarga AMD Ryzen. Aku tidak percaya begitu saja, ah, bisa jadi gimmick, cuma promosi saja.

Tidak sampai aku mencoba sendiri. Ada seorang teman yang ingin ditemani merakit PC baru. Aku pun berangkat ke sebuah toko di sekitaran UGM Jogja. Disana sudah ada PC rakitan yang bisa dicoba. Setelah aku coba, eh, kok ternyata memang prosesor AMD sekarang beda, ya. Nah, sejak itulah aku tertarik dengan perkembangan AMD. Ternyata memang sudah melesat jauh ke depan dari sisi teknologi dibanding Intel. Di sisi server AMD punya ThreadRipper dan EPYC yang jumlah core-nya tidak main-main.

Awalnya untuk PC ini aku galau, apakah akan menggunakan Ryzen 3 3200G atau Athlon 3000G. Jelas performa Ryzen lebih tinggi daripada Athlon. Bahkan dilihat di Passmark, hampir 2 kali lipat. Namun selisih harganya juga hampir 2 kali lipat. Berhubung budget yang terbatas, aku memutuskan untuk menggunakan Athlon saja. Toh nanti bisa diupgrade dan aku juga tidak memakainya berat.

Team Elite DDR4 2666 Mhz – 8GB

Prinsipku adalah memaksimalkan budget. Kebetulan untuk RAM adalah 650 ribu rupiah. Aku tidak spesifik memilih merek sebetulnya. Kebetulan Team Elite Plus adalah barang yang tersedia, spesifikasi sesuai, dan harganya masih dibawah budget. Aku memang mencari RAM yang terjangkau dengan clock-speed tertinggi. Maka itu dia dapatnya.

Pasti ada yang berpikir, kalau cuma satu keping, kan tidak bisa dual channel? Ya, itu benar. Aku pun berpikir demikian. Tapi melihat harga RAM DDR4 2x4GB 2666 Mhz ada diatas budget, aku jadi berpikir ulang. Targetku adalah RAM 16GB dalam waktu dekat. Sedangkan motherboard Asrock A320M-HDV hanya punya 2 slot. Jadi menggunakan 8 GB satu keping dalah pilihan bijaksana.

Oh ya, saranku untuk Athlon 3000G ini lebih baik RAM-nya 8 GB keatas ya. GPU Radeon Vega bawaan dari prosesor ini menggunakan RAM 2 GB, dan aku tidak menemukan setelan di BIOS yang dapat mengubah alokasi RAM untuk GPU ini. Sehingga kalau RAM kalian hanya 4 GB, hanya akan tersisa 2 GB saja, dengan windows 10 dan browser Chrome, dijamin akan terasa lemot. Jadi RAM 8 GB adalah sebuah pilihan kenyamanan minimal yang bisa kalian peroleh.

Armageddon Nimitz TR1100

Kenapa harus casing gaming seharga 500 ribuan? Bukankah casing biasa seharga 200 ribuan saja sudah cukup? Bagiku bukan masalah harganya, namun masalah ketenangan. Casing murah itu memiliki kelemahan:

  • Plat yang digunakan tipis, seringkali ikut bergetar dengan fan/kipas
  • Posisi power supply diatas, lebih jauh dari pusat gravitasi, sehingga menambah getaran
  • Power supply bawaan memiliki kipas yang kecil, sehingga lebih berisik

Mengenai kenapa harus merek tersebut diatas, sebenarnya hanya kebetulan. Semua karena faktor ketersediaan di toko komputer yang aku pilih. Aku pikir lebih baik membeli dari satu toko, daripada pusing muter-muter, kan. Meskipun muter-muter online saja. Semua perangkat memang aku beli dari toko online, tapi toko fisiknya ada di Jogja. Sehingga ongkir-nya tidak mahal, bisa pakai Grab/Gojek.

Aku ditawari beberapa pilihan casing, namun hampir semuanya tidak memiliki power supply. Hanya Nimitz TR1100 ini saja yang memiliki bundle power supply 235 watt. Untuk aku yang tidak macam-macam, 235 watt sudah lebih dari cukup. Apalagi terkenal bahwa keluarga AMD sekarang sudah tidak boros lagi. Jadilah aku beli casing ini.

Nah, bagaimana performanya?

Mengenai performa, aku tidak membandingkan dengan data, namun hanya dengan feeling saja. Sejauh ini, penggunaan untuk coding lancar-lancar saja. Aku membuka Chrome dengan banyak tab, tidak ada masalah. Menurut pengamatanku, ini lebih cepat daripada komputer lama yang memakai prosesor Intel i3 3220. Memang sih, di Passmark, perbedaan nilainya cukup jauh antara Intel i3 3220 vs AMD Athlon 3000G. Ya namanya saja sudah beda jaman, wajar kali ya.

Demikian proses berpikirku untuk merakit PC AMD Athlon 3000G. Untuk proses merakit tidak perlu aku ceritakan karena seharusnya semua orang bisa melakukannya hanya dengan membaca manualnya saja. Apalagi komputer jaman sekarang sudah sangat sederhana sekali. Tetapi kalau kalian ada pengalaman atau ingin bertanya mengenai teknis merakit PC, silahkan saja komentar di bawah. 🙂

Artikel ini diterbitkan pada

Seorang yang percaya hari akhir dan mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Mengerti PHP, Wordpress dan Linux. Namun masih saja menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Mau tanya apa saja atau bahkan curhat sama penulis ini, hubungi saja melalui formulir kontak disini. Pasti dibalas, kok!

Ada 63 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Darto:

    Aku mau tanya, tapi di klik tombol # disini # yg diatas tidak bisa. Kalo boleh via email. Itu emailku. Atau via mana juga boleh, bs balas ke emailku. Thx

  2. Blog Entertainment Indonesia:

    2019 silam pengen coba rakit PC lagi. Tapi akhirnya enggak jadi setelah apple mengeluarkan M1 yang secara harga dan performa benar2 sulit ditandingi.

  3. generic cialis for sale:

    Hello everybody, here every one is sharing
    these kinds of experience, so it’s nice to read this web site,
    and I used to pay a visit this webpage every day.

  4. tlovertonet:

    It¦s actually a nice and helpful piece of information. I¦m happy that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

  5. escort:

    vurcazkircazpatliycaz.Fhoj84PmyudP

  6. bahis siteleri porn sex incest:

    daktilogibigibi.nOSz4oFLGYsY

  7. craft porn:

    daxktilogibigibi.uJ4x0DkbWXvV

  8. chords:

    xyandanxvurulmus.HpShefy4EkeM

  9. gappy:

    gappy xyandanxvurulmus.ZItGRd2ZnWx7

  10. demandingness:

    demandingness xyandanxvurulmus.pSTORE1BgvVH

  11. alpilean weight loss amazon:

    I really like reading through a post that can make men and women think. Also, thank you for allowing me to comment!

  12. generate random email:

    I frequently blog, and I truly value the stuff you provide. In fact, the piece has piqued my curiosity. I’m going to save your website to my bookmarks and keep coming back for fresh content.

  13. Shirley Saetteurn:

    Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is really informative. I’m gonna watch out for brussels. I will appreciate if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

  14. Gayle King Keto weight loss Gummies:

    of course like your website but you have to check the spelling on several of your posts A number of them are rife with spelling issues and I in finding it very troublesome to inform the reality on the other hand I will certainly come back again

  15. Warung138:

    Hello there! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site? I’m getting tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at options for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  16. Fungame777:

    I have been absent for a while, but now I remember why I used to love this blog. Thanks, I will try and check back more frequently. How frequently you update your website?

  17. Slotbom77:

    We absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be just what I’m looking for. Does one offer guest writers to write content to suit your needs? I wouldn’t mind producing a post or elaborating on a few of the subjects you write with regards to here. Again, awesome weblog!

  18. KKSLOT777:

    Nice read, I just passed this onto a colleague who was doing a little research on that. And he just bought me lunch because I found it for him smile Thus let me rephrase that: Thanks for lunch!

  19. am siteleri:

    craft porn vurgunyedim.2Cc4wQd5o3UH

  20. food porn:

    porn siteleri yaralandinmieycan.s6A5eNNVQBn9

  21. Kedai138:

    I must express thanks to the writer just for bailing me out of this particular scenario. After exploring through the world-wide-web and finding recommendations that were not productive, I thought my entire life was done. Existing without the answers to the problems you’ve sorted out as a result of your main site is a crucial case, and those that could have negatively affected my career if I had not discovered your web site. Your own know-how and kindness in dealing with all the stuff was excellent. I’m not sure what I would’ve done if I had not encountered such a stuff like this. I’m able to at this time look ahead to my future. Thanks a lot very much for this specialized and result oriented help. I won’t think twice to recommend your web blog to anyone who would like recommendations about this topic.

  22. viagra:

    seks siteleri citixx.jxq8WupBpZAR

  23. fuck:

    escort hyuqgzhqt.fleLEsKYD7GQ

  24. amciik siteleri:

    pornhub bahis siteleri ewrjghsdfaa.dEGWEwe1MntF

  25. bahis siteleri sikis:

    seksi siteler wrtgdfgdfgdqq.oYIRdyxOYIjm

  26. fuck google:

    sexx wrtgdfgdfgdqq.yCZBgtUjtCA7

  27. escort:

    fuck wrtgdfgdfgdqq.QKT3dhU8y4kG

  28. harley davidson insurance:

    I don’t usually read blog postings, but after reading this one, I had no choice but to try. Your writing style astounded me greatly. I appreciate your wonderful post.

  29. businesssdem:

    Wow superb blog layout How long have you been blogging for you make blogging look easy The overall look of your site is magnificent as well as the content

  30. bloggseventy:

    I am not sure where youre getting your info but good topic I needs to spend some time learning much more or understanding more Thanks for magnificent info I was looking for this information for my mission

  31. nexerrnews:

    I loved as much as youll receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  32. bahis siteleri sikis:

    escort siteleri pompadirha.IgnCNFbe7T1L

  33. bahis siteleri porn sex incest:

    watch porn video asillartaklitler.RC3UrVnM6HJ3

  34. escort siteleri:

    BİZİ SİK BİZ BUNU HAK EDİYORUZ hephupx.hTi7QO7rJQmr

  35. doorhandles:

    Thanks I have just been looking for information about this subject for a long time and yours is the best Ive discovered till now However what in regards to the bottom line Are you certain in regards to the supply

  36. sektor benim zaten amin evladi:

    bahis porno hepxhupx.nqLwMqaccOe9

  37. watch porn video:

    porn sex juljulfbi.ImHUeqI8hrlz

  38. craft porn:

    seksi siteler bjluajszz.4Dhlt2e807ty

  39. porn:

    porno bxjluajsxzz.qv0BJEtYRuj5

  40. sektor benim zaten amin evladi:

    food porn 0qbxjluaxcxjsxzz.ZdLPWmXLbsqD

  41. doorhandless:

    I am not sure where youre getting your info but good topic I needs to spend some time learning much more or understanding more Thanks for magnificent info I was looking for this information for my mission

  42. firestickdownloaderr:

    I do believe all the ideas youve presented for your post They are really convincing and will certainly work Nonetheless the posts are too short for novices May just you please lengthen them a little from subsequent time Thanks for the post

  43. puravive:

    I should look at this webpage, as my brother advised, and he was entirely right. You have no idea how much time I spent looking for this information, but this post made my day.

  44. สนใจคลิก จำนำรถ:

    I’d should check with you here. Which is not something I normally do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

  45. BİZİ SİK BİZ BUNU HAK EDİYORUZ:

    house porn pokkerx.mx4ogNH1sS6R

  46. BİZİ SİK BİZ BUNU HAK EDİYORUZ:

    sektor benim zaten amin evladi footballxx.MEQme7yiIJTu

  47. food porn:

    porn sex mobileidn.dNV9p6XqcoF4

  48. am siteleri:

    bahis siteleri child porn bingoxx.FTSLKiMEOorN

  49. food porn:

    sexx 250tldenemebonusuxx.cf7IH09iaQlb

  50. porno izle:

    bahis siteleri child porn eyeconartxx.QQFl3dnvRlTa

  51. sexax:

    eskort siteleri vvsetohimalxxvc.mNQ5NTefxwu8

  52. food porn:

    sektor benim zaten amin evladi tthighereduhryyy.YQqjMiLFJ4n

  53. click here:

    great content click here

  54. click here:

    This is an excellent article click here

  55. otuslot:

    Hi Dear, are you really visiting this web site daily, if so
    afterward you will absolutely get pleasant knowledge.

  56. hd pòrn:

    best hd porn download gghkyogg.D4rYVEdJJ4C

  57. xxx video hd porn:

    hd porn download.com ggjennifegg.ToVlRkrCj5i

  58. free hd porn video.com:

    free hd porn best ggjinnysflogg.NLJ4Bnaomi5

  59. Bobbye:

    It’s amazing for me to have a website, which is helpful designed for my knowledge.
    thanks admin

  60. Adam:

    Appreciate this post. Let me try it out.

  61. Karina:

    Great post.

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Hanya Lewat. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.